Menu

10 Mei 2019, 14:02 WIB

Pembangunan Fisik Bandara di Cikembar Direncanakan Mulai 2020

Patok beton berwarna biru yang memiliki kira-kira tinggi 40 cm bertuliskan titik kontrol Bandara Cikembar. | Sumber Foto:doc sukabumiupdate

SUKABUMIUPDATE.com - Rencana pembangunan Bandara di Cikembar, Kabupaten Sukabumi, sudah mulai masuk tahap analisis mengenai dampak lingkungan (amdal). Diperkirakan pembangunan fisik akan dimulai pada 2020 mendatang. 

BACA JUGA: Menyimak Kabar Terbaru Soal Pembangunan Bandara Sukabumi

"Pembangunan Bandara baru di Cikembar saat ini baru mau atau akan memasuki tahap kerangka acuan kegiatan amdal (KAK, red). Sementara kalau untuk pembebasan lahannya baru akan dilakukan," ujar Kepala Bidang Perhubungan Laut dan Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (Hubla dan ASDP) Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi, Endang Badri kepada sukabumiupdate.com, Jum'at (10/5/2019).

Pemerintah daerah melalui Dishub Kabupaten Sukabumi, kata Endang mengenai rencana pembangunan bandara baru ini hanya sebatas fasilitasi, kaitan di tata ruang dan pengaman daerah sekitar atau zona.

"Pemda Kabupaten Sukabumi itu hanya fasilitasi saja. Seperti, fasilitasi tata ruang, pengamanan daerah atau zonasi sekitar bandara. Contohnya, sekitar bandara tidak boleh ada bangunan-bangunan tinggi. Maka, Pemda wajib untuk mengendalikan tata bangunan di sekitar bandara," bebernya.

Sementara tugas dari Dishub Provinsi Jabar itu, kata Endang sebagai pemrakarsa untuk pembangunan bandara baru di Cikembar. "Pemrakarsa ini punya tanggung jawab, yang pertama kaitan dengan penyedian lahan dan kajian-kajian untuk pembangunan bandara di Cikembar," jelasnya.

BACA JUGA: Jawa Barat Segera Bebaskan Lahan untuk Bandara Cikembar

Masih kata Endang, rencana pembangunan fisik bandara diperkirakan dimulai awal tahun 2020. Ia juga membenarkan, sebelumnya kabar yang beredar bahwa pembangunan bandara itu dimulai tahun 2019. Tetapi, teknis dilapangan dari mulai tahapan-tahapan perencanaan hingga pembebasan lahan itu memerlukan waktu yang diperkirakan selesainya sampai akhir tahun 2019.

"Salah satunya adalah Amdal. Amdal itu paling cepat lima bulan, selanjutnya pembebasan lahan, karena ini skala besar pembebasan lahannya pun memerlukan waktu. Maka dari itu, prediksi atau diperkirakan pembanguan fisik bandara di mulai awal tahun 2020," pungkasnya.

Reporter : RUSLAN AG
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Perumda Air Minum Tirta Jaya Mandiri (AM TJM) Kabupaten Sukabumi memperkirakan maksimal butuh dua hari untuk membuat normal kembali layanan air untuk sejumlah titik di Cidahu. Sebelumnya layanan...

SUKABUMIUPDATE.com - Tim Gabungan TNI, Polri, BPBD, beserta relawan dan seluruh elemen bersama warga tengah bahu-membahu melakukan penanganan pascabencana banjir bandang di Kampung Cibuntu Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten...

SUKABUMIUPDATE.com - Bupati Sukabumi, Marwan Hamami meninjau lokasi banjir bandang di Kampung Cibuntu, Desa Pasawahan, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Selasa (22/9/2020). Dari peninjauan itu, Marwan menduga batang kayu yang tergerus...

SUKABUMIUPDATE.com - Kapolres Sukabumi, AKBP M Lukman Syarif menyebut dua dari tiga korban banjir bandang Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi sudah teridentifikasi. Keduanya atas nama Hasim (60 tahun) warga Desa Pasawahan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya