Menu

Rabu, 19 Desember 2018, 14:24 WIB

Tanpa Papan Nama, Warga Pertanyakan Proyek Pengerasan Jalan di Waluran Sukabumi

Proyek pengerasan ruas Jalan Sarimukti - Curuggerong, Desa Caringinnunggal, Kecamatan Waluran. | Sumber Foto:RAGIL GILANG

SUKABUMIUPDATE.com - Proyek Dinas Pekerjaan Umum berupa lapis pondasi bawah dengan Telford atau pengerasan ruas Jalan Sarimukti - Curuggerong, Desa Caringinnunggal, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, dipertanyakan warga. Proyek ini berlangsung tanpa sosialisasi bahkan tanpa papan nama proyek.

"Biasanya proyek pemerintah baik skala kecil maupun besar, dipasang papan proyek. Ini mah tidak, kami tidak pernah melihat ada papan pengumuman proyek ini,: jelas Tika Sumardi (45 tahun) warga Kampung Tanjungsari Desa Caringinnunggal, Kecamatan Waluran, kepada sukabumiupdate.com, Rabu (19/12/2018). 

Proyek pengerasan Ruas Jalan Sarimukti - Curuggerong Desa Caringinnunggal, Kecamatan Waluran. |Sumber Foto: Ragil Gilang.

Warga mendapatkan penjelasan terkait proyek ini dari aparatur pemerintah desa itupun enggan memberikan informasi secara gamblang. Pengerasan jalan akses pertanian dan wisata ini memiliki panjang sekitar 1100 meter dan lebar 3 meter, dengan dana mencapai ratusan juta. 

“Kami tidak tahu persis berapa anggarannya, namun menurut informasi mencapai Rp. 400 juta untuk pengerasan jalan, belum lagi ada pembangunan Tanggul Penahan Tebing (TPT) dan pembuatan gorong gorong,"sambung Tika.

BACA JUGA: Warga Keluhkan Pengerjaan Akses Jalan Pertanian di Sidamulya Sukabumi

Ia meminta pemerintah daerah dalam hal ini Dinas PU menegur pelaksana proyek karena bekerja tanpa melakukan sosialisasi dengan warga setempat. “Ujung-ujungnya kan warga jadi nggak tau ini proyek harusnya seperti apa, beres sampe diaspal atau hanya pengerasan. Itulah gunanya sosialisasi langsung dan pakai papan proyek, untuk menghindari fitnah.”

Pengerjaan proyek ini sendiri menurut warga sudah berakhir. “Kayaknya udah beres udah nggak ada yang kerja lagi. Makanya kita bingung kapan mulai kapan berakhir,” pungkas Tika.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : FIT NW
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com – Upaya Jokowi untuk meraih simpati dan dukungan warga Kabupaten Sukabumi dalam pemilihan presiden 2019 tak membuah hasil manis. Rayuan pembangunan sejumlah infrastruktur di Sukabumi, mulai dari Tol...

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 600 ribu benih ikan bandeng dan udang windu dilepas di dua sungai yang berada di kawasan Geopark Ciletuh, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Rabu (19/12/2018). Benih ikan...

SUKABUMIUPDATE.com - Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin menyatakan sudah siap dengan debat Capres dan Cawapres yang akan digelar mulai Januari 2019 mendatang. Ma'ruf menyatakan tidak ada persiapan...

SUKABUMIUPDATE.com - Calon Wakil Presiden nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin berkunjung ke Sukabumi, Rabu (19/12/2018). Kedatangannya di Pondok Pesantren Al-Masthuriyah, Cisaat, Kabupaten Sukabumi, diiringi takbir dan shalawat. Di...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya