Light Dark

Kang Emil Apresiasi Inisiasi Sekda Kabupaten Sukabumi Soal Geopark

Pemerintahan | 06 Nov 2018, 12:38 WIB
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama Sekda Kabupaten Sukabumi Iyos Somantri usai sosialisasi pengembangan kawasan Geopark. | Humas Setda

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengelar rapat sosialisasi Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 72 tahun 2018 tentang pengembangan Kawasan Geopark di ruang Sangga Buana Gedung Sate Bandung (6/11/2018).

Lahirnya Pergub tersebut ternyata inisiasi Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Iyos Somantri dalam Kolaborasi pengembangan kawasan geopark untuk mewujudkan destinasi pariwista berkelas dunia (word class tourizm) di Jawa Barat.

Kegiatannya sosialisasi ini dibuka Sekretaris Daerah Provinsi Jawabarat Iwa Karniwa. "Kami dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas inisiasi yang telah dilakukan Sekertaris Daerah Kabupaten Sukabumi pak Iyos Somantri. Semoga dengan terbentuknya peraturan ini dapat membangun dan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang inovatif serta kepemimpinan yang kolaboratif antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten Kota.”


Advertisement

Iwa berharap, dengan peraturan ini dapat menjadi pedoman hukum dalam perkembangan pembangunan kepariwisataan di daerah masing-masing Geopark yang ada di Jawa Barat.

Sosialisasi ini juga dilengkapi dengan diskusi jajaran pemerintah dengan kalangan akdemisi dan media massa. Salah satu permintaan peserta diskusi adalah penguatan kelembagaan dan strategi pengembangan, sehinga kedepan beberapa Geopark di Jawa Barat bisa diakui oleh Unesco seperti halnya Geopark Ciletuh Palabuanratu.


Advertisement

Sementara itu Sekda Kabupaten Sukabumi, Iyos somantri menyampaikan bahwa pergub ini semangatnya adalah memuliakan bumi dan mensejahterakan masyarakat. "Pertama saya menginisiasi kerena sebagai project leader dipelatihan kepemimpinan tingkat nasional. Mengembangkan geopark telah berkontribusi pada 8 dari 17goals (SDGs) sesuai peraturan Republik Indonesia Nomor 59 tahun 2017 tentang pelaksanaan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan," paparnya.

BACA JUGA: Disambangi Tim Monitoring dan OSISCA, Ini Harapan Sekda Kabupaten Sukabumi

Usai acara Iyos Somantri menemui Gubernur Jawabarat  Ridwan Kamil. Kang Emil mengapresiasi dan dan memberikan dukungan atas inovasi Sekda Kabupaten Sukabumi. 

"Saya sudah mereview dan sangat mendukung sebuah gagasan karya inovatif yaitu tentang kolaborasi pengembangan kawasan Geopark Ciletuh, untuk menuju pariwisata berkelas dunia, yang memang sedang kami siapkan melalui peraturan peraturan. Saya merekomendasikan karya yang sangat luar biasa dari pak Iyos Somantri," ucapnya.

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

HUMAS SETDA

Reporter