Light Dark

Menyimak Kabar Terbaru Soal Pembangunan Bandara Sukabumi

Pemerintahan | 15 Jan 2019, 06:26 WIB
Ilustrasi bandara. | Dok.sukabumiupdate

SUKABUMIUPDATE.com - Tinggal selangkah lagi Sukabumi akan memiliki Bandara. Hal itu disampaikan Kepala Bidang Perhubungan Laut dan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (Hubla dan ASDP) Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukabumi, Endang Badri.

Endang mengatakan, seluruh dokumen perencanaan pembangungan Bandara Sukabumi sudah diselesaikan dan saat ini Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat sudah melayangkan surat usulan ke Menteri Perhubungan (Menhub) untuk ditetapkannya lokasi Bandara baru di Cikembar, Kabupaten Sukabumi, per tanggal 18 Desember 2018.

"Saat ini belum ada keputusan dari Menhub terkait penetapan lokasi. Tetapi kalau izin prinsip mengenai kelayakan Bandara baru, sudah ditetapkan di Cikembar dan ini dari hasil evaluasi," ujar Endang Badri saat diwawancarai sukabumiupdate.com, Selasa (15/1/2018) di ruang kerjanya.

Endang memaparkan, tahapan pembangunan Bandara, harus masuk ke Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), baik itu di RTRW Kabupaten Sukabumi, maupun di RTRW Provinsi Jawa Barat. Sementara ini, Cikembar ini belum masuk ke dalam RTRW.

"Tindak lanjutnya, ada beberapa dokumen yang harus dipenuhi oleh Dishub Provinsi Jawa Barat. Sampai saat ini sesuai kajian yang dilakukan antara Dishub Kabupaten Sukabumi dan Dishub Provinsi Jawa Barat, dokumen tersebut sudah diselesaikan. Sekarang sedang tahap revisi RTRW," bebernya.

BACA JUGA: Patok Bandara Sukabumi Sudah Dipasang, Kades Sebut Belum Ada Sosilisasi ke Warga

Masih kata Endang, pihaknya memastikan pembangunan Bandara akan sesuai dengan keinginan Presiden RI, bahwa 2019 itu sudah mulai pembangunan. Selain itu, masterplan tahun 2021, juga diharapkan turut diselesaikan.

"Bandara akan menghabiskan lahan dari sisi darat dan udara sekitar 130 hektare. Insyaallah yang Cikembar ini masuk ke RTRW," pungkasnya.

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

RUSLAN AG

Reporter