Dituduh Rebut Rumah Warga Kalapanunggal Sukabumi, Jasa Kredit Ungkap Fakta Lain

Sabtu 29 Februari 2020, 10:46 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Rumah milik IC, warga di Kampung Pojok, Desa Palasari Girang, Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi, sempat jadi sorotan setelah dikabarkan bermasalah dengan rentenir atau pemberi pinjaman (kredit). Rumah saat ini dikuasai pemberi pinjaman karena IN, anak IC, tak mampu melunasi utang senilai Rp 60 juta dengan angsuran Rp 6 juta per bulan, yang harus dilunasi selama 10 bulan.

BACA JUGA: Cerita Warga Kalapanunggal Sukabumi yang Rumahnya Direbut Rentenir

Rumah milik keluarga IC saat ini memang dikuasasi EV penyedia jasa kredit emas asal Desa Palasari Girang, Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi. Kepada sukabumiupdate.com, EV membeberkan duduk masalah pinjaman yang berujung penguasaan rumah milik keluarga IN da IC. “IC dan anaknya IN tak sanggup membayar utang sebesar Rp 60 juta,” jelas EV, Sabtu (29/2/2020).

EV menyebut IN merupakan anak buahnya yang sudah lama bekerjasama di jasa perkreditan emas. IN sering kali mendatangkan seseorang yang hendak membeli atau mengajukan kredit emas. "Dari awal IN sering mendatangkan orang yang mau ngambil emas," ujarnya.

BACA JUGA: Komisi III Dorong Pemkab Sukabumi Bentuk Satgas untuk Persempit Gerak Rentenir

Lanjut EV, saat waktu penyetoran tiba IN selalu beralasan orang-orang yang direkomendasikan itu macet membayar. Ia tak tinggal diam, dan mendatangi orang-orang yang direkomendasikan IN untuk mengkonfirmasikan hal tersebut. 

Akhirnya ia mengetahui bahwa IN memberikan ajuan fiktif lewat orang-orang suruhan dan memberikan upah sebesar Rp 30.000. "Mereka mengaku hanya jadi suruhan IN dan IC untuk mengajukan pembelian emas dengan cara kredit ini. Ketika orang-orang suruhan itu telah deal mengambil emas, emas itu diberikan ke mereka dan orang-orang suruhan itu diberikan upah Rp 30.000 sampai Rp 50.000," ungkapnya.

BACA JUGA: Bank Emok Vs DBM? Kades Bojonggenteng Sukabumi Ungkap Alasan Warga Pilih Rentenir

EV kemudian menghitung kredit macet dari ajuan fiktif IN dan menjadikannya hutang sebenar Rp 60 juta. Eva pun langsung merundingkan masalah ini, disaksikan langsung pemerintah desa setempat, dan pihak kecamatan pada tanggal 21 Mei 2018.

"Mereka meminta untuk diselesaikan secara kekeluargaan, dengan membuat kesepakatan bersama dengan poin utang Rp 60 juta ini harus dilunasi dalam jangka waktu selama 10 bulan. Bila tidak dilunasi selama itu, keluarga IN menjaminkan rumah tanah dan bangunan," ucapnya.

BACA JUGA: Soal Bank Emok, Anjak: Sukabumi Bisa Adopsi Satgas Anti Rentenir Dari Kota Bandung

EV menilai IN dan IC tidak memiliki itikad baik untuk melunasi atau menyicil hutangnya, sehingga rumah yang telah dijaminkan itu langsung dibuat Akta Jual Beli (AJB).  "Dari situ mereka setuju untuk ngontrak dan membayar Rp 4 juta itu untuk 10 bulan, dan nanti bulan April 2020 baru ditagih lagi. Ternyata janji Rp 4 juta untuk DP itu bohong," katanya.

EV dan IN sempat berupaya menggadaikan rumahnya ke ke salah satu bank yang berada di Kalapanunggal untuk menyelesaikan hutang tersebut. Namun dalam prosesnya, upaya tersebut gagal. "Saya sempat mengajukan rumah itu, tapi nama IN dan IC itu blacklist. Jadi tidak ada diajukan," tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi28 Maret 2024, 22:11 WIB

Modal Rayuan di Medsos, Playboy asal Sukabumi Ini Kencani 5 Wanita untuk Gasak Motor

Polisi berhasil menangkap seorang Playboy asal Sukabumi yang melakukan penipuan dan penggelapan motor milik korban yang dikencaninya.
Tampang HH pria asal Cisaat Sukabumi pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor korban dengan modus berkencan dan berkenalan via medsos saat diinterogasi petugas. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:11 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Perumdam TJM Sukabumi Pasang Jaringan Pipa Baru di Cikembar

Perumdam TJM Sukabumi cabang Cikembar melakukan pemasangan koneksi jaringan baru pada Kamis (28/3/2024) pagi.
Perumdam TJM Sukabumi melakukan uji coba sambungan pipa distribusi baru di Cikembar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa
Sehat28 Maret 2024, 21:00 WIB

Banyak Ditemui Pas Buka Puasa, 9 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan (Sumber : Freepik/freepik)
Inspirasi28 Maret 2024, 20:42 WIB

5 Skill yang Wajib Dipelajari dalam Dunia Kerja agar Disayang Atasan

Penting untuk memiliki keterampilan yang tidak hanya relevan dengan bidang pekerjaan yang diinginkan, tetapi juga mencakup kemampuan interpersonal, manajemen waktu, dan adaptabilitas.
Ilustrasi dunia kerja. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi28 Maret 2024, 20:02 WIB

Disdik Sukabumi Ungkap Alasan Rekrut Kepala Sekolah SD dari Guru SMP dan TK

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Khusyairin menjelaskan proses rekrutmen sebagian calon kepala sekolah yang tidak hanya berasal dari guru SD saja, namun juga dari Guru SMP dan guru TK.
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi | Foto : Sy
Sehat28 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Yang Membantu Mengatasi Asam Lambung, Yuk Cobain

Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung.
Ilustrasi Yoghurt - Ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung. | Foto: Pixabay/Pexels
Bola28 Maret 2024, 19:45 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A

Berikut link live streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC di pekan ke-30 Liga 1
Link Live Streaming Persib Bandung vs Bhayangkara FC, Duel 2 Mantan Pemain Serie A (Sumber : Instagram/persib, bhayangkarafc)
Life28 Maret 2024, 19:23 WIB

6 Cara Sederhana untuk Menjadi Orang Bijaksana dalam Hidup, Ini Kuncinya

Menjadi orang yang bijaksana sangat penting untuk membantu diri lebih arif dan tidak mudah tergesa-gesa serta mengerti tentang hakikat kehidupan.
Ilustrasi orang bijaksana. (Sumber foto : Pexels/Daryl Johnson)
KATA WARGANET28 Maret 2024, 19:13 WIB

Yusril, Sang Maha Guru untuk Jabatan

Pernyataan Mahfud MD yang beredar di sosmed bahwa Yusril Ihza Mahendra adalah Mahaguru Hukum Tatanegara, kini viral
Syaefufin Simon, Penulis | Foto : dok.pribadi