Menu

02 Peb 2019, 10:55 WIB

25 Pelaku IKM Kabupaten Sukabumi Terima Bantuan Sertifikasi Halal

Kepala Bidang (Kabid) Industri Agro pada DPESDM Kabupaten Sukabumi, Yana Chefiana, bersama 25 Pelaku IKM dari Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Puluhan pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kabupaten Sukabumi, mendapatkan bantuan sertifikasi halal di Balai Kota Depok.

Penyerahan bantuan sertifikat halal pada Kamis, 31 Januari 2018 tersebut, di fasilitasi melalui program CSR Bank BJB, bersamaan dengan 26 kota dan kabupaten se Jawa Barat.

"Ada 300 pelaku IKM mendapatkan sertifikat halal, 25 diantaranya dari Kabupaten Sukabumi," ujar Kepala Bidang (Kabid) Industri Agro pada DPESDM Kabupaten Sukabumi, Yana Chefiana kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (2/2/2019).

Yana mengatakan 25 pelaku IKM itu, diantaranya bergerak di bidang olahan produk hasil tanaman pangan, perkebunan, dan perikanan.

"25 IKM masing-masing dibagi menjadi dua, di mana 10 IKM yang difasilitasi melalui CSR dari Bank BJB, dan 15 IKM difasilitasi melalui APBD Provinsi Jawa Barat," katanya.

Yana berharap, para pelaku IKM yang sudah mendapatkan bantuan sertifiksi halal tersebut, bisa meningkatkan omset dan pasarnya.

"Tentu ini akan bisa memotivasi mereka sebagai pelaku IKM. Saya berharap ada peningkatkan omset, juga pasarnya agar bisa semakin luas tidak hanya di Sukabumi saja, minimal bisa sampai di lingkup Jawa Barat," harap Yana.

BACA JUGA: Tingkatkan Kualitas IKM, DPESDM Kabupaten Sukabumi Gaet SMKN 1 Cibadak

Sementara itu Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Barat, Mustofa Djamaludin menambahkan sedikitnya ada tiga keuntungan yang di dapat dengan produk yang diberi sertifikasi halal, yaitu kepastian produk, omsetnya naik hingga 5-10 persen. "Selain itu menjadi pilihan utama para wisatawan," singkatnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Provinsi Jawa Barat, Arifin Soedjayana, Staf ahli bidang ekonomi dan pembangunan Provinsi Jawa Barat, Dady iskandar, Direktur Komisi Ritel Bank Bjb, Suhartini.

Reporter : FADILLAH/ADV
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Pandemi Covid-19 belum berakhir, namun pasar malam atau kebanyakan masyarakat menyebutnya korsel, sudah beroperasi selama sepekan di Lapang Mekarjaya, Desa Mekarjaya, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi. "Sudah seminggu ada...

SUKABUMIUPDATE.com - Beredar sebuah petisi agar Presiden Joko Widodo mengembalikan posisi mata pelajaran sejarah sebagai pelajaran wajib bagi seluruh anak sekolah. Melansir Suara.com, petisi ini dibuat oleh Asosiasi Guru Sejarah...

SUKABUMIUPDATE.com - Terdapat larangan bagi pesepeda saat berkendara di jalan yang wajib dipatuhi. Dilansir dari Suara.com, pemerintah melalui Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, telah resmi menerbitkan aturan bagi pesepeda yang...

SUKABUMIUPDATE.com - Juru Bicara Presiden Bidang Sosial, Angkie Yudistia, memastikan Piala Dunia U-20 yang akan diselenggarakan di Indonesia 2021 mendatang akan tetap terlaksana. "Indonesia tidak memiliki otoritas dalam mengubah agenda...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya