//
Menu

15 Okt 2020, 13:37 WIB

Tanpa Pupuk Kimia, Poktan Binaan Aqua di Cicurug Sukabumi Panen Padi Sehat 

Kelompok Tani Sri Asih II bersama Aqua melaksanakan panen padi sehat di Kampung Papisangan, Desa Caringin, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Kamis (15/9/2020). Panen dihadiri Kades Caringin serta Camat Cicurug. | Sumber Foto:Syahrul Himawan

SUKABUMIUPDATE.com - Kelompok Tani (Poktan) Sri Asih II bersama Aqua melaksanakan panen di lokasi demontrasi plot atau demplot padi sehat di Kampung Papisangan, Desa Caringin, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Kamis (15/10/2020). 

Panen padi ini merupakan inisiasi dari program CSR PT Aqua Golden Mississippi Mekarsari yang bertujuan untuk memberdayakan para petani di kampung tersebut sehingga perekonomian petani meningkat. Padi sehat merupakan inovasi bertani yang efisien dan cara ini diklaim lebih ramah lingkungan karena tanpa pupuk kimia.

BACA JUGA: Harga Gabah Anjlok di Tengah Pandemi, Petani Sukabumi Rugi Miliaran Rupiah

CSR Manager PT Aqua Golden Mississippi, Cacas Suwarna mengatakan, dalam program CSR kali ini Aqua ingin membantu masyarakat dalam sektor pertanian. Berdasarkan hasil mapping sosial, para petani di kampung ini sangat membutuhkan bantuan terkait pengetahuan ataupun pengelolaan. 

"Artinya ada satu kebutuhan di satu lokasi di kampung ini. Awalnya kita coba gali dan ternyata ada pontesi disini. Kemudian kita kerjasama dengan masyarakat kelompok tani Sri Asih II, Alhamdulillah kelompok ini mau berkolaborasi satu dengan lainnya sehingga tercipta program seperti ini," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, di lokasi.

BACA JUGA: Kejar Stok Pangan Ditengah Situasi Corona, Distan Sukabumi Target 814 Ribu Ton Panen Padi

Untuk saat ini program tersebut akan berkelanjutan diberikan kepada para petani di kampung ini, lantaran pertanian mereka belum bisa berjalan secara mandiri. Cacas menegaskan, berkelanjutan disini dalam arti sampai dua tahun atau tiga tahun kedepan. 

"Ketika kita lepas kelompok ini bisa berkesinambungan berkelanjutan dan mandiri. Sehingga kita bisa mencari lokasi lain. Ini baru tahun pertama sudah banyak yang bisa dimanfaatkan," imbuhnya

Selain petani, para santri yang berada di kampung tersebut juga diberdayakan. Cacas menuturkan, mereka belajar mengolah sampah agar menjadi pupuk organik sehingga bisa dimanfaatkan untuk pertanian kelompok tersebut. 

BACA JUGA: Petani Cisolok Sukabumi Kembangkan Black Madras, Tanaman Padi dari Jepang

"Sampai saat mereka belum mandiri sehingga program ini masih berkelanjutan dan ini baru satu tahun. Tunjuan diberikannya program ini untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sehingga berdampak pada pola hidup, dan paradigma," tandasnya

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Sri Asih II, Abdul Kholiq mengatakan, dengan ada pemberdayaan ini ia menjadi paham seperti apa pembuatan pupuk organik yang baik. 

"Saya sangat berterima kasih atas ada bantuan ini kami jadi bisa mendapatkan pengetahuan dari sektor pertanian. Awalnya kami tidak membuat pupuk, adanya program ini kamu bisa membuat pupuk organik sehingga kami tidak menggunakan pupuk kimia," katanya.

Di lokasi yang sama, Camat Cicurug, Wawan Godawan mengatakan, ini adalah upaya yang dilakukan PT Aqua Golden Mississippi dalam pemanfaatan lahan yang sangat terbatas. 

"Artinya bagaimana meningkatkan penghasilan dari para petani itu sendiri. Dalam hal ini para petani ini menanam menggunakan pupuk organik, untuk mengarah kesana perlu proses untuk menghilangkan unsur kimia pasca penggunaan sebelumnya," tandasnya.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Reporter : SYAHRUL HIMAWAN
Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Sebuah ruang kelas di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darul Ulum Desa Rambay, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi ambruk pada Sabtu (5/12/2020) sekira pukul 05.00 WIB. Perangkat Desa Rambay Samhudin mengatakan,...

SUKABUMIUPDATE.com – Jumlah petugas medis dan tenaga kesehatan di Indonesia yang wafat akiba Covid-19 tris bertambah. Bahkan - Dalam kurun waktu seminggu pertama bulan Desember 2020, angka kematian tenaga...

SUKABUMIUPDATE.com - Pemuda Kampung Cipeusing RT 01/05 Desa dan Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi, berinisiatif mendirikan Bank Sampah Cipeusing (BSC). Selain untuk memberikan kesadaran warga untuk tidak membuang sampah ke Sungai...

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi Ferry Gustaman mengatakan, memasuki masa tenang pilkada serentak 2020 ini pihaknya akan melakukan pemusnahan surat suara yang rusak. Ferry menuturkan, format...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya