Menu

13 Des 2018, 20:33 WIB

Emil Kumpulkan Kepala Daerah se Wilayah I Bogor di Kota Sukabumi, Ada Apa Ya?

Emil bersama Kepala Daerah di wilayah I Bogor di acara KOPDAR - GWP | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Gubernur Ridwan Kamil (Emil) melakukan tradisi baru menjalin hubungan dan kordinasi dengan kepala daerah, Kota dan Kabupaten Se Jawa Barat. Untuk wilayah I Bogor, pertemuan kepala daerah dan Emil berlangsung di salah satu hotel di Kota Sukabumi, Kamis ((13/12/2018).

Judul formalnya, Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintahan Umum Dalam rangka Gubernur Sebagai Wakil Pemerintahan Pusat (KOPDAR - GWP) untuk Wilayah I Bogor Jawa Barat. Kepalan daerah yang hadir dari Kota dan Kabupaten Sukabumi, Kota dan Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur dan Kota Depok.

Dalam sambutanya Emil, menyebutkan kegiatan ini bagian memulai proses baru dalam relasi hubungan antara provinsi dengan daerah, dimana dalam kegiatan ini gubernur langsung hadir untuk mendengar curhat kepada daerah. Ia mengklaim banyak manfaat dalam rakor ini karena gubernur mendapat masukan maupun persoalan di daerah untuk selanjutnya dicari solusi penyelesaian.

“Kita memulai sebuah proses baru dalam relasi hubungan antara provinsi dan daerah, Gubernur mendengarkan curhatan dan masukan dari daerah," ucapnya.

Emil menegaskan Pemprov Jabar sudah meneken kerjasama dengan 30 BUMN, dimana forum BUMN ini nantinya akan membangun sejumlah program yang sudah dirancang. Ia yakin pembentukan forum ini akan membantu pembiayaan pembangunan non APBD.

"Makanya saya minta kepada kepala daerah di Wilayah I Jawa Barat untuk segera membentuk forum CSR di daerah masing-masing, karena forum ini bisa merealisasikan program unggulan daerah tanpa mengandalkan APBD.”

Selain itu, Emil juga meminta Pemda se-Jabar membentuk tim akselerasi. Dengan tugas menjahit dan mengoneksikan sejumlah program yang selama ini belum bisa dijangkau sistem birokrasi.

BACA JUGA: Tentang Gelombang Demo Mahasiswa ke Pemkot Sukabumi, Fahmi Anggap Kontrol Kinerja

“Tim akselerasi ini bisa diisi oleh orang-orang pintar, baik secara akademik maupun non akademik,” tandasnya.

Terkait ajakan Emil, Bupati Sukabumi Marwan Hamami berharap sinkronisasi pembangunan antara Provinsi dan Kabupaten/Kota bisa mempercepat tingkat pertumbuhan di Jawa Barat. Sementara Wali Kota Sukabumi menyampaikanh harapannya ada yang dikolaborasikan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat baik di Kota Sukabumi maupun daerah lainnya di Jawa Barat.

“Mari kita maju bersama sama bergandeng tangan untuk Jawa Barat juara lahir batin,” ungkap Fahmi.

Reporter : Humas Pemkot Sukabumi
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Satreskrim Polres Bogor kembali menangkap pelaku penyebar kabar bohong atau hoaks terkait virus corona melalui media sosial berinisial RD (48) warga Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Dilansir dari suara.com,...

SUKABUMIUPDATE.com - Dilansir dari tempo.co, Psikolog lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa Maya Sita mengatakan masyarakat dapat mengelola emosi untuk mengatasi tekanan psikologis saat harus bekerja di rumah di tengah wabah...

SUKABUMIUPDATE.com - Juru bicara pusat informasi dan koordinasi Covid-19 Kabupaten Sukabumi Harun Alrasyid menyatakan, warga Desa Cibodas, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, yang meninggal di RSUD Sekarwangi Cibadak pada Jumat...

SUKABUMIUPDATE.com - Indonesia Corruption Watch (ICW) merilis daftar narapidana kasus korupsi yang kemungkinan bebas bila Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly benar-benar merevisi Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2012...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya