Disaksikan Menteri Edhy, ABK dan Pemilik Kapal di Sukabumi Tandatangani Perjanjian Kerja Laut

Kamis 18 Juni 2020, 13:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Kelautan Perikanan Edhy Prabowo berkunjung ke Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, Kamis (18/6/2020).

Kunjungan kerja tersebut bertujuan meninjau langsung sektor perikanan tangkap dan perikanan budidaya di wilayah selatan khususnya di Palabuhanratu

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan Penandatangan Simbolis PKL (Perjanjian Kerja Laut) antara ABK dan pemilik kapal yang disaksikan oleh Menteri KKP serta penyerahan sertifikat, bantuan dan permodalan simbolis dari Kementerian Kelautan dan Perikanan kepada nelayan yaitu bantuan bakti nelayan kemudian sertipikasi Hak Atas Tanah (SeHAT) nelayan.

BACA JUGA: Nelayan Palabuhanratu Panen Tongkol di Tengah Gelombang Tinggi

Kemudian permodalan LPMUKP, permodalan Perbankan, pemodalan Pegadaian, klaim asuransi kematian BPJS, SKPI (Sertifikat Keterampilan Penanganan Ikan), sertifikat CPIB (Cara Penanganan Ikan yg Baik) dan kartu Kepersertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Edhy mengatakan, potensi Palabuhanratu sangat menjanjikan dalam menghasilkan produksi ikan. Menurut dia, potensi ikan di Palabuhanratu ini cukup besar sebab merupakan daerah perlintasan tuna secara internasional. Sehingga tidak hanya tuna saja, banyak jenis ikan lain.

"Potensi (ikan) yang didaratkan disini sampai 10 ribu ton per tahun. Saya sangat yakin kalau kapal nelayannya diperbaiki, diperbesar, diperbanyak saya yakin (hasil ikan yang didapatkan) masih cukup besar," ujar Edhy kepada awak media, Kamis (18/6/2020).

BACA JUGA: Ikan Tembang, Alasan Nelayan Palabuhanratu Melaut di Tengah Peringatan Dini Gelombang Tinggi

Pada kesempatan tersebut, Edhy yang didampingi Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono,MM beserta Wakil Gubernur Jawa Barat U Ruzhanul Ulum melihat langsung aktifitas nelayan dan berdiskusi dengan nelayan untuk mengetahui permasalahan dan memberikan penyelesaian permasalahan yang ada. Dari kunjungan itu, Edhy mendapatkan masukan PPN dijadikan Pelabuhan Samudra. 

"Tadi pak Wakil Bupati Sukabumi sudah minta untuk ditingkatkan pelabuhan ini menjadi pelabuhan samudera. Bedanya (pelabuhan) nusantara dan samudera, kalau samudera ini lebih besar lagi dan nanti ke depan kita harapkan bisa mengekspor ikan dari sini. (Rencana) ini lagi kita hitung, tentunya untuk ekspor itu perlu beacukai dan kita harus yakinkan bahwa membuka ini langsung efisiensinya sampai sejauh mana," terangnya.

Selain itu, Edhy meninjau budidaya ikan baik itu darat maupun budidaya di pesisir pantai. Terutama budidaya udang.

BACA JUGA: Ada Informasi Gelombang Tinggi, Aktivitas Melaut Nelayan Palabuhanratu Tak Terganggu

"Program prioritas kami ke depan, kami ingin memperkuat sektor udang. Kami bercita cita pangsa udang ini kita menjadi motornya, potensinya sangat luas, India saat ini menjadi pemain sebagi pengespor (udang) dunia nah ini kesempatan kita di saat pandemi India lagi lock down, kita ada kesempatan (menjadi pengeskpor udang)," jelasnya.

Maka dari itu, Edhy meminta para kepala daerah begitu ada lahan untuk budidaya udang segera disiapkan sehingga ketika ada investor masuk baik itu dari luar negeri maupun lokal semuanya sudah siap.

Edhy mengatakan, budidaya udang saat ini berbeda dengan dulu. Ketika dulu itu hanya menghasilkan satu ton itu satu hektar, sekarang dengan program intensifikasi nantinya 1 hektar itu bisa menghasilkan paling sedikit 40 ton. 

BACA JUGA: Ada 1.771 Nelayan di Kabupaten Sukabumi, 920 Belum Punya Asuransi Kecelakaan

Edhy menyebutkan, Cidaun adalah salah satu lokasi budidaya udang yang hingga saat ini terus berjalan. Untuk sektor tersebut potensi di selatan Jawa sangat besar untuk budidaya. "Dimana air lautnya bagus, airnya lebih bersih sementara untuk di wilayah di utara sudah terlalu banyak," jelasnya.

