Bupati Sukabumi: Harganas Momentum Evaluasi Tingkatkan Kualitas Keluarga

Kamis 13 September 2018, 13:54 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXV yang mengambil tema “Hari Keluarga Hari Kita semua” dengan tagline “Cinta Keluarga Cinta Terencana” ini merupakan momentum bagi Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sukabumi untuk melakukan evaluasi atas upaya meningkatkan kualitas keluarga.

Kata Bupati Sukabumi Marwan Hamami pada acara Peringatan Hari Keluarga Nasional XXV Tingkat Kabupaten Sukabumi Tahun 2018 di Lapang Cijagung Kecamatan Kadudampit, Kamis (13/9/2018).

Pada acara tersebut Bupati Sukabumi menyerahkan penghargaan dan bantuan sembako kepada Tim Penggerak Desa, Tenaga Penyuluh Penggerak Desa dan Masyarakat yang berprestasi di bidang Keluarga Berencana.

Marwan mengatakan, Harganas ini merupakan hari khusus yang dimaksudkan untuk mengingatkan pada seluruh masyarakat akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara. Keluarga akan selalu menghidupkan, memelihara dan memantapkan serta mengerahkan kekuatan tersebut sebagai perisai dalam menghadapi persoalan yang terjadi. Karena keluarga sebagai wadah utama dan pertama dalam membina anak-anak.

“Oleh Karena itu, dengan tema Harganas dapat menjadi pemicu bagi keluarga untuk terus memperkokoh ketahanan keluarganya dan mampu melahirkan generasi emas bagi penerus bangsa yang berkarakter,” harapnya.

Dikatakannya, peringatan Harganas hendaknya tidak menjadi acara seremonial saja, tetapi  harus menjadi momentum yang betul - betul dipahami nilai strategisnya, karena keluarga sesungguhnya merupakan “Center of development”. Keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari suami istri atau suami, istri dan anaknya yang merupakan lingkungan pertama dan utama dalam pembinaan tumbuh kembang, memanamkan nilai nilai moral serta pembentukan kepribadian.

BACA JUGA: Resmikan Pasar Tradisional dan Pustu, Bupati Sukabumi: Blak-blakan Soal Pembangunan

“Hari ini kita melaksanakan peringatan Harganas ke 25 Tingkat Kabupaten Sukabumi, dimana kegiatan ini untuk memberikan motivasi dorongan dan semangat bagi Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, dimana tujuannya adalah bagaimana peran dari keluarga dapat di kuatkan sebagai pemicu pertumbuhan bagi aklselerasi pembangunan Sukabumi yang lebih baik,“ terangnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Aisah menyampaikan, keluarga  sebagai unit masyarakat terkecil  berperan sebagai  sumber kekuatan untuk membangun bangsa. Oleh karena itu, untuk mengingatkan hal tersebut   maka pada tanggal 29 Juni ditetapkan sebagai Harganas.

Adapun  tujuannya adalah untuk mengintensifkan konsolidasi internal seluruh pengelola program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga serta untuk mensosialisasikan seluruh program - programnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 23:48 WIB

Yudi Suryadikrama Respon Perundingan Kebonpedes Soal Dukungan Maju Pilkada Sukabumi

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama merespon pernyataan sejumlah kader partai yang memintanya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sukabumi 2024.
Yudi Suryadikrama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Opini19 April 2024, 21:44 WIB

Menjadi Lelaki Berkualitas: Inspirasi dari Kartini

Sosok Kartini, seorang pejuang kesetaraan gender dari Indonesia pada abad ke-19, memberikan pandangan yang menarik dan relevan, bukan saja bagi perempuan, bahkan bagi kaum laki-laki masa kini.
Dr. Ari Riswanto, M.Pd., MM / Dosen Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi/Pengurus DPW Forum shilaturahmi Doktor Indonesia | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi19 April 2024, 21:08 WIB

Dinsos Sukabumi Salurkan Program Makan Untuk Lansia Di Tegalbuleud Sukabumi

Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, bantu salurkan program bantuan makanan bagi lanjut usia (Lansia), yang merupakan program Kemensos RI.
Program makan bagi lansia di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 21:04 WIB

Kronologi dan Dugaan Penyebab Meninggalnya Siswi Sukabumi saat Ikut Tes Seleksi Paskibraka

Berikut kronologi dugaan penyebab meninggalnya Kayla Nur Syifa Siswi Sukabumi peserta seleksi Paskibraka.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Life19 April 2024, 20:29 WIB

5 Penjelasan Kenapa Seseorang Mudah Menangis Tanpa Sebab

Ketika seseorang menangis tanpa alasan yang jelas, hal itu seringkali dapat menjadi pengalaman yang membingungkan dan membuat frustrasi.
Kenapa seseorang mudah menangis tanpa sebab | Foto : pixabay/jouycristoo
Sukabumi19 April 2024, 20:11 WIB

Ratusan Buruh Garmen di Cicurug Sukabumi Demo Tuntut Perusahan Bayar Gaji

Ratusan buruh pabrik garmen berdemonstrasi di depan halaman PT Indo Garment Lestari (IGL) tepatnya di Kampung Bojong Pereng, Desa Nyangkowek, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024).
Sejumlah buruh pabrik garmen melakukan aksi demo di depan halaman PT IGL | Foto : Ibnu Sanubari