Simak Tips Berikut Ini, untuk Anda yang Ingin Bisnis Truk Makanan

Minggu 28 Juni 2020, 02:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Truk makanan adalah kendaraan besar dengan dapur untuk membuat dan menyajikan makanan. Bisnis makanan ini bermunculan di seluruh Amerika Serikat dan semakin populer di negara lain, termasuk di Indonesia. Biasanya food truck ini ada di bazaar makanan atau di kawasan publik yang biasa dikunjungi orang kala senggang.

Dikutip dari tempo.co, banyak pengusaha memilih truk makanan karena membeli restoran sangat mahal, sementara truk makanan jauh lebih terjangkau. Dilansir Business News Daily, sebelum memutuskan untuk memulai bisnis truk makanan, inilah beberapa hal yang perlu diketahui terkait biaya, modal, opsi pendanaan, cara menemukan truk, dan tips lain.

Modal

Banyak faktor yang menentukan biaya awal untuk bisnis truk makanan. Ada juga biaya satu kali di awal dan biaya berulang yang dapat bervariasi berdasarkan lokasi.

One-time cost merupakan biaya awal ketika membeli truk, pengadaan sistem register atau point-of-sale (POS), desain bodi truk, desain situs web, perlengkapan kantor, iklan, hingga biaya untuk tenaga profesional di antara biaya lain.

Lalu ada biaya berulang seperti penggajian, penyewaan peralatan, pemrosesan kartu kredit, dan tentu saja bahan bakar. Setiap bisnis truk makanan baru juga harus mendapatkan lisensi dan izin yang tepat, yang bervariasi tergantung lokasi. Sementara biaya memulai bisnis truk makanan sangat bervariasi, tergantung pada situasi spesifik.

Opsi pendanaan

Mendapatkan dana mungkin merupakan tantangan terbesar yang akan dihadapi ketika memulai bisnis truk makanan. Target pertama adalah menyusun rencana bisnis yang solid. Anda juga harus memiliki