Tambal Sulam, Cara Disperkim Tangani Ancaman Kekeringan Pada Taman di Palabuhanratu

Jumat 19 Juli 2019, 09:14 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Musim kemarau saat ini, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kabupaten Sukabumi, selain melakukan penyiraman terhadap taman di taman-taman yang ada di Ibu kota Kabupaten Sukabumi, juga saat ini gencar melakukan tambal sulam terhadap tanaman yang mengering akibat cuaca panas yang cukup ekstrim.

BACA JUGA: Taman di Palabuhanratu Mulai Mengering, Disperkim Tingkatkan Intensitas Penyiraman

"Penyiraman dan penyulaman tanaman di taman yang mengekering ini, karena cuaca akhir-akhir ini sangat ekstrim. Jadi ada beberapa tanaman yang mati," ujar Kepala Seksi Pertamanan dan Permakaman dinas Disperkim Kabupaten Sukabumi, Sudrajat, Jumat (19/7/2019).

Menurut Sudrajat, penyulaman tanaman ini bertujuan untuk peremajaan tanaman dan dilakukan oleh petugas yang sudah ditunjuk setelah mendapatkan laporan dari petugas yang melakukan penyiraman.

"Hampir semua taman kita, ada petugas dan sudah saya perintahkan untuk secepatnya mengganti bunga atau tanaman yang sudah kering atau peremajaan tanaman yang sudah mati diganti yang baru, terutama di wilayah Pelabuhanratu," jelasnya.

Lanjut Sudrajat, adapun lokasi taman yang tanaman atau bunga mengalami kekeringan tersebar hampir di semua lokasi taman yang ada di wilayah Palabuhanratu. Yakni, tanaman di Jalan Ahmad Yani sepanjang trotoar yang tersimpan dalam pot bunga, Taman Bappeda jalan komplek perkantoran Jajaway, taman di Jalan raya Citepus taman RTH Balai Desa Citepus serta di Jalan Siliwangi dan depan Kantor Pendopo di Jalan Siliwangi no 10, Palabuhanratu.

BACA JUGA: Disperkim Kabupaten Sukabumi Bakal Garap Taman Kota Tenjo Resmi

"Untuk lokasi yang tanaman yang mengering lumayan banyak, cuman memang luasnya kecil-kecil, tapi meskipun tamannya kecil, tetap harus di pelihara. Setelah disulam atau diganti kita intesifkan penyiraman," terangnya.

Khusus untuk taman RTH Citepus, tambah Sudrajat salah satu upaya yang telah dilakukan agar tanaman tetap terjaga. Pihaknya sudah berkordinasi dengan Satpol PP untuk mengimbau pedagang agar tidak berjualan dilingkungan taman. 

"Selain itu, memasang pagar besi pada pintu masuk agar motor tidak parkir di dalam taman, kita juga dalam waktu dekat akan memasang papan imbauan di setiap taman," tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat19 April 2024, 14:00 WIB

Selain untuk Gula Darah, Ini 10 Manfaat yang Luar Biasa dari Buah Mengkudu

Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh.
Ilustrasi - Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. (Sumber : Pixabay.com/@ignartonosbg).
Sukabumi Memilih19 April 2024, 13:54 WIB

Politisi PKB Miftahul Janah Didukung Warga Maju Pilkada Kota Sukabumi

Sejumlah warga Kota Sukabumi yang tergabung dalam RMJ mendorong politisi PKB, Miftahul Janah Janah untuk maju menjadi calon walikota / wakil walikota Sukabumi.
Miftahul Janah, Politisi PKB didorong maju Pilkada Kota Sukabumi 2024 | Foto : Sy
Sehat19 April 2024, 13:30 WIB

Segini Kisaran Kadar Gula Darah Normal Pada Lansia 50 Tahun ke Atas Setelah Makan

Gula darah tinggi menjadi lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia.
Ilustrasi - Gula darah tinggi menjadi lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia. (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Life19 April 2024, 13:00 WIB

6 Cara Menghilangkan Sifat Iri Dengki Dalam Diri Agar Hidup Tenang dan Damai

Menghilangkan sifat iri dan dengki memang harus dalam hidup. Sebab hal demikian untuk hidup lebih tenang dan damai.
Ilustrasi. Cara menghilangkan sifat iri dengki. Sumber Foto : Pexels/Liza Summer
Sehat19 April 2024, 12:30 WIB

7 Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Berikut Daftar Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. Sobat Sehat Wajib Tahu!
Ilustrasi. Serangan Asam Urat. Ketahui Apa Saja Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. | Foto: Freepik
Sukabumi19 April 2024, 12:00 WIB

Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal saat Seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi

Awalnya Lima menerima informasi bahwa siswi SMA Negeri 1 Cisaat ini pingsan.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat berinisial K saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Bola19 April 2024, 12:00 WIB

Bek Kiri Andalan Persib Ini Harus Absen Saat Pangeran Biru Jamu Persebaya

Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok.
Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok. (Sumber : Persib.co.id)
Sehat19 April 2024, 11:45 WIB

7 Cara Ampuh Turunkan Obesitas, Salah Satunya Olahraga

Obesitas biasanya terjadi akibat ketidakseimbangan antara asupan kalori yang dikonsumsi dan jumlah kalori yang dibakar melalui aktivitas fisik.
Ilustrasi. Orang yang obesitas. Sumber : pixabay/Bru-No
Sukabumi19 April 2024, 11:35 WIB

Perut Membengkak, Janda Asal Ciracap Sukabumi Butuh Bantuan untuk Berobat

Rosmawati mengalami sakit sudah tujuh bulan dengan kondisi perut membengkak.
Rosmawati (57 tahun) di rumahnya di Kampung Batunamprak RT 03/09 Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life19 April 2024, 11:30 WIB

Hati-Hati! 7 Hal Sederhana Ini Ternyata Bisa Menurunkan Kecerdasan

Tes IQ sering digunakan untuk mengevaluasi kemampuan mental dan potensi kognitif seseorang, serta digunakan dalam proses seleksi pendidikan, pekerjaan, dan kebutuhan medis lainnya.
Ilustrasi. Kecerdasan. Sumber : pixabay/sebaie-1992