Menu

17 Sep 2020, 12:35 WIB

Di Tengah Pandemi, Berapa Target PAD Pasar di Kabupaten Sukabumi?

Suasana Pasar Cicurug, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Syahrul Himawan

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (DPKUKM) Kabupaten Sukabumi Ardiana Trisnawiana menuturkan, ada target PAD yang harus dipenuhi dari seluruh pasar di Kabupaten Sukabumi. 

Menurut dia, target PAD dari semua pasar yang ada di Kabupaten Sukabumi yaitu Rp 1 miliar pertahun. "Untuk kabupaten Rp 1 miliar dari pasar. Semua pasar," kata Ardiana beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: DPRD Kota Tangsel Belajar Tarik Retribusi Pasar di Kabupaten Sukabumi

Ardiana mencontohkan target PAD di Pasar Semi Modern Cicurug yaitu Rp 193 juta per tahun. Menurut dia, target retribusi Pasar Cicurug selalu sesuai seperti yang diharapkan. "Ini adalah pasar yang selalu tercapai targetnya," jelasnya.

PAD di Pasar Cicurug, kata Adriana berasal dari retribusi kios dan los kemudian dari pengelolaan parkir. Untuk parkir di Pasar Cicurug ini, kata Adriana, masuknya pajak parkir. 

BACA JUGA: Pengelola Pasar Sagaranten Ngeluh, PAD Merosot Terpaksa Kurangi Tenaga Kerja

"Pertanyaannya parkir itu retribusi atau apa? Kalau retribusi urusannya Dishub. Kalau disini (pasar) urusannya pajak. Kalau yang mengelola bayar ke Pemdanya dua. Pertama retribusi pemakaian kekayaan daerah (masuknya) ke DPKUKM, dari sana penghasilan harus bayar pajak. Nah kalau yang dipinggir jalan yang dibawah dishub, itu retribusi. Jadi ada retribusi parkir ada pajak parkir," jelasnya.

Adriana menuturkan, untuk saat ini PAD dari pasar yang ada di Kabupaten Sukabumi terpengaruh adanya Pandemi Covid-19. Menurut dia, penarikan retribusi kios dan los masih berjalan namun DPKUKM juga memaklumi keadaan pedagang saat pandemi. "Penarikan retribusi masih dilakukan. Namun ketika pedagang itu belum bisa membayar jangan dikejar," tandasnya.

Reporter : SYAHRUL HIMAWAN
Redaktur : ANDRI SOMANTRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 89 personel Satpol PP Kabupaten Sukabumi diterjunkan dalam tim Gabungan Operasi Yustisi Covid-19. Kepala Satpol PP Kabupaten Sukabumi Acep Saepudin, mengatakan, Satpol PP tergabung bersama TNI, Polri...

SUKABUMIUPDATE.com - Beberapa jam lalu sebuah video evakuasi para korban kecelakaan Bus Sudiro Tunggal Jaya di Tol Cipali beredar di media sosial. Video ini nampak diambil beberapa menit setelah...

SUKABUMIUPDATE.com - Satuan Tugas Percepatan Penanganan (STPP) Covid-19 Kota Sukabumi merilis update terbaru hasil penanganan Covid-19, Minggu (20/9/2020). Dalam update harian, STPP Covid-19 Kota Sukabumi mencatat masih ada 18 dari...

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bertepatan dengan Hari Konservasi Alam Nasional 2020 mengumumkan kelahiran sepasang badak jawa di Taman Nasional Ujung Kulon. Melansir Suara.com, Direktur Jenderal Konservasi Sumber...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya