Menu

Rabu, 08 Mei 2019, 04:30 WIB

LIPI akan Kembangkan Wisata Malam di Geopark Ciletuh Palabuhanratu

Instagramable di objek wisata Pantai Ujunggenteng, Desa Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi malam hari. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menerima silaturahmi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Pendopo Sukabumi, Selasa (7/5/2019). Silaturahmi LIPI tersebut, dipimpin langsung oleh kepada Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI, Mego Pinandito.

BACA JUGA: Laut Terpisah di Suramadu, Peneliti LIPI: Air Mineral dan Sirup

Tujuan silaturahmi itu, membahas penelitian dan pengembangan pembangkit listrik tenaga air tipe forteks di kawasan geopark, sebagai tindak lanjut penandatanganan kerjasama LIPI dan Pemerintah Kabupaten Sukabumi.

"Setelah kerjasama yang pertama di bidang pertanian di realisasikan, sekarang kerjasama yang kedua di bidang energi, diantaranya pengembangan pembangkit listrik tenaga air mikro hidro," ungkap Mego Pinandito.

Ia berharap setelah disosialisasikan, proses alih teknologi, nanti masyarakat bisa memanfaatkan dan mengembangkan secara mandiri. "Lokus kegiatan alih teknologi ini adalah wilayah Geopark Ciletuh, yang akan kita proyeksikan sebgai laboratorium lapangan," jelasnya.

BACA JUGA: Diseminasi Iptek, Duet Lipi dan Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menyatakan bahwa Pemkab Sukabumi terus mengimplementasikan ikhtiar percepatan pembangunan, sambil menyusun formula yang tepat dalam pengembangan dan pemberdyaaan potensi yang ada di 47 kecamatan untuk kesejahteraan masyarakat.

"Terkait pengembangan wilayah geopark, tentu kami sangat berharap dukungan LIPI dalam bidang teknologinya, karena kita ketahui potensi geopark sangat besar khususnya kepariwisataan, pengembangan potensi kawasan akan lebih optimal jika didukung teknologi yang memadai," terang Marwan.

Salah satu segmentasi geopark yang sedang dikembangkan, tambah Marwan adalah konsep wisata di waktu malam.

"Di malam hari keindahan geopark sangat luar biasa, karenanya pengembangan pembangkit listrik tenaga air tipe forteks di kawasan geopark oleh LIPI menjadi sangat strategis dan diyakini bisa memberdayakan keindahan geopark, sehingga akhirnya lebih mensejahterakan masyarakat," pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Sukabumi didampingi sekretaris daerah menyerahkan Plakat kepada ketua rombongan LIPI.

Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
Sumber : DISKOMINFOSAN KABUPATEN SUKABUMI/ADV
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com  - Kisah menyedihkan dialami oleh seorang bocah laki-laki berusia 11 tahun yang disiksa oleh orang tua angkatnya hingga nyaris lumpuh. Sejak tiga tahun lalu, saat masih berumur delapan tahun,...

SUKABUMIUPDATE.com  - Polisi telah membongkar kasus perdagangan anak-anak di sebuah tempat karaoke bernama Carista di Kampung Pamatang, Desa Pejamben, Kecamatan Carita, Pandeglang, Banten. Dalam kasus ini, polisi menetapkan wanita bernama...

SUKABUMIUPDATE.com - Panorama alam dan objek wisata pantai di Unesco Global Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi memang tidak ada habisnya. BACA JUGA: Mancing Sambil Menikmati Indahnya Sunset di Dermaga Palabuhanratu Garis pantai yang...

SUKABUMIUPDATE.com – Warga Lembursitu Kota Sukabumi geram, terutama mereka yang tinggal di sekitar rumah Nadia Putri, bocah lima tahun yang tewas menggenaskan ditangan kakak dan ibu angkatnya. Pasalnya, akun...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya