Kang Emil Blak-blakan Soal Alun-alun Laut Gadobangkong Palabuhanratu

Jumat 14 Februari 2020, 01:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bupati Sukabumi Marwan Hamami menghadiri kegiatan Komunikasi Pembangunan Daerah (Kopdar) Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Istora Jatiluhur, Purwakarta, Kamis (13/2/2020). Kopdar dihadiri para bupati dan wali kota kemudian wakil bupati juga wakil wali kota serta Ketua atau wakil ketua Tim Penggerak PKK (TP PKK) se-Jawa Barat. 

Sebagai forum komunikasi bersama, Kopdar memiliki tujuan untuk meningkatkan keselarasan dalam meningkatkan percepatan pembangunan di Jawa Barat. Pada kegiatan tersebut Gubernur Ridwan Kamil mengharapkan bahwa mimpi dari kepala daerah untuk memajukan wilayahnya dapat berjalan lancar.

BACA JUGA: Dananya Rp 15 M, Kabar Terbaru Alun Alun Laut Gadobangkong Palabuhanratu

"Agenda hari ini untuk mendengarkan program dan aspirasi untuk program di tahun 2020. Tahun 2020 provinsi membantu daerah itu total Rp 7 triliun dan tadi kita rekap usulan bupati wali kota totalnya 10 triliun. Jadi ada gap Rp 3 triliun nanti kita cari ketika PAD naik dananya lancar, semua keinginan-keinginan beliau-beliau ini kita penuhi," jelasnya.

Disinggung terkait pembangunan kawasan wisata Alun-alun Gadobangkong Palabuhanratu, Kang Emil sapaan akrab gubernur menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan hasil kolaborasi antara pihak Pemprov dan Pemkab.

"Itu hasil kolaborasi permohonan Pak Bupati (Marwan Hamami) Tadinya dananya mau di pusat pemerintahan baru, kan jauh (nilai anggaranya), pas saya lihat di Palabuanratu itu pemandangannya bagus tapi fasilitasnya kurang memadai dan akhirnya kita putuskan geser dan akan kita belanjakan tahun ini. Kalau jadi Insya Allah jadi salah satu yang paling keren," tambahnya.

BACA JUGA: Kapan Alun alun Gadobangkong Palabuhanratu Dibangun? Ini Jawaban Perkim Sukabumi

Dalam acara tersebut dibahas isu-isu strategis pembangunan dari setiap kabupaten dan kota se-Jawa Barat. Pada kesempatan itu Bupati Sukabumi Marwan Hamami menyampaikan beberapa program percepatan pembangunan di Kabupaten Sukabumi antara lain program peningkatan jalan dan jembatan, mengusulkan dukungan pembangunan penataan kawasan perkantoran.

Kelanjutan pengembangan kawasan pariwisata Geyser Cisolok, program lanjutan pengembangan penataan pantai pariwisata karanghawu, pembangunan publik space Citepus serta Rehabilitasi IGD RSUD Palabuhanratu. Selain itu Bupati Juga menyampaikan pembangunan jalan alternatif Bagbagan- Warungkiara untuk atasi kemacetan.

"Sebetulnya usulan hari ini ke pak Gubernur sudah terkomunikasikan, tadi skala prioritas ada lima, tapi saya kuatkan untuk jalan dan jembatan (alternatif) Bagbagan dan Warungkiara supaya menjadi perhatian karena ini akan terjadi alternatif kalau terjadi kemacetan," jelasnya.

BACA JUGA: Disperkim Berencana Percantik Alun-alun Palabuharatu Kabupaten Sukabumi

Di singgung program pembangunan penataan kawasan pesisir Pantai Palabuanratu, Marwan menyatakan akan mendorong percepatan pelaksanaanya. "Gadobangkong sudah jelas, tahun ini akan memulai dengan pemikiran pemikiran potensi. Kita menyediakan lahan, kita yang merencanakan, karena pak gubernur mempunyai konsep sendiri ya kita dorong," tambahnya.

Di akhir acara bupati dan wali kota menyampaikan dokumen usulan program dan kegiatan kepada Ridwan Kamil. Usai bersilaturahmi, bupati dan wali kota diajak menaiki kendaraan Bandros (Bandung Tour On Bus) menuju Pasanggrahan Jatiluhur.

