Menu

Selasa, 25 Juni 2019, 06:00 WIB

Gara-gara Kuku Macan, Jembatan Darurat Cileuleuy Parakansalak Belum Bisa Dilintasi

Jembatan Cileuleuy di Kampung Cileuleuy Desa Sukakersa Kecamatan Parakansalak belum di buka, Senin(24/6/2019). | Sumber Foto:Rawin Soedaryanto.

SUKABUMIUPDATE.com - Pembangunan jembatan darurat penghubung dua desa, Sukatani dengan Sukakersa, Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi tinggal proses finishing. Jembatan yang ambruk akibat luapan sungai Cileuleuy ini dibangun darurat agar warga bisa beraktivitas dengan lancar, karena selama ini harus berjalan memutar.

Hal itu disampaikan Kasi Logistik BPBD kabupaten Sukabumi Iwan Herniwan. “Pembangunan jembatan Cileuleuy sifatnya darurat (sementara) ini menghabiskan anggaran sekitar 198 Juta," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Senin (24/6/2019).

BACA JUGA: Jembatan Cileuleuy di Desa Sukatani Sukabumi Putus

Diakuinya, proses pengerjaan jembatan tinggal pemasangan kuku macan untuk penjepit kayu kemudian baut untuk penguatkan papannya, sehingga membutuhkan waktu sekitar empat hari lagi sampai jembatan bisa di gunakan. Kedaruratan BPBD hanya menganggarkan, konstruksinya dan teknisnya oleh PU, pelaksananya pihak ketiga dalam hal ini CV. Arya Utama,

Namun demikian lanjut Iwan, nanti PU yang menyatakan bahwa itu bisa dibuka, karena secara teknisnya PU yang punya kewenangan. "Kalau sudah selesai PU yang membolehkan kapan jembatan bisa digunakan," ujarnya.

Sebagai pelaksana pembangunan adalah pihak ketiga yakni CV Arya Utama, sesuai kalender hari kerja selama 45 hari sejak tanggal,25 Mei 2019. "Jika nanti pembangunan selesai dapat  dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya pengguna jalan, mengingat akses tersebut jalan satu-satunya yang sangat vital," pungkas Iwan.

Sementara Camat Parakansalak Royani secara terpisah di hubungi sukabumi update.com mengatakan, jembatan Cileuleuy yang terputus, telah dibangun kembali bersipat semetara oleh kedaruratan BPBD. “Kemaren hari jumat saya meninjau ke lokasi jembatan masih dikejakan tahap finising," ujarnya.

Namun karena hari ini belum terpasang kuku macan dan baut penguat papan maka hari ini Senin(24/6/2019) belum bisa di gunakan. “Harapan kami setelah berfungsinya kembali jembatan Cileuleuy diharapan dapat menormalisasikan kembali transportasi melalui jembatan tersebut, semua kegiatan masyarkat termasuk kegiatan pemerintah dan ekonomi normal kembali.”

Reporter : RAWIN SOEDARYANTO
Redaktur : FIT NW
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Komandan Korem 061/Suryakencana, Kolonel Inf Novi Helmy Prasetya menjamin situasi keamanan dan kondusifitas di wilayah hukumnya masih terkendali jelang pengumuman hasil putusan sidang Mahkamah Konstitusi (MK) pasca...

SUKABUMIUPDATE.com - DSLR serta Mirorrless bukan menjadi barang yang langka saat ini. Hal ini yang kemudian mendorong banyaknya komunitas fotografi salah satu Fotografer Cicurug (FC). Komunitas fotografer di Sukabumi...

SUKABUMIUPDATE.com - Bangkai paus yang terdampar di pesisir Geopark Ciletuh, tepatnya di Pantai Cikadal, Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi tak jadi dikubur. BACA JUGA: DKP Sukabumi Kirim Tim ke Lokasi...

SUKABUMIUPDATE.com - Universitas Nusa Putra (UNsP) Sukabumi, melaksanakan kuliah umum tentang kenusa putraan di Bumi Perkemahan Mandiri Kadudampit, Kabupaten Sukabumi.  BACA JUGA: 35 Anak Yatim Dapat Santunan Dari Hima SI Universitas...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya