Menu

28 Jun 2020, 17:52 WIB

Nakhoda dan Pemilik Diperiksa Polisi, Buntut Perahu Terbalik di Palangpang Sukabumi

Kapolres Sukabumi, AKBP Lukman Syarif. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Nakhoda dan pemilik perahu wisata yang terbalik di perairan Pantai Palangpang Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Minggu (28/6/2020) diperiksa polisi.

BACA JUGA: Diduga Over Muatan, Perahu Wisata Terbalik Saat Menuju Pulau Kunti di Perairan Sukabumi

Kapolres Sukabumi, AKBP Lukman Syarif mengatakan, perahu yang sempat tenggelam merupakan perahu milik nelayan sekitar dengan panjang 12 meter dan lebar 1,30 meter. Perahu tersebut seharusnya memiliki standar kapasitas penumpang sebanyak 15 Orang.

"Nakhoda dan pemilik kapal kita amankan untuk menjalani pemeriksaan. Adapun perahu tersebut tidak dilengkapi SOP berupa Live Jaket Pas Kapal, SKK," ujarnya.

BACA JUGA: Seluruh Penumpang Perahu Terbalik di Pantai Palangpang Sukabumi Selamat

Para penumpang yang tenggelam, sambungnya, merupakan wisatawan yang akan berwisata laut. Naik menggunakan perahu dari Pantai Palangpang Ciletuh dengan tujuan ke Pasir Putih atau Pulau Kunti.

"Nah, kurang lebih baru menempuh perjalanan sekitar 700 meter dari bibir pantai dengan kedalaman empat meter tiba-tiba perahu terbalik dan tenggelam akibat kelebihan kapasitas penumpang," jelasnya.

BACA JUGA: Perahu Terbalik di Pantai Palangpang Sukabumi, Angkut Wisatawan Asal Bogor

Masih kata Lukman, korban tenggelam dalam perahu berjumlah 33 orang, dan semuanya dinyatakan selamat. Korban diantaranya wisatawan dari Kampung Genteng, Desa Cipicung, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor.

"Kasatpol air, Kapolsek Ciemas, tim kedokteran kepolisian Polres Sukabumi diminta membantu evakuasi dan berkoordinasi dengan rumah sakit terdekat. Aantisipasi adanya penumpang yang memerlukan perawatan. Kita juga imbau pengusaha kapal untuk mengutamakan keselamatan. Sediakan life vest, pehatikan kelaikan perahu dan batas maksimal penumpang. Jangan sampai kejadian serupa terulang lagi," tandasnya.

Reporter : NANDI
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Imunitas seperti lari maraton yang dilakukan dengan jarak dan waktu yang panjang. Tak ada imunitas yang didapat hanya dengan mengonsumsi suplemen atau makanan tertentu. Dikutip dari Tempo.co, Profesor...

SUKABUMIUPDATE.com - Setiap kali keluar dari kamar mandi, ada perasaan segar, aroma tubuh wangi, dan kulit terasa kencang. Tapi kadang-kadang ada beberapa hal salah yang dilakukan orang saat mandi,...

SUKABUMIUPDATE.com - Saat ini, marak penyanyi yang membawakan ulang lagu yang sudah pernah dibawakan penyanyi lain alias melakukan cover lagu di sejumlah platform media sosial seperti YouTube. Mengutip Tempo.co, terkait...

SUKABUMIUPDATE.com - Pemain dan staf pelatih Persiraja Banda Aceh menyepakati pemotongan gaji 50 persen ketika kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2020 kembali digelar. Mengutip Tempo.co, pelatih Persiraja Hendri Susilo di...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya