Menu

Kamis, 16 Mei 2019, 13:25 WIB

Volume Sampah di Palabuhanratu Diprediksi Meningkat Jelang Lebaran

Salah satu tempat pembuangan sampah sementara di PSM Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Selama bulan suci Ramadan, volume sampah di Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi belum mengalami peningkatan yang signifikan. Peningkatan volume sampah diprediksi meningkat menjelang hari raya Idul Fitri.

BACA JUGA: Selain Bank Sampah, DLH Siapkan Trik Khusus Tangani Sampah di Pantai Loji Sukabumi

Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi, Denis Eriska mengungkapkan dari awal Ramadan hingga saat ini volume sampah yang diangkut petugas kebersihan di setiap tempat pembuangan sampah (TPS) sementara, mulai dari Kecamatan Bantargadung, Simpenan, Palabuhanratu, Cikakak dan Cisolok belum mengalami peningkatan.

"Sementara ini belum ada peningkatan volume sampah, meskipun ada, itu tidak terlalu signifikan," ujar Denis kepada sukabumiupdate.com, Kamis (16/5/2019).

Menurut Denis, volume sampah akan meningkat menjelang atau mendekati hari raya Idul Fitri nanti dan itu sudah biasa terjadi mengingat pada saat itu adanya perubahan pola konsumsi dari masyarakat saat Idul Fitri.

"Pengalaman sebelumnya biasanya nanti mendekati lebaran ada peningkatan volume sampah," tandasnya.

BACA JUGA: Tingkatkan Layanan Kebersihan, DLH Kabupaten Sukabumi Berikan Bimtek Petugas di Lapangan

Sementara itu, Staf Koordinator Kebersihan, Saeful Rohman mengatakan volume sampah yang dihasilkan dan diangkut ke tempat pembuangan akhir selama bulan Ramadan ini tercatat sebanyak 84 meter kubik per hari. Meskipun pada awal Ramadan sempat terjadi peningkatan volume sampah hingga 86 meter per kubik.

"Awal puasa ada kenaikan tapi tidak signifikan, karena tidak di semua titik tempat pembuangan sampah sementara volumenya meningkat. Itupun hanya di tempat tertentu seperti jalan protokol, Jalan Siliwangi, Alun alun Masjid Agung Palabuhanratu karena di tempat tersebut ramai pedagang takjil dan dijadikan tempat kumpul masyarakat untuk berbuka puasa," singkatnya.

Reporter : NANDI/ADV
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Sampah lagi-lagi menumpuk di pinggir Jalan Provinsi ruas Jampangkulon- Surade, tepatnya di tikungan Kondang, Kampung Neglasari, Desa Tanjung, Kecamatan Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi. Pantauan sukabumiupdate.com, sampah yang didominasi kantong plastik...

SUKABUMIUPDATE.com - Pengelola Bank Sampah Insani Mandiri di Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, membagikan uang tunai hasil tabungan sampah kepada 40 anggotanya. Para anggota bank sampah tersebut sebelumnya...

SUKABUMIUPDATE.com – Mimpi warga pesisir Sukabumi memiliki pantai yang bersih dari sampah harus dimulai dari sekarang. Hari ini, Jumat (11/1/2019) puluhan warga yang tinggal di pesisir Desa Citepus, Kecamatan...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya