Light Dark

Merasa Ditipu, Pencari Kerja Laporkan Perusahaan Asal Cibatu Sukabumi ke Polisi

Hukum | 25 Apr 2018, 07:58 WIB
Salah satu pencari kerja menyampaikan keterangan ke polisi. | M Syahrul Himawan

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak delapan calon tenaga kerja melaporkan PT Investama Komando Security (IKS) ke Polres Sukabumi Kota, Rabu (25/4/2018). Mereka mengaku pimpinan perusahaan yang menjanjikan penyaluran kerja ke perusahaan pabrik sepatu.

Para pelapor membawa sejumlah dokumen sebagai barang bukti. Satu diantaranya berupa kwitansi pembayaran dengan kop Badan Usaha Jasa Pengamanan Investama Komando Security yang beralamat di Kampung Cibatu Caringin, Desa Nagrak, Kecamatan Cisaat.

BACA JUGA: Soal Penipuan Pencaker, Ini Kata Sekretaris Disnakertrans Kabupaten Sukabumi

"Saya mendapat kabar bahwa ada penerimaan calon pegawai melalui PT IKS. Saya datang untuk mengajukan lamaran kerja dan diminta sejumlah uang untuk biaya seragam dan administrasi," ujar Sutisna (23 tahun), ditemui sukabumiupdate.com di halaman Polres Sukabumi Kota.

Sutisna mengetahui, ada 70 calon tenaga kerja yang melamar dan melakukan pembayaran administrasi pada bulan Februari lalu. Nominalnya variatif, mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 4 juta per orang.

"Total uang yang diberikan dari 70 calon pegawai hampir 100 juta rupiah. Kami dijanjikan berkerja pada tanggal 3 Maret 2018," tuturnya.

BACA JUGA: Niat Cari Kerja, Lima Pemuda Malah Kena Tipu Oknum Kadin Kabupaten Sukabumi

Namun hingga saat ini, Ia mengaku tak kunjung diberikan perkerjaan yang dijanjikan. Sempat meminta klarifikasi, namun tak ada kepastian uang yang sudah dibayar akan dikembalikan.

"Kami sempat ditahan untuk tidak melapor ke kepolisian, jika melapor kami yang akan dituntut balik," kata Sutisna.

Hingga berita ini disusun, para Pencari Kerja lainnya yang juga melaporkan PT Investama Komando Security, tengah menyampaikan keterangannya kepada penyidik.

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

M SYAHRUL HIMAWAN

Reporter