Dihadapan KNPI, Komisi IV DPRD Sukabumi: Pemuda Harus Kritis dan Jadi Agen Of Change

Kamis 26 Desember 2019, 08:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar menegaskan, pemuda harus menjadi Agent of Change (Agen Perubahan, red). Selain itu, pemuda harus kritis serta mengkritisi kebijakan-kebijakan yang dianggap tidak dibutuhkan oleh rakyat. 

BACA JUGA: Yudha Sukmagara: Pemuda Harus Bisa Menggerakkan Dunia Ekonomi di Kabupaten Sukabumi

Hal itu disampaikan Hera usai menghadiri Ngopi Santuy bersama Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) se Dapil IV beserta jajarannya, di salah satu cafe Jalan Lingkar Selatan, Kota Sukabumi, Rabu (25/12/2019) malam.

"Untuk menjadi agen of change ini, salah satunya dengan cara kritis. Jangan mengaku pemuda jika tidak kritis," kata Hera kepada sukabumiupdate.com.

Menurut Hera, pemuda yang tergabung dalam KNPI ini bagian terpenting dari sejarah kemerdekaan Indonesia, generasi penerus bangsa yang menjadi pilar-pilar kokoh kekuatan bangsa. Bahkan dalam sejarah, sambung dia pemuda memiliki peran khusus dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

"Melalui organisasi-organisasi pergerakan seperti ini, ide, dan gagasan mereka menjadi kekuatan lahirnya perlawanan. Sehingga negara ini terbentuk atas dasar kesepakatan pemuda, satu bahasa, satu bangsa dan satu tanah air. Artinya persatuan," ujar Hera.

Oleh karena itu, Hera mengaku memberikan pekerjaan rumah (PR) kepada para pemuda khususnya yang tergabung dalam KNPI, apa kira-kira yang bisa mempersatukan Sukabumi. Ia mencontohkan klub sepak bola Persib Bandung, di mana Persib bisa menyatukan penggemar seluruh Jawa Barat.

"Persib itu sukbjeknya. Nah, sekarang di Sukabumi ini kira-kira apa subjek yang bisa mempersatukan masyarakat Sukabumi ini," tandasnya.

BACA JUGA: Sah Jadi Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha: Semua Harus Bekerja

Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara yang hadir dalam Ngopi Santuy itu menambahkan, KNPI sebagai kalangan millenial harus membuat terobosan-terobosan dan mengeluarkan seluruh kreatifitasnya untuk pembangunan serta kemajuan Kabupaten Sukabumi.

"KNPI ini nantinya menjadi calon-calon pemimpin di Kabupaten Sukabumi. Maka dari itu, saya berharap KNPI tidak ragu menyampaikan aspirasi, pemikiran, dan tugas kepada kami selaku anggota dewan," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua PK KNPI Gunungguruh, Sayyid Agil mengatakan, ngopi santuy ini gagasan ketua KNPI se Dapil IV. Mereka ingin menyampaikan aspirasi maupun gagasan yang ada di kepemimpinan wilayah masing-masing.

"Alhamdulillah dari sembilan kecamatan ini dapat berkumpul dan menuangkan semua aspirasi dan keluhannya yang ada di wilayah masing-masing. Ini juga pemenuhan janji DPRD sewaktu dilantik untuk berdiskusi," ucapnya.

Ia menegaskan, KNPI tidak berafiliasi dengan partai manapun dan acara ini bukan atas dasar politik. Namun bekerja selaku wakil rakyat. "Banyak masukan dari beliau berdua yang disampaikan kepada kami. Mudah-mudahan apa yang dipaparkan tadi dapat direalisasikan," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi18 Mei 2024, 21:43 WIB

Tertimpa Bangunan Akibat Longsor, Kronologi Tewasnya Penjaga Ponpes di Sukabumi

Meninggalnya Jaenudin pertama kali diketahui oleh tenaga pengajar dan santri.
Petugas di lokasi longsor Ponpes Yaspida, Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Nasional18 Mei 2024, 21:07 WIB

Sempat Dirawat, Tokoh Pers Salim Said Meninggal Dunia

Kabar meninggalnya Prof Salim Said dikonfirmasi oleh istrinya, Herawaty.
Salim Said meninggal dunia. | Foto: Istimewa/Ranahriau.com
Sehat18 Mei 2024, 21:00 WIB

Nyeri Dada, 7 Gejala Tak Biasa Kolesterol Tinggi Pada Pria di Malam Hari

Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari.
Ilustrasi - Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi18 Mei 2024, 20:53 WIB

Jumat Berbagi, Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi Bagikan 100 Porsi Makanan

Yuniar Budi Satrio menekankan pentingnya berbagi dengan sesama.
Kegiatan Jumat Berbagi Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi. | Foto: PLN
Sehat18 Mei 2024, 20:00 WIB

Galau Asam Urat Sering Kambuh? Cobain 6 Makanan Ini untuk Mengobatinya

Asam urat yang menyerang tubuh akan membuat si penderitanya merasa terganggu dan tersiksa.
Ilustrasi. Beberapa makanan ini ampuh untuk mengatasi asam urat. (Sumber : Freepik/lifeforstock)
Life18 Mei 2024, 19:00 WIB

9 Cara Terbaik Mendisiplinkan Anak Agar Menjadi Penurut dan Tidak Berontak

Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut.
Ilustrasi - Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut. (Sumber : Pexels.com/@Kampus Production)
Sukabumi Memilih18 Mei 2024, 18:56 WIB

Koalisi Harapan Baru Sukabumi, Relawan Deklarasi Iyos Somantri untuk Pilkada 2024

Iyos mengatakan komunikasi dengan beberapa partai politik terus dilakukan.
Iyos Somantri dimintai keterangan oleh wartawan setelah deklarasi di salah satu hotel di Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Bola18 Mei 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bali United, Siapakah yang Lolos ke Final?

Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024.
Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024. (Sumber : Instagram/@std.sijalakharupat/Ist).
Sukabumi18 Mei 2024, 18:04 WIB

Penjaga Ponpes di Kadudampit Sukabumi Tewas Akibat Longsor

Polisi berkoordinasi dengan pengurus RT/RW setempat dan Ponpes Yaspida.
Petugas dan warga di lokasi longsor di Kampung Renged RT 10/03 Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Life18 Mei 2024, 18:00 WIB

5 Doa untuk Membolak Balikan Hati Seseorang, Bisa Bikin Luluh!

Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras.
Ilustrasi berdoa. - Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras. | (Sumber : Foto: Freepik.com)