Hadir mendampingi Bupati Sukabumi, Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono, Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Iyos Somantri, asisten bidang pemerintahan dan kesejahtraan rakyat, Kepala Bappeda, Kepala Bagian Tata Pemerintahan dan pendamping lainnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life29 Maret 2024, 15:02 WIB

Hati-hati Ya! 7 Hal Kecil Ini Bisa Membuat Kamu Semakin Boros

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pola-pola pengeluaran yang berpotensi merugikan, pembaca diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang lebih bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi mereka
Ilustrasi - Hal-hal Kecil yang Bisa Membuat Kamu Semakin Boros (Sumber : pixabay/@savemoney)
Inspirasi29 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat untuk Penempatan Wilayah Karawang. Jobseeker Simak Syaratnya!
Ilustrasi. wawancara kerja. | Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang (Sumber : Freepik.com)
Kecantikan29 Maret 2024, 14:45 WIB

8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba!

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang paling terlihat dan sering kali menjadi cerminan dari kesehatan dan kesejahteraan kita
Ilustrasi - 8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba! (Sumber : pixabay/@beauty)
Life29 Maret 2024, 14:30 WIB

7 Cara Agar Selalu Disegani Banyak Orang, Public Speaking Jadi Kunci!

Disegani banyak orang menjadi suatu hal yang spesial bagi diri sendiri. Untuk memperolehnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam keseharian hidup.
Ilustrasi. Orang yang disegani teman sekitar. Sumber foto : Pexels/Felicity Tai
Food & Travel29 Maret 2024, 14:15 WIB

Tak Jauh dari Jakarta, Air Terjun Paling Hits di Sentul Ini Cocok Untuk Healing pas Weekend

Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan
Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan (Sumber : Ist via zesthotel.com)
Life29 Maret 2024, 14:02 WIB

5 Cara Merawat Kipas Angin Biar Lebih Awet

Pastikan kamu tidak mengoperasikan kipas angin terus menerus dalam waktu yang lama.
(Foto Ilustrasi) Kipas angin menjadi peralatan elektronik untuk menjaga kesejukan rumah saat cuaca panas. | Foto: Istimewa
Motor29 Maret 2024, 14:00 WIB

6 Tips Agar Motor Hemat Bensin: Hindari Rem Mendadak!

Membuat motor tidak boros bensin sangat bermanfaat bagi penggunanya. Sebab, hal ini bisa menghemat pengeluaran dan belanja keuangan sehingga aman terkendali.
Ilustrasi. Perawatan kendaraan roda dua. Cara membuat motor hemat bensin. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh
Sukabumi29 Maret 2024, 13:49 WIB

Ajaran Baru 2024, UMMI Sukabumi Gandeng Jamkrindo Buka Beasiswa bagi Warga Kurang Mampu

Reny berharap beasiswa kemitraan ini dapat menjangkau seluas-luasnya masyarakat.
UMMI Sukabumi bersama PT Jamkrindo memfasilitasi anak kurang mampu agar bisa melanjutkan pendidikannya. | Foto: UMMI
Life29 Maret 2024, 13:30 WIB

5 Cara Mudah Keluar Dari Kebiasaan Buruk yang Sulit Ditinggalkan

Artikel ini akan membahas tentang alasan-alasan di balik kesulitan meninggalkan kebiasaan buruk serta beberapa tips yang dapat membantu kita memotivasi diri untuk melakukan perubahan positif.
Ilustrasi. Cara Mudah Keluar Dari Kebiasaan Buruk yang Sulit Ditinggalkan. Sumber: pixabay.com
Life29 Maret 2024, 13:15 WIB

30 Ucapan Untuk Memperingati Hari Jumat Agung dan Paskah yang Penuh Pesan dan Doa

Berikut ini uacapan selamat hari Jumat agung dan paskah untuk dibagikan kepada orang-orang tercinta
30 Ucapan Untuk Memperingati Hari Jumat Agung dan Paskah yang Penuh Pesan dan Doa (Sumber : Freepik/freepik)