Buah Cinta di Negeri Jiran, Godeg Remaja yang Tewas Mengenaskan di Lengkong Sukabumi

Jumat 11 Januari 2019, 08:01 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kasus kematian Nujurmudin (12 tahun) atau karib disapa Godeg masih menyisakan misteri. Seperti diketahui, remaja asal Kampung Tanjung, Desa Lengkong, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi itu ditemukan tewas dalam kondisi mengenaskan. Tubuhnya penuh luka dan beberapa organ tubuhnya hilang.

Warga Kampung Tanjung mengaku sangat kehilangan Godeg, sosok anak yang dikenal rajin membantu tetangga. Apalagi, kematian Godeg menjadi luka tersendiri bagi Solihat (60 tahun), nenek Godeg. Solihat pun memaparkan kisah singkat Godeg yang sudah ia urus sedari bayi.

"Ibunya bekerja di Malaysia 14 tahun lalu, lalu pulang karena mengandung hasil pernikahannya dengan orang Malaysia. Anak itu adalah Godeg. Setelah melahirkan Godeg, ibunya kembali ke Malaysia saat usia Godeg baru enam bulan," ulas Solihat dengan raut wajah penuh kesedihan.

Solihat mengatakan, perawakan Nujurmudin yang penuh bulu dan berbeda dengan anak lainnya membuat orang-orang di Kampung Tanjung memanggilnya dengan sebutan Godeg. Sembari melamunkan cucunya, tampak raut kesedihan dari nenek tua yang merawat Godeg hingga usia tujuh tahun ini.

Solihat mengaku sangat terpukul dan kehilangan atas kematian cucu kesayangannya itu. Ia pun melanjutkan cerita Godeg semasa hidup yang dikenal sangat rajin dan suka membantu siapapun tanpa harus disuruh.

"Anaknya sangat baik, penurut tapi jarang bicara. Jika dimarahi ayah tirinya, ia hanya diam tak banyak bicara. Karena dari bayi saya yang merawat, dia lebih dekat dengan saya ketimbang ibunya," sambung Solihat tak henti meneteskan air matanya.

Solihat mengulas sedikit alasan Godeg berhenti sekolah karena keterbatasan biaya. Meski saat itu Godeg tak pernah malas untuk sekolah. Bahkan Godeg pun terpaksa mengaji dirumah karena keinginan ayah dan ibunya.

"Mungkin karena ayah tiri, jadi kurang memperhatikan masa depannya. Padahal anaknya masih mau sekolah, ia pun terpaksa putus sekolah sampai kelas 4 saja," paparnya.

Sebelum mayat Godeg ditemukan tak bernyawa dengan luka mengenaskan disekujur tubuhnya, Solihat mengaku tak mendengar suara atau pertengkaran apapun. Ia hanya tahu setelah ibunya mencari Godeg pada siang hari dan menceritakan bahwa Godeg pergi dari rumah setelah dibangunkan untuk mengaji subuh.

BACA JUGA: Kematian Godeg Belum Terungkap, Warga Lengkong Sukabumi Resah

"Memang ayah tirinya sangat tegas. Dimarahi sih sering, namun Godeg biasanya bisa menerima dan tak pernah sampai pergi dari rumah," jelasnya.

Setelah 36 jam Godeg menghilang, pihak keluarga menyusuri setiap sudut kampung. Hingga akhirnya Abdurahman (21 tahun) dan Ilham (22 tahun) yang tak lain adalah kakak dan paman Godeg disuruh oleh Solihat untuk melihat ke ladang yang biasa Godeg tunggui.

"Firasat saya Godeg tidak jauh dari ladang tempatnya bekerja, karena anaknya pemalu. Makannya saya suruh kakaknya untuk melihat ke arah sana," imbuhnya.

Dari keterangan warga dan nenek Godeg, selepas putus sekolah Godeg seringkali disuruh Ayah tirinya untuk menunggu padi yang siap panen agar tidak diserang hama burung di sawah yang lumayan jauh dari perkampungan tersebut.

BACA JUGA: Kasus Mayat Tanpa Bola Mata dan Organ Dalam di Sukabumi, Polisi Bentuk Tim Khusus

"Selama satu bulan menjelang panen setiap hari Godeg menjadi pengusir hama. Dalam satu bulan ia menetap di saung dekat jasadnya ditemukan itu," sambungnya.

Godeg yang sudah paham dan sudah terbiasa dengan kondisi dan lingkungan dimana menjadi lokasi penemuan mayatnya seolah menepis pemikiran jika ia meninggal karena kecelakaan atau binatang buas.

"Saya meminta dan berdoa agar saya dipertemukan dengan cucu saya baik dalam mimpi atau apapun, agar dia bisa bercerita kenapa ia sampai meninggal agar ia tenang disana," pungkas Solihat sambil mengusap air matanya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat29 Maret 2024, 06:00 WIB

6 Buah-buahan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Lambung, Yuk Simak Apa Saja!

Berikut ini buah-buahan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - 6 Buah-buahan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Lambung, Yuk Simak Apa Saja! (Sumber : pexels.com/Melike A.)
Science29 Maret 2024, 05:30 WIB

Sedia Payung! Prakiraan Cuaca Jabar 29 Maret 2024 Didominasi Hujan Saat Siang

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 29 Maret 2024
Ilustrasi. Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 29 Maret 2024 (Sumber : Unplash/Gabriel Garcia Marengo)
Sukabumi29 Maret 2024, 04:06 WIB

Buka Jalur Darurat di Dekat Jalan Amblas, Warga Simpenan Sukabumi Patungan Sewa Lahan

Warga Desa Mekarasih Simpenan Sukabumi patungan menyewa lahan agar bisa memakai dan membuka jalan darurat di dekat jalan yang amblas.
Jalan alternatif penghubung Kecamatan Warungkiara dan Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi amblas pada Jumat (15/3/2024) (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 04:00 WIB

9 Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental

Meskipun tidak semua orang harus bangun pagi untuk merasakan manfaat kesehatan ini. Akan tetapi, bagi banyak orang, bangun pagi secara konsisten dapat menjadi langkah penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.
Ilustrasi. Bangun Tidur. Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental. Sumber: Freepik/freepik
Sukabumi29 Maret 2024, 03:21 WIB

Terekam CCTV, Dua Pria Beraksi Pecah Kaca Mobil Lalu Gondol Tas Sekolah di Brawijaya Sukabumi

Waspada, korban pecah kaca mobil yang terekam CCTV ini mengaku sudah kedua kalinya mengalami kejadian serupa di Brawijaya Sukabumi.
Tangkapan layar video CCTV dua pria beraksi pecah kaca mobil di Jalan Brawijaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel29 Maret 2024, 03:00 WIB

Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri

Yuk Recook Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri!
Ilustrasi. Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri. Sumber Foto : Instagram/@sukabikinkue
Life29 Maret 2024, 00:57 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ini 6 Etika Makan di Depan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Saat makan dengan calon mertua, etika makan yang benar sangat penting untuk diperhatikan dan dapat memengaruhi kesan pertama yang Anda buat pada mereka.
Ilustrasi makan makan bersama calon mertua. (Sumber : Pixabay)
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)