Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Imbau Setiap Fraksi Siapkan Pandangan Umum Tiga Raperda

Kamis 27 Juni 2019, 08:08 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menyampaikan Nota Pengantar atas Raperda Laporan Pertanggung Jawaban Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2018. Pengarusutamaan gender serta Raperda tentang Retribusi Pemakaian Kekayaan Daerah berupa Laboratorium Lingkungan, di Ruang Rapat Utama Gedung DPRD Kabupaten Sukabumi, Kamis (27/6/2019).

BACA JUGA: DPRD Kabupaten Sukabumi Pastikan Proyek Kandang Ayam di Bukit Bongas Tak Berizin

Bupati menyampaikan bahwa terkait dengan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun 2018 ini, merupakan bentuk kewajiban konstitusional kepala daerah kepada masyarakat di Kabupaten Sukabumi, yang terepresentasikan oleh seluruh anggota DPRD Kabupaten Sukabumi.

"Meningkatkan sarana dan prasarana serta kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM), melalui upaya-upaya konstruktif terus kami lakukan, antara lain melalui pemantapan aplikasi sistem informasi manajemen pendapatan daerah. Aplikasi sistem informasi manajemen keuangan daerah dan aplikasi sistem informasi manajemen barang milik daerah  juga sosialisasi serta pembinaan mengenai pengelolaan keuangan daerah," paparnya.

Selanjutnya terkait dengan Raperda Pengarusutamaan Gender, Bupati menyampaikan bahwa persamaan kedudukan antara laki-laki dan perempuan telah dijamin dalam Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Khususnya pasal 27 ayat (1) yang menyebutkan bahwa warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan wajib menjunjung tinggi hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya.

BACA JUGA: DPRD Kabupaten Sukabumi Bidik Potensi ZIS di Minimarket

"Pemerintah Kabupaten Sukabumi menyusun rancangan peraturan daerah tentang Pengarusutamaan Gender yang mengatur secara jelas, tegas dan komprehensif untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender. Sekaligus merupakan bukti keseriusan komitmen pemerintah daerah guna melaksanakan pengarusutamaan gender sebagai strategi yang dibangun kemudian mengintegrasikannya ke dalam perencanaan, penyusunan, penganggaran program dan kegiatan pelaksanaan, pemantauan evaluasi atas kebijakan serta pembangunan daerah," ungkapnya.

Sedangkan Raperda Retribusi pemakaian kekayaan daerah berupa laboratorium lingkungan, Bupati menyampaikan bahwa Kabupaten Sukabumi merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang memiliki sumber daya alam yang baik dan potensial dengan memiliki luasan wilayah terluas kedua se-Jawa Dan Bali, yaitu dengan luas daerah 4.161 km2 atau 11,21 persen dari luas Jawa Barat atau 3,01 persen dari luas Pulau Jawa. Kabupaten Sukabumi terdapat kegiatan pertanian, perkebunan, perdagangan, pertambangan dan industri.

"Pembentukan peraturan daerah tentang pemakaian kekayaan daerah berupa laboratorium lingkungan, dimaksudkan untuk memberikan arah agar dalam pemanfaatan setiap potensi dan sumberdaya pembangunan yang ada mampu menghasilkan pendapatan asli daerah yang memiliki daya guna dan hasil guna tinggi tanpa harus mengabaikan prinsip-prinsip pelayanan pengujian yang berkualitas dan pelestarian lingkungan yang baik dan berkelanjutan," jelasnya.

BACA JUGA: Jalan Duren Gede Sempat Dipertanyakan Warga, DPRD Sukabumi Kasih Saran Ini

Lebih lanjut disampaikan Bupati, Jangkauan pembentukan peraturan daerah ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan, meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). "Dan melindungi kesehatan masyarakat, serta mewujudkan pembangunan lingkungan hidup yang berkelanjutan," tandasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Agus Mulyadi mengungkapkan nota penjelasan bupati kali memenuhi koorum. "Alhamdulillah anggota DPRD yang hadir lebih dari 26 orang, sisanya sebanyak 8 orang tidak bisa hadir karena izin," ujar Agus.