Apabila budidaya udang di utara diperkuat dengan selatan Jawa diharapkan Indonesia akan menguasai pasar udang di dunia. "Saat ini kebutuhannya 13 juta sampai 15 juta (ton) udang basah dan Indonesia baru kurang dari 1 juta (ton). Kalau kita mampu sampai 4 juta saja bisa bayangkan kalau hitungan rata ratanya 1 hektar 40 juta ton dikali 5 dolar sama dengan Rp 2 Miliar. Kita sangat optimis, disamping itu kita akan terus membangun padat karya di sektor tambak udang," terangnya.

Dalam program budidaya udang ini tetap mengedepankan konsep tradisional. "Tapi kita menjaga magrovenya di tambak itu dengan konsep tradisionalnya itu tetap jalan," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat29 Maret 2024, 19:30 WIB

Memahami Apa Itu Kolesterol: Gejala, Jenis, Penyebab dan Cara Memantau Kadarnya

Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan.
Ilustrasi - Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan. (Sumber : Freepik.com/@wayhomestudio).
Sehat29 Maret 2024, 19:00 WIB

5 Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat: Pengganti Minuman Tinggi Kalori

Perlu diingat bahwa infused water tidak menggantikan perawatan medis yang tepat dan diet sehat secara keseluruhan untuk penderita asam urat.
Ilustrasi. Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat, Pengganti Minuman Tinggi Kalori. Sumber: Freepik/bublikhaus
Sehat29 Maret 2024, 18:58 WIB

Selain Sebabkan Asam Lambung, Ini 6 Bahaya Langsung Tidur Setelah Makan Sahur

Menjadi perhatian bagi semua orang yang berpuasa agar tidak langsung tidur setelah makan sahur. Hal ini bisa memicu penyakit yang membahayakan bagi kesehatan tubuh
Ilustrasi. Bahaya buruk bagi orang yang langsung tidur setelah makan sahur. (Sumber foto : Pexels/Ron Lach Pexels)
Sukabumi29 Maret 2024, 18:21 WIB

Hati-hati! Ruas Jalan Nasional di Cikadu Palabuhanratu Terendam Banjir Campur Kerikil

Pengendara roda dua harus hati-hati, jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu Sukabumi ini terendam banjir campur kerikil.
Kondisi ruas jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu yang tergenang banjir campur kerikil akibat hujan deras. (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 18:00 WIB

Doa Ketika Melakukan Perjalanan Jauh Untuk Anda yang Mudik Lebaran

Berikut ini doa yang bisa diamalkan ketika melakukan perjalanan jauh termasuk saat mudik lebaran
Ilustrasi - Berikut ini doa yang bisa diamalkan ketika melakukan perjalanan jauh termasuk saat mudik lebaran (Sumber : Freepik/DC Studio)
Sehat29 Maret 2024, 17:30 WIB

Mudah Dibuat, 7 Infused Water yang Ampuh Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Berikut ini beberapa infused water yang bisa digunakan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol
Mudah Dibuat, 7 Infused Water yang Ampuh Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol (Sumber : Freepik/8photo)
Jawa Barat29 Maret 2024, 17:02 WIB

KA Pangrango Sukabumi Terlambat 3 Jam Imbas Mogok, KAI Minta Maaf

PT KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf atas gangguan teknis yang dialami KA Pangrango Sukabumi di Stasiun Maseng, Jumat (29/3/2024).
Ilustrasi. KA Pangrango relasi Sukabumi-Bogor. (Sumber Foto: Unplash/Haidan)
Musik29 Maret 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Obsessed Olivia Rodrigo yang Viral

Inilah Lirik dan Terjemahan Lagu Obsessed Olivia Rodrigo yang Viral di TikTok dan YouTube Music. Sudah Dengar?
Official Music Video Lagu Obsessed Olivia Rodrigo. Sumber: YouTube/Olivia Rodrigo
Gadget29 Maret 2024, 16:30 WIB

Waspada! Ini 6 Cara Melindungi HP Agar Tidak Disadap Hacker

Pengguna HP harus melindungi keamanannya agar tidak disadap orang lain. Hal ini penting menjaga data pribadi dan akses rahasia dari kejahatan siber.
Ilustrasi. Cara melindungi HP dari penyadapan. Sumber Foto : Pexels/Castorly Stock
Sehat29 Maret 2024, 16:15 WIB

Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini

Berikut ini beberapa bahan infused water yang cocok untuk penderita asam lambung
Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini (Sumber : Freepik/KamranAydinov)