Dewan Dorong PDAM Kabupaten Sukabumi Sumbang PAD

Sabtu 24 Februari 2018, 16:47 WIB

SUKABUMIUPDTE.COM - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mandiri Kabupaten Sukabumi Diminta segera menunjukkan kinerja dan mulai menyumbang pendapatan asli daerah (PAD).

Pergantian pucuk pimpinan di perusahaan air plat merah yang baru dilakukan seharusnya jadi momentum untuk bergerak cepat, dengan target utama melampaui standar minimum cakupan pelayanan air bersih pada masyarakat.

Menurut Ketua Komisi III Dewan perwakilan Rakyat Derah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, Anjak Priatama Sukma saat ini pemerintah daerah harus segera melengkapi struktur pimpinan di PDAM Tirta Mandiri.

Posisi direktur keuangan dan direktur umum perusahaan daerah ini kosong pasca ditinggal Kamaludin Zein yang naik menjadi direktur utama.

"Terserah pak bupati siapa yang akan menduduki dua posisi penting di PDAM ini. Mau orang dalam atau luar, intinya harus berdasarkan kemampuan figur dan lepas dari tekanan kelompok dan politik," tegas Anjak kepada sukabumiupdate.com via telepon, Kamis (11/8).

Anjak menambahkan dua kursi direktur di PDAM ini vital untuk menunjang akselerasi kinerja PDAM Tirta Mandiri yang saat ini mematok peningkatan layanan air bersih pada tahun 2017.

"Visi dan Misi Dirut PDAM baru sulit terwujud jika tidak didukung oleh jajaran teknis yang miliki kemampuan dan kinerja baik," ujar Anjak, politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Selain pelayanan air bersih yang ditingkatkan PDAM Tirta Mandiri, lanjut Anjak harus tetap berorientasi menyumbang PAD Kabupaten Sukabumi.

Visi ini memerlukan kerja tim yang baik dan solid, karena tantangan tersebut membutuhkan kerja keras seluruh jajaran PDAM untuk membangun jaringan dan infrastruktur guna mengejar masih rendahnya cakupan pelayanan air bersih bagi masyarakat di Kabupaten Sukabumi.

"Dalam aturan PDAM itu harus memenuhi standar minimun cakupan pelayanan air bersih dulu baru bisa berbicara profit dan menyumpang PAD. Jalannya masih panjang tapi harus diperjuangkan dari sekarang, jangan hanya jalan ditempat targetan setiap tahunnya harus jelas dan terukur," ungkap Anjak, yang juga salah satu putera mantan Bupati Sukabumi, Sukmawiaya.

Data yang dihimpun sukabumiupdate.com PDAM Kabupaten Sukabumi akan ajukan modal kerja ke Provinsi Jawa Barat sebesar 2,5 miliar rupiah, untuk meningkatkan potensi dan layanan air bersih pada tahun 2017.

Dalam lima tahun ke depan PDAM akan membangun sistem pengolahan air baku atau water treatment plan (WTP) di dua wilayah yakni Kecamatan Kabandungan dan Cibadak.

PDAM Kabupaten Sukabumi saat ini memiliki lebih dari 35.000 pelanggan, belum sebanding dengan jumlah penduduk Kabupaten Sukabumi yang mencapai 2,3 juta jiwa.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi Memilih25 April 2024, 00:04 WIB

Ditutup 25 April, DPC Demokrat Jaring 7 Bacalon Bupati/Wakil Bupati Sukabumi

Tercatat sebanayk tujuh orang yang menyatakan akan maju menjadi calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan maju melalui partai demokrat
Bambang Topan Firmasyah bakal calon wakil Bupati di Pilkada 2024 saat mendaftar di Kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 23:27 WIB

Dinas PU Perbaiki Titik Kerusakan di Jalan Ahmad Yani Palabuhanratu Sukabumi

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi melakukan perbaikan jalan rusak yang sempat menjadi keluhan warga di ruas Jalan Jendral Ahmad Yani, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu.
Petugas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi perbaiki jalan Jendral Ahmad Yani di Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi24 April 2024, 22:55 WIB

Pelaksanaan PSAJ Tingkat SMP di Kabupaten Sukabumi Diikuti 25.576 Siswa

Pelaksanaan ujian sekolah kini berganti nama menjadi Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ).
Siswa SMPN 1 Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi saat mengikuti Penilauan Sumatif Akhir Jenjang atau PSAJ | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 April 2024, 22:03 WIB

Pengelola Parkir Pasar Surade Sukabumi Anggap Keluhan Pengunjung Bahan Evaluasi

Pengelola parkir di Pasar Surade Kabupaten Sukabumi memberikan tanggapan terkait keluhan pengunjung soal tata cara memungut uang parkir yang dilakukan oleh petugas.
Kondisi pasar Surade Sukabumi pada, Rabu (24/4/2025) | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi24 April 2024, 21:13 WIB

Pria Paruh Baya Tewas Tergantung di Bojonggenteng Sukabumi Tinggalkan Secarik Surat

Belum diketahui motif bunuh diri yang dilakukan pria paruh baya di Bojonggenteng Sukabumi tersebut.
(Foto Ilustrasi) Pria paruh baya ditemukan tewas tergantung di Bojonggenteng Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 21:00 WIB

Kaya Vitamin C, Inilah 10 Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan

Jeruk Bali mengandung vitamin C yang tinggi, yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, membantu penyembuhan luka, dan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.
Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan. Foto: Instagram/@uyah_oyok
Life24 April 2024, 20:40 WIB

Mengejutkan, Ini 10 Alasan Mengapa Anak Berperilaku Buruk dan Cara Menanganinya

Anak-anak umumnya akan menunjukkan perasaan dan keinginan mereka dalam bentuk perilaku yang belum mampu diutarakan dengan beberapa alasan yang mengejutkan.
Ilustrasi anak berperilaku buruk. (Sumber : Freepik)
Sukabumi24 April 2024, 20:30 WIB

Bupati Sukabumi Antarkan 150 Penerima Beasiswa Bupati Tahun 2024 ke Universitas Nusa Putra

Sebanyak 150 penerima beasiswa Bupati Sukabumi tahun 2024 di Universitas Nusa Putra tersebut merupakan hasil seleksi dari ribuan peserta.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami, Civitas Akademika Universitas Nusa Putra dan 150 penerima beasiswa tahun 2024. (Sumber : Istimewa)
Sehat24 April 2024, 20:30 WIB

7 Cara Sehat dengan Perubahan Gaya Hidup untuk Menurunkan Gula Darah

Perubahan gaya hidup sederhana ini untuk meminimalkan perubahan gula darah dan mengontrol kadar gula Anda.
Ilustrasi - Perubahan gaya hidup sederhana ini untuk meminimalkan perubahan gula darah dan mengontrol kadar gula Anda. (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi Memilih24 April 2024, 20:25 WIB

5 Bakal Calon Bupati Sukabumi Resmi Mendaftar ke PKB

Ketua Desk Pilkada DPC PKB Kabupaten Sukabumi, Bayu Permana mengatakan selama proses penjaringan sejak dibuka hingga saat ini sudah ada 5 kandidat yang mendaftar untuk maju Pilkada Sukabumi melalui PKB.
Ketua Desk Pilkada PKB Bayu Permana saat menerima penyerahan berkas pendaftaran dari salah satu kandidat | Foto : Ist