Menu

20 Nov 2019, 19:49 WIB

Polisi Kejar Pelaku Perusakan Rumah Pendukung Kepala Desa Terpilih di Pasirpanjang Sukabumi

Batu dan pecahan kaca di rumah salah seorang pendukung kades terpilih di Desa Pasirpanjang Sukabumi | Sumber Foto:istimewa

SUKABUMIUPDATE.com – Polisi tengah memburu para pelaku perusakan rumah warga Desa Pasirpanjang Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi, pada Senin malam lalu (18/11/2019). Rumah-rumah yang dirusak sehari pasca pelaksanaan Pilkades serentak itu sudah dipastikan milik pendukung calon kades terpilih.

Dari penelusuran redaksi sukabumiupdate.com, ada tiga rumah yang dirusak gerombolan orang tidak dikenal dua malam berturut-turut. Rumah keluarga Eli (40 tahun) di Kampung Cigaru diserang menggunakan batu dan bambu pada Minggu malam sekitar pukul 20.00 WIB, sedangkan rumah Ketua RT 04 Kampung Babakanpanjang, Acon Basuni (40 tahun) dan rumah milik petugas linmas Desa Pasirpanjang Usep (39 tahun) di Kampung Cigaru diserang menggunakan batu dan botol minuman anggur kolesom pada Senin malam sekitaran pukul 23.00 hingga 24.00 WIB.

“Korban memang pendukung calon kades, namun motif penyerangan belum disimpulkan terkait hasil pilkades Pasirpanjang atau urusan pribadi. Kita masih kerja para pelakunya,” jelas Bripka Monik Junaedi Kanit Reskrim Polsek Ciracap kepada sukabumiupdate.com, Rabu (20/11/2019).

Menurut Monik dua korban sudah melakukan pelaporan resmi aksi perusakan ini kepada Polsek Ciracap. Satu lainnya belum tapi sudah didata oleh petugas gabungan baik kepolisian, kecamatan, desa dan TNI.

BACA JUGA: Korban Perusakan Rumah di Pasirpanjang Sukabumi Bertambah, Teror Buntut Pilkades?

“Sejauh ini kita sudah periksa banyak saksi dan korban, untuk membongkar identitas para pelaku,” lanjut Monik.

Para korban dan saksi, tidak bisa mengenali pelaku secara jelas karena aksi perusakan terjadi malam hari dan berlangsung sangat cepat. Pelaku teridentifikasi awal berjumlah kurang lebih enam orang datang ke rumah para korban menggunakan tiga sepeda motor.

BACA JUGA: Rumah Ketua RT dan Linmas Desa Pasirpanjang Sukabumi Rusak Dilempari Botol Kolesom

“Mereka beraksi cepat, lempar dan merusakan kemudian langsung menghilang,” lanjut dia.

Polisi sendiri terus menyusuri informasi terkait identitas para pelaku yang infonya mulai terungkap. “Kami masih memberikan kesempatan untuk pelaku ini datang dan menyerahkan diri, untuk menyelesaikan masalah perusakan rumah ini. Atau kami tangkap,” pungkas Monik.

BACA JUGA: Panitia Pemilihan Purwasedar Diprotes, Ini Hasil Pilkades di Ciracap Sukabumi

Seperti diberitakan sebelumnya, di Desa Pasirpanjang ada empat calon kepala desa (kades) yang saling berebut suara masyarakat dengan jumlah hak pilih sebanyak 4.685. Berdasarkan hasil rekapitulasi suara, didapati suara sah sebanyak 3.502 dan suara tidak sah sebanyak 178 dengan persentase kehadiran 74 persen.

Dari hasil penghitungan, perolehan suara masing-masing calon sebagai berikut. Nomor urut 1, Mamat Slamet mendapat suara sebanyak 1.388. Nomor urut, 2 Usnadi mendapat suara sebanyak 1.016. Nomor urut 3, Iin mendapat suara sebanyak 45. Nomor urut 4, Pupu Sukandar mendapat suara sebanyak 875.

"Berdasarkan hasil tersebut, Pilkades di Desa Pasirpanjang dimenangkan oleh calon petahana nomor urut 1, Mamat Slamet," kata Camat Ciracap, Asep Mulyani kepada sukabumiupdate.com, Senin (18/11/2019).

 

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : FIT NW
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Pelatih timnas U-16 Indonesia Bima Sakti membutuhkan pemain bermental baja untuk berlaga di Piala Asia U-16 2020. "Pemain yang saya inginkan adalah pemain bermental baja," ujar Bima seperti...

SUKABUMIUPDATE.com - Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Rully Indrawan, bersama Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) menyambangi Koperasi Industri Kerajinan Rakyat (Kopinkra)...

SUKABUMIUPDATE.com - Seorang kuli bangunan digebuki polisi di sel tahanan Polsek Percut Sei Tuan, Polres Deli Serdang, Sumatera Utara. Dia mengaku diperlakukan seperti binatang dengan digebuki dan diinjak-injak. Kuli bangunan...

SUKABUMIUPDATE.com - Masitoh (59 tahun ) janda asal Kampung Segel RT 18/05 Desa Bojongjengkol, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi mengaku tak bisa perbaiki rumah yang nyaris roboh. Ia mengaku mengandalkan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya