Waspada! Ini Jenis Penipuan yang Sering Terjadi di Pinjaman Online

Rabu 19 Juni 2019, 07:52 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kemudahan dari transaksi pinjaman online memunculkan adanya kemungkinan para pengguna untuk bisa menggunakan fasilitas ini kapan pun dan di mana pun. Sayangnya, hal ini sering kali memicu pihak tidak bertanggung jawab yang menyalahgunakan kebocoran data dan mengambil celah untuk menjebak pengguna melalui berbagai bentuk penipuan.

Penggunaan pinjaman online mungkin belum banyak dipakai oleh masyarakat di Indonesia, tetapi bentuk kasus penipuannya bisa dikatakan sangat dekat dengan kehidupan Anda. Secara tidak langsung, Anda mungkin pernah mendapatkan tawaran yang mengacu pada penipuan pinjaman online seperti kasus-kasus berikut.

1. Pinjaman dengan Uang Muka

Banyak oknum yang sering kali memanfaatkan situasi terdesak untuk melakukan penipuan pinjaman. Bentuk pinjaman yang dijanjikan biasanya berupa fresh money dengan uang muka di depan. Jadi, Anda akan dijanjikan sejumlah uang sebelum mendapatkan uang pinjaman yang nantinya harus dibayarkan. Sayangnya, pencairan dana pinjaman tersebut tidak pernah cair meskipun calon peminjam sudah memberikan uang muka. Sebaiknya Anda langsung curiga setelah calon debitur meminta sejumlah uang di awal.

2. Gesek tunai (Gestun)

Saat Anda menggunakan layanan pinjaman online, pada praktiknya pinjaman tersebut hanya bisa dipakai untuk melakukan transaksi tertentu dari pemberi pinjaman. Jadi, Anda tidak akan menerima uang tunai sebagai pinjaman. Namun, banyak pihak yang biasanya menawarkan jasa pencairan pinjaman dalam bentuk uang tunai dari akun pinjaman online Anda.

Pencairan uang tunai dari pinjaman online lebih populer dengan sebutan gesek tunai (gestun). Jasa yang ditawarkan oleh pihak ketiga ini sangat tidak disarankan saat Anda menggunakan layanan pinjaman online.

Jumlah bunga yang dikenakan pada pencairan uang tunai tersebut biasanya lebih banyak ketimbang jumlah pembayaran yang harus dibayarkan melalui penggunaan pinjaman online dalam bentuk transaksi produk. Hal ini akan sangat merugikan Anda karena adanya keterlibatan pihak ketiga yang tidak bertanggung jawab.

3. Penyalahgunaan Detail Data Pribadi

Bentuk penipuan lain adalah penyalahgunaan data pribadi. Sebisa mungkin, jangan pernah berbagi data pribadi dengan orang lain. Hal ini bisa saja disalahgunakan dengan mendaftarkan data diri Anda untuk mendapatkan pinjaman online. Saat melakukan transaksi, pengguna tersebut akan berpura-pura sebagai Anda. Meski terkesan sepele, data pribadi seperti nama lengkap, tanggal lahir, nomor KTP, semua informasi di KTP, nama Ibu, nomor telepon (termasuk nomor rumah), dan alamat e-mail merupakan informasi pribadi yang penting dan tidak boleh diketahui oleh sembarang orang.

Layanan pinjaman online seperti traveloka paylater biasanya akan menerapkan verifikasi tambahan dengan adanya permintaan nomor One Time Password (OTP) yang dikirimkan ke nomor HP Anda. Langkah ini digunakan untuk meminimalisasi adanya kebocoran transaksi menggunakan data pribadi Anda. Biasakan juga untuk mengecek akun e-mail Anda secara berkala, terutama jika Anda memiliki beberapa alamat email yang berbeda. Jangan sampai kecolongan dengan adanya aktivitas registrasi yang tidak Anda lakukan.

4. Tidak Ada Transparansi Pembiayaan

Dana pinjaman online akan tetap dikenakan sejumlah biaya pinjaman. Namun, kesepakatan ini akan diberikan sejak awal penggunaan transaksi sehingga peminjam bisa mendapatkan transparansi biaya yang jelas. Namun, penyalahgunaan data atau gestun akan lebih merugikan Anda karena tidak adanya transparansi pembiayaan yang jelas.

Salah satu keuntungan dari penggunaan pinjaman online seperti Traveloka PayLater adalah transparansi pembiayaan yang jelas. Anda akan dikenakan bunga pinjaman flat untuk tenor cicilan yang sudah disepakati sejak awal. Hal ini tentunya memberikan rasa aman bagi para pengguna, terutama karena layanan online seperti Traveloka PayLater memberikan jaminan keamanan peer-to-peer landing yang didukung oleh Caturnusa Sejahtera Finance sebagai mitra resmi yang terdaftar dan pertama kali memiliki izin resmi dari OJK.

Pengajuan dan penggunaan pinjaman online memang lebih mudah. Namun, jangan sampai Anda terjebak dengan penyalahgunaan data dan menjadi korban penipuan dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Kecantikan29 Maret 2024, 12:30 WIB

Inilah 4 Fungsi Make Up Glitter, Bisa Bikin Hidung Tampak Mancung!

Glitter pada make-up memiliki fungsi yang beragam dan bisa memberikan tampilan yang spektakuler.
Ilustrasi. Manfaat Glitter dalam Make Up. Sumber: pixabay.com/stux
Kecantikan29 Maret 2024, 12:00 WIB

5 Warna Lipstik yang Cocok untuk Bibir Gelap Agar Tampil Lebih PD

Artikel akan membahas berbagai pilihan warna lipstik yang cocok untuk bibir gelap. Lebih lengkap dengan memberikan tips dan saran tentang warna-warna yang akan menonjolkan keindahan bibir Anda.
Ilustrasi. Rekomendasi Warna Lipstik yang Cocok untuk Bibir Gelap. Sumber: pixabay.com/AestheticJourney
Sukabumi29 Maret 2024, 11:22 WIB

RLPPD Tahun 2023: Kabupaten Sukabumi Raih 93 Penghargaan

Penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten Sukabumi pada tahun 2023 telah menorehkan prestasi yang membanggakan.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri. | Foto: Istimewa
Life29 Maret 2024, 11:11 WIB

6 Etika Ngobrol yang Membuat Anda Disenangi Banyak Orang, Ini Caranya

Terdapat beberapa sikap yang membuat seseorang disenangi banyak orang. Karena itu penting diketahui agar menjadi solusi kehidupan yang bermakna
Ilustrasi - Ada beberapa etika yang perlu diperhatikan saat ngobrol dengan orang lain terutama yang baru dikenal (Sumber : Pexels/Thirdman)
Food & Travel29 Maret 2024, 11:07 WIB

Cocok Jadi Sajian Lebaran, Intip Resep Bakso Sapi Ala Devina Hermawan! Kuahnya Super Gurih

Bakso Sapi dengan kuah super gurih ala Devina Hermawan ini tentu juga bisa jadi suguhan untuk tamu-tamu yang bersilaturahmi ke rumah Anda pada saat lebaran nanti.
Sajian lebaran untuk keluarga, resep Bakso Sapi kuah super gurih ala Devina Hermawan. | Foto: YouTube/Devina Hermawan
Life29 Maret 2024, 11:00 WIB

5 Seni Berbicara yang Membuat Anda Berwibawa di Mata Orang, Yuk Buktikan!

Seni berbicara di hadapan orang lain rupanya ada tekniknya agar dipandang berwibawa. Jadi solusi bagi orang yang ingin dihormati dan disegani.
Ilustrasi. Seni berbicara agar berwibawa. Sumber foto : Pexels/Henri Mathieu-Saint-Laurent
Sehat29 Maret 2024, 10:59 WIB

5 Jenis Makanan yang Bisa Memperpendek Umur, Hindari Mulai Sekarang!

Terdapat jenis makanan yang rupanya bisa memperpendek umur. Karena itu penting menghindarinya agar bisa berumur panjang di masa depan
Ilustrasi - Makanan yang bisa memperpendek umur (Sumber : Pexels/Alexy Almond)
Food & Travel29 Maret 2024, 10:52 WIB

Segar Banget! Resep Es Kopyor Tanpa Kelapa, Nikmat Jadi Takjil Puasa

Minuman segar dan manis ini cara membuatnya juga mudah karena menggunakan bahan-bahan mudah dijangkau.
Minuman yang segar dan manis, resep Es Kopyor Tanpa Kelapa ala Devina Hermawan. | Foto: YouTube/Devina Hermawan
Life29 Maret 2024, 10:46 WIB

5 Rahasia Cepat Kaya Orang China yang Bisa Ditiru dalam Kehidupan Sehari-hari

Orang China identik dengan pribadi yang kaya dan pebisnis. Tentunya, di balik itu semua ad acara berpikir yang membuatnya sukses sampai tujuh turunan
Ilustrasi - Cara kaya ala orang China (Sumber : Pexels/RDNE Stock project)
Kecantikan29 Maret 2024, 10:45 WIB

5 Cara Memilih Foundation yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang

Artikel ini akan mengulas beberapa tips dan trik untuk mengidentifikasi foundation yang tepat untuk kulit Anda, termasuk cara memilih warna yang sesuai, mengetahui tekstur foundation yang sesuai, dan memilih coverage atau tutupan yang sesuai dengan kulit.
Ilustrasi. Make Up. Cara Memilih Foundation yang Cocok untuk Kulit Sawo Matang. Sumber: pixabay.com