Menu

Jumat, 11 Januari 2019, 17:14 WIB

Tidak Jadi Usai Pilpres, Pemkot Sukabumi Bongkar Lapak Pedagang Pasar Pelita

Aparat Satpol-PP sedang melakukan pembongkaran lapak para pedagang di sekitaran pembangunan Pasar Pelita, Jumat (11/1/2019). | Sumber Foto:Muhammad Gumilang

SUKABUMIUPDATE.com - Pemkot Sukabumi akhirnya membongkar lapak pedagang di sekitar area pembangunan Pasar Pelita Kota Sukabumi, Jumat (11/1/2019). Kurang lebih 500 pedagang direlokasi ke tempat yang sudah disediakan, yakni bekas Terminal Kota Sukabumi, Jalan Jenderal Sudirman.

Terhitung sejak Jumat pagi, ratusan pedagang di sekitaran pembangunan Pasar Pelita Sukabumi terlihat pasrah meninggalkan lapakan dagangannya yang mereka tinggali selama bertahun-tahun. Mereka juga pasrah saat lapaknya ditertibkan petugas Satpol PP.

Pantauan sukabumiupdate.com, mulai dari pagi sekitar pukul 09.00 WIB, para petugas aparat baik dari kepolisian, Satpol PP dan pihak pengembang sudah memantau, mengelilingi wilayah lapak dagang di sekitaran pembangunan Pasar Pelita.

Berbagai obrolan dari pedagang tentang kekhawatiran mereka dan rasa was-was kian terdengar, menjelang hari terakhir mereka berdagang di lapak dagang yang sudah mereka tempati sejak lama.

Mujib (33 tahun), seorang pedagang pakaian dan sepatu anak kecil di sekitaran pembangunan Pasar Pelita Sukabumi menguaku pasrah dan tak bisa berbuat apa-apa lagi ketika lapak dagangannya dibongkar oleh aparat.

“Saya udah enggak bisa dagang di sini lagi. Ya saya ikut aja maunya pemerintah, enggak tahu besok atau lusa atau kapan saya pindahnya kesana, ke (terminal lama Sukabumi),” ungkap Mujib kepada sukabumiupdate.com, Jumat (11/1/2019).

BACA JUGA: Takut Dipolitisasi? Relokasi Pedagang Pasar Pelita Kemungkinan Diundur Usai Pilpres

Selain itu, Barkah (61 tahun) penjual sayuran dan rempah-rempah di sekitaran pembangunan Pasar Pelita Sukabumi menuturkan, dirinya merasa seperti mimpi buruk harus mengalami kejadian seperti ini. Ia mengaku sudah capek terus dipindah-pindahkan oleh pemerintah demi pembangunan Pasar Pelita ini.

“Dulu sudah berapa kali ya dipindah-pindah, saya juga lupa. Dan sekarang pindah lagi ke terminal lama katanya. Waduh saya enggak tahu nanti gimana dagang di sana. Saya disini dagang sendirian, bawa barang sendirian, pulang bawa barang sendirian, sudah cape sebenarnya mah,” pungkasnya.

Pelaksana Tugas (PLT) Sekretaris Daerah (Setda) Kota Sukabumi, Saleh Makbullah sebelumnya menjelaskan, pemerintah sudah berusaha memberikan informasi dan sosialisasi kepada para pedagang untuk segera pindah ke tempat penampungan pasar sementara yang berlokasi di eks terminal Sudirman. 

BACA JUGA: Anggap Tak Ganggu Pembangunan Pasar Pelita, Pedagang Pilih Bertahan

Ia mengaku, rapat yang sudah dilakukan dengan PT Fortunindo Artha Perkasa selaku pengembang, sampai dengan Rabu (9/1/2019) belum ada titik temu dan juga kesepakatan dengan para pedagang.

"Ya belum ada kesepakatan, kalau tidak lancar nunggu sampai selesai Pilpres. Tapi kita lihat saja dulu nanti kedepannya seperti apa," tandasnya.

Reporter : MUHAMMAD GUMILANG
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi menyebut, Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) harus revisi. Orang nomor satu di Kota Sukabumi itu menilai, pemkot harus melakukan penyesuaian tata ruang...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya