Layanan Mandiri ATR/BPN Kabupaten Sukabumi Rilis Pelayanan Digital

Jumat 03 April 2020, 00:01 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kantor Agraria Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Sukabumi, meluncurkan pelayanan secara daring atau online untuk mempermudah pelayanan bagi masyarakat dalam mengurus tanah.      

BACA JUGA: Kementerian ATR/BPN Berencana Hapus IMB, Ini Dampaknya di Sukabumi!

Kasi Hubungan Hukum Pertanahan ATR/ BPN Kabupaten Sukabumi, Irwan Nusa, mengatakan transformasi digital yang dilakukan untuk mempermudah layanan bagi masyarakat itu, dapat diakses melalui website resmi www.atrbpnkabsukabumi.com. Dan sejak diluncurkan tiga hari lalu, sambung dia, melalui online ini sudah masuk 125 permohonan.

"Di dalam website itu, berbagai informasi layanan tentang pertanahan ada disana. Mulai dari pendafatran pertama kali, surat keterangan pendaftaran tanah, pelayanan survey pengukuran dan pemetaan, pelayanan pemecahan, penggabungan dan pemisahan hak, pengecekan sertifikat serta layanan lainnya," ujar Irwan kepada sukabumiupdate.com, Kamis (2/4/2020).

Dengan layanan berbasis online tersebut, kata Irwan, masyarakat tidak perlu sudah payah lagi pulang pergi ke kantor ATR/BPN Kabupaten Sukabumi. Apalagi masyarakat yang rumahnya jauh atau berada di daerah pelosok. Sesuai dengan jargonnya "Kami hadir mendekatkan diri kepada masyarakat melalui layanan digital".

Map Aplikasi ATR/BPN Kabupaten Sukabumi.//FOTO: ISTIMEWA

"Di dalam website itu sudah lengkap, tinggal mengakses apa saja yang akan diurus. Masyarakat tidak lagi harus mengeluarkan ongkos buat bensin, makan, dan menghabiskan waktu bulak balik ke kantor kami. Menghemat waktu, menghemat biaya, dan kepastian layanan," paparnya.

Disisi lain, dengan layanan online ini mendukung pemerintah dalam meminimalisir penyebaran virus corona atau covid-19, serta menjamin kesehatan dan keselamatan pegawai di lingkungan kantor ATR/BPN Kabupaten Sukabumi

BACA JUGA: IMB dan Amdal Akan Dihapus, Simak Dulu Penjelasan Menteri ATR

"Inovasi layanan online di tengah merebaknya covid-19 ini, masyarakat bisa terlayani tanpa harus bertatap muka. Tetapi jika mitra kerja atau masyarakat membutuhkan layanan yang harus dilayani secara khusus dan mendesak (belum tercover dalam layanan online), maka berkas permohonan dikirim dalam map plastik tertutup dan file hasil scan dokumen dapat dikirim melalui WA (0857-2462-2202) atau melalui email ([email protected])," jelasnya.

Ia berharap dengan adanya inovasi ini, dapat didukung juga oleh pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi, khususnya kepala desa dan kecamatan yang berkaitan surat tanah yang diperlukan masyarakat. Antara lain, keterangan riwayat tanah, keterangan tidak sengketa dan berkaitan surat keterangan waris. "Sehingga inovasi ini dapat lebih mempermudah masyarakat," tandasnya.

Selain melalui website www.atrbpnkabsukabumi.com, masyarakat juga dapat mengakses informasi pelayanan publik melalui media sosial (Medsos) ATR/BPN Kabupaten Sukabumi. Antara lain, di lnstagram (IG)  @atrbpnkabsukabumi, Twitter, @atrkabsukabumi, Facebook, atrbpnkabsukabumi, dan Youtube, ATR/BPN Kantor Pertanahan Kabupaten Sukabumi. 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat29 Maret 2024, 16:15 WIB

Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini

Berikut ini beberapa bahan infused water yang cocok untuk penderita asam lambung
Ingin Menikmati Infused Water Tapi Takut Asam Lambung Naik, Coba 6 Bahan Ini (Sumber : Freepik/KamranAydinov)
Sehat29 Maret 2024, 16:00 WIB

6 Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes

Mengurangi atau menghindari makanan tinggi gula dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mengurangi risiko terkena diabetes.
Ilustrasi. Kue Kering. Contoh Makanan Tinggi Gula yang Bisa Menyebabkan Diabetes (Sumber : Freepik/ikarahma)
Kecantikan29 Maret 2024, 15:30 WIB

4 Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih

Artikel ini akan membahas rekomendasi warna rambut yang cocok untuk kulit putih, serta memberikan saran umum tentang cara memilih warna rambut yang tepat untuk Anda.
Ilustrasi. Ilustrasi. Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih. Foto: Dok/SU (pixabay.com)
Bola29 Maret 2024, 15:15 WIB

Prediksi Barito Putera vs PSIS Semarang di Liga 1: H2H, Skor dan Live Streaming

Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia
Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia  (Sumber : jatengprov.go.id)
Life29 Maret 2024, 15:02 WIB

Hati-hati Ya! 7 Hal Kecil Ini Bisa Membuat Kamu Semakin Boros

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pola-pola pengeluaran yang berpotensi merugikan, pembaca diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang lebih bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi mereka
Ilustrasi - Hal-hal Kecil yang Bisa Membuat Kamu Semakin Boros (Sumber : pixabay/@savemoney)
Inspirasi29 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat untuk Penempatan Wilayah Karawang. Jobseeker Simak Syaratnya!
Ilustrasi. wawancara kerja. | Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang (Sumber : Freepik.com)
Kecantikan29 Maret 2024, 14:45 WIB

8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba!

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang paling terlihat dan sering kali menjadi cerminan dari kesehatan dan kesejahteraan kita
Ilustrasi - 8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba! (Sumber : pixabay/@beauty)
Life29 Maret 2024, 14:30 WIB

7 Cara Agar Selalu Disegani Banyak Orang, Public Speaking Jadi Kunci!

Disegani banyak orang menjadi suatu hal yang spesial bagi diri sendiri. Untuk memperolehnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam keseharian hidup.
Ilustrasi. Orang yang disegani teman sekitar. Sumber foto : Pexels/Felicity Tai
Food & Travel29 Maret 2024, 14:15 WIB

Tak Jauh dari Jakarta, Air Terjun Paling Hits di Sentul Ini Cocok Untuk Healing pas Weekend

Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan
Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan (Sumber : Ist via zesthotel.com)
Life29 Maret 2024, 14:02 WIB

5 Cara Merawat Kipas Angin Biar Lebih Awet

Pastikan kamu tidak mengoperasikan kipas angin terus menerus dalam waktu yang lama.
(Foto Ilustrasi) Kipas angin menjadi peralatan elektronik untuk menjaga kesejukan rumah saat cuaca panas. | Foto: Istimewa