Data Kemiskinan Sukabumi Masih Amburadul, DPRD Soroti Dana Verval Hingga Rp 1 Miliar

Selasa 05 Mei 2020, 12:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Agus Zen Nurahray, menilai verifikasi dan validasi (Verval) data yang dilakukan Dinas Sosial (Dinsos) masih amburadul. Padahal menurut dia, anggaran yang keluarkan cukup besar.

BACA JUGA: Bantu Tanggulangi Covid-19, Agus Zen Minta Pangkas Anggaran Kegiatan DPRD Sukabumi

Ia menjelaskan Dinsos Kabupaten Sukabumi sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya mengurus terkait permasalahan sosial. Dalam hal ini melaksanakan empat program pembangunan yang berhubungan langsung dengan indikator capaian kinerja. 

Salah satu programnya, yakni perlindungan dan jaminan sosial dan menjadi bahan penajaman dalam rapat LKPJ Bupati Sukabumi tahun 2019. Sebab, sambung dia, tujuan program perlindungan jaminan sosial itu membantu dan memberikan kelayakan hidup untuk mengangkat kesejahteraan masyarakat.

"Program ini dilakukan dengan beberapa kegiatan yang outputnya atau outcome tidak signifikan. Bahkan cukup berbelit, khususnya kegiatan dalam kontek verifikasi dan validasi data kemiskinan yang menerima perlidungan jaminan sosial," kata Agus Zen Nurahray, seusai rapat LKPJ Bupati Sukabumi Tahun 2019.

Padahal anggarannya itu, sambung dia, mencapai Rp. 1.013.000.000 dan yang terserap Rp. 1.002.842.500, hampir 99 persen. Namun verifikasi dan validasi data kemiskinan yang dilakukan dari tahun ke tahun sampai hari ini, pemda khususnya Dinsos tidak memiliki data yang valid.

"Jadi program ini ketika dilakukan dari tahun ke tahun, seharusnya data penerima bantuan sosial seperti BPNT, PKH atau yang sekarang Bansos Covid itu sudah tidak ada masalah lagi," tegasnya. 

BACA JUGA: Agus Zen Nurahray Dorong Program Prioritas Pertanian di Pajampangan Sukabumi

Kenyataan di lapangan hari ini, tambah dia, data yang diupdate oleh desa tidak dijadikan sebagai data valid untuk dijadikan data resmi. Padahal pemerintah dalam hal ini Dinsos selalu melakukan monitoring pada setiap kecamatan dan mengupdate data pada Musdes (Musyawarah Desa) di 47 kecamatan.

"Ketika hari ini masyarakat yang berhak menerima bantuan, atau orang orang yang memang secara sosial bermasalah, tidak ada dalam data tersebut. Malah kemarin ada Bansos Gubernur masih simpang siur," ucapnya.

Dalam rapat tadi LKPJ tadi, lanjut Zen, DPRD menekankan kepada Dinsos bagian verifikasi dan validasi data agar mengevaluasi kegiatan tersebut dan akan dibawa ke Pansus untuk ditindaklanjuti. Apakah kegiatan itu betul-betul dibutuhkan untuk menjawab program dan kebijakan misi visi bupati dalam menangani kasus sosial.

"Saya melihat kegiatan verifikasi dan validasi data kemiskinan dan penerima program perlindungan sosial untuk menjawab kinerja program di Dinsos, satu pemborosan anggaran yang tidak efektif dan efisien. Seharusnya setiap kegiatan dengan anggaran yang lumayan besar dapat menambah nilai produk atau pelayanan. Kami berharap keseluruhan biaya dapat dihemat dengan baik," katanya.

"Setiap rupiah yang dikeluarkan dalam setiap program atau kegiatan diukur tingkat efektivitasnya. Prinsip prinsip efektif, efisien, kemudian value of money juga tetap diterapkan," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Gadget29 Maret 2024, 16:30 WIB

Waspada! Ini 6 Cara Melindungi HP Agar Tidak Disadap Hacker

Pengguna HP harus melindungi keamanannya agar tidak disadap orang lain. Hal ini penting menjaga data pribadi dan akses rahasia dari kejahatan siber.
Ilustrasi. Cara melindungi HP dari penyadapan. Sumber Foto : Pexels/Castorly Stock
Sehat29 Maret 2024, 16:15 WIB

Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini

Berikut ini beberapa bahan infused water yang cocok untuk penderita asam lambung
Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini (Sumber : Freepik/KamranAydinov)
Sehat29 Maret 2024, 16:00 WIB

6 Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes

Mengurangi atau menghindari makanan tinggi gula dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mengurangi risiko terkena diabetes.
Ilustrasi. Kue Kering. Contoh Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes (Sumber : Freepik/ikarahma)
Kecantikan29 Maret 2024, 15:30 WIB

4 Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih

Artikel ini akan membahas rekomendasi warna rambut yang cocok untuk kulit putih, serta memberikan saran umum tentang cara memilih warna rambut yang tepat untuk Anda.
Ilustrasi. Ilustrasi. Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih. Foto: Dok/SU (pixabay.com)
Bola29 Maret 2024, 15:15 WIB

Prediksi Barito Putera vs PSIS Semarang di Liga 1: H2H, Skor dan Live Streaming

Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia
Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia  (Sumber : jatengprov.go.id)
Life29 Maret 2024, 15:02 WIB

Hati-hati Ya! 7 Hal Kecil Ini Bisa Membuat Kamu Semakin Boros

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pola-pola pengeluaran yang berpotensi merugikan, pembaca diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang lebih bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi mereka
Ilustrasi - Hal-hal Kecil yang Bisa Membuat Kamu Semakin Boros (Sumber : pixabay/@savemoney)
Inspirasi29 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat untuk Penempatan Wilayah Karawang. Jobseeker Simak Syaratnya!
Ilustrasi. wawancara kerja. | Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang (Sumber : Freepik.com)
Kecantikan29 Maret 2024, 14:45 WIB

8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba!

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang paling terlihat dan sering kali menjadi cerminan dari kesehatan dan kesejahteraan kita
Ilustrasi - 8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba! (Sumber : pixabay/@beauty)
Life29 Maret 2024, 14:30 WIB

7 Cara Agar Selalu Disegani Banyak Orang, Public Speaking Jadi Kunci!

Disegani banyak orang menjadi suatu hal yang spesial bagi diri sendiri. Untuk memperolehnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam keseharian hidup.
Ilustrasi. Orang yang disegani teman sekitar. Sumber foto : Pexels/Felicity Tai
Food & Travel29 Maret 2024, 14:15 WIB

Tak Jauh dari Jakarta, Air Terjun Paling Hits di Sentul Ini Cocok Untuk Healing pas Weekend

Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan
Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan (Sumber : Ist via zesthotel.com)