Rapat paripurna ini, kata Agus berdasarkan hasil rapat badan musyawarah DPRD dan pemerintah daerah pada Juni lalu, telah menyusun agenda rapat penyampaian bupati tentang tiga Raperda.

"Alhamdulilah semua berjalan lancar, dan selanjutnya nanti pada 1 Juli 2019 rapat paripurna DPRD, dilanjut dengan penyampaian pandangan umum dari fraksi fraksi. Kami harapkan kepada setiap fraksi untuk mempersiapkan pandangan umum dan pendapatnya agar disampaikan tepat pada waktunya," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life29 Maret 2024, 08:00 WIB

7 Ciri-Ciri Orang Introvert Kecewa Pada Kita, Sikapnya Berubah

Orang introvert yang kecewa pada kita mungkin menjadi lebih tertutup dan kurang responsif terhadap komunikasi atau interaksi sosial.
Ilustrasi. Ciri-Ciri Orang Introvert Kecewa Pada Kita, Sikapnya Berubah (Sumber : pixabay.com/@GerdAltmann)
Food & Travel29 Maret 2024, 07:00 WIB

10 Rekomendasi Makanan untuk Memperbaiki Mood dan Mengurangi Stres

Meskipun makanan dapat memengaruhi mood, penting juga untuk mengimbanginya dengan pola makan yang sehat dan gaya hidup aktif untuk menjaga kesehatan fisik dan mental secara keseluruhan agar tidak stres.
Cokelat. Rekomendasi Makanan untuk Memperbaiki Mood dan Mengurangi stres (Sumber : YouTube Home Cooking Adventure)
Sehat29 Maret 2024, 06:00 WIB

6 Buah-buahan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Lambung, Yuk Simak Apa Saja!

Berikut ini buah-buahan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - 6 Buah-buahan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Lambung, Yuk Simak Apa Saja! (Sumber : pexels.com/Melike A.)
Science29 Maret 2024, 05:30 WIB

Sedia Payung! Prakiraan Cuaca Jabar 29 Maret 2024 Didominasi Hujan Saat Siang

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 29 Maret 2024
Ilustrasi. Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 29 Maret 2024 (Sumber : Unplash/Gabriel Garcia Marengo)
Sukabumi29 Maret 2024, 04:06 WIB

Buka Jalur Darurat di Dekat Jalan Amblas, Warga Simpenan Sukabumi Patungan Sewa Lahan

Warga Desa Mekarasih Simpenan Sukabumi patungan menyewa lahan agar bisa memakai dan membuka jalan darurat di dekat jalan yang amblas.
Jalan alternatif penghubung Kecamatan Warungkiara dan Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi amblas pada Jumat (15/3/2024) (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 04:00 WIB

9 Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental

Meskipun tidak semua orang harus bangun pagi untuk merasakan manfaat kesehatan ini. Akan tetapi, bagi banyak orang, bangun pagi secara konsisten dapat menjadi langkah penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.
Ilustrasi. Bangun Tidur. Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental. Sumber: Freepik/freepik
Sukabumi29 Maret 2024, 03:21 WIB

Terekam CCTV, Dua Pria Beraksi Pecah Kaca Mobil Lalu Gondol Tas Sekolah di Brawijaya Sukabumi

Waspada, korban pecah kaca mobil yang terekam CCTV ini mengaku sudah kedua kalinya mengalami kejadian serupa di Brawijaya Sukabumi.
Tangkapan layar video CCTV dua pria beraksi pecah kaca mobil di Jalan Brawijaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel29 Maret 2024, 03:00 WIB

Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri

Yuk Recook Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri!
Ilustrasi. Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri. Sumber Foto : Instagram/@sukabikinkue
Life29 Maret 2024, 00:57 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ini 6 Etika Makan di Depan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Saat makan dengan calon mertua, etika makan yang benar sangat penting untuk diperhatikan dan dapat memengaruhi kesan pertama yang Anda buat pada mereka.
Ilustrasi makan makan bersama calon mertua. (Sumber : Pixabay)
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)