Menu

Kamis, 28 Juni 2018, 20:45 WIB

Bupati Sukabumi: TPI Higienis Wujudkan Industrialisasi Perikanan

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami saat menyampaikan sambutan pada acara halal bihalal 1439 H keluarga besar PPNP. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kabupaten Sukabumi memiliki potensi perikanan dan pariwisata yang sangat besar untuk terus dikembangkan yang memiliki panjang pantai 117 kilometer mulai dari Cibareno (berbatasan dengan Kabupaten Lebak Provinsi Banten) sampai dengan Cibuni berbatasan dengan Kabupaten Cianjur.

Hal itu diungkapkan Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat memberikan sambutan pada acara Halal Bihalal 1 Syawal 1439 H keluarga besar Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu (PPNP) di halaman Gedung Kantor PPNP Dermaga Palabuhanratu, Kamis (28/06/2018).

BACA JUGA: Soal Berita Bupati Sukabumi Perbolehkan ASN Terima Bingkisan Lebaran, Ini Sanggahan Kasubag Setda

Menurutnya potensi nilai perikanan di Palabuhanratu jika dikelola dengan baik maka akan terus meningkat karena berbatasan dengan Samudera Hindia yang potensi sumber ikannya sangat melimpah.

Oleh karena itu, Marwan berharap dengan adanya Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Higienis Palabuhanratu dapat mendukung pelaksanaan sistem jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan di Palabuhan Perikanan atau pangkalan pendaratan ikan Kabupaten Sukabumi, maka dari itu pelaku usaha perikanan baik nelayan maupun bakul agar dapat memanfaatkan sarana dan prasarana TPI  Higienis yang telah dibangun oleh pemerintah.

"Untuk mewujudkan industrialisasi perikanan Palabuhanratu, maka harus ada peningkatan kapasitas PPNP serta pembangunan TPI Higienis Palabuhanratu yang alhamdulillah saat  ini telah selasai pembangunannya," terangnya.

Sementara itu Kepala PPNP, Alie Abdoel Cholieq menambahkan, di Palabuhanratu jumlah kapal saat ini kurang lebih 500 kapal.

"Jumlah kapal yang ada di kita cukup lumayan banyak namun 80 persen, dari jumlah tersebut didominasi oleh kapal kecil yang merapat ke pelabuhan dengan jumlah nelayan sekitar 2.500 orang," terangnya.

BACA JUGA: Pemkab Sukabumi Keberatan Soal Berita Bupati Izinkan Pejabat Terima Bingkisan

Di moment halal bihalal ini, Alie pun tak lupa mengajak untuk berlapang dada serta membuka hati untuk saling maaf dan memaafkan antar sesama manusia khususnya keluarga besar PPNP.

"Sebagai umat islam mari kita saling maaf memaafkan atas kekhilafan yang telah kita perbuat," pungkasnya.

Reporter : HUMAS SETDA/ADV
Redaktur : KHAERU SOBRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Perkembangan globalisasi yang semakin pesat dimana setiap negara dituntut untuk bisa menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan bisa bersaing di kancah global. Dalam menciptakan sumber daya manusia...

SUKABUMIUPDATE.com - Nining (53 tahun), warga Kampung Cibunar RT 05 RW 02 Desa Gedepangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi sebelumnya telah dikabarkan meninggal karena terbawa arus ombak di pantai Citepus...

SUKABUMIUPDATE.com – Usai lebaran Idul Fitri, sejumlah fasilitas kesehatan di Kabupaten Sukabumi diserbu warga yang mengalami keluhan medis. Di Palabuhanratu, asam lambung atau dispepsia K30 tercatat sebagai penyakit yang...

SUKABUMIUPDATE.com - Jenis tanaman langka Raflesia Padma yang beberapa saat lalu di temukan di Hutan Cadangan Cipeucang Geopark Ciletuh Palabuhanratu menambah daftar kekayaan hayati di Area delinasi wisata Geopark Ciletuh...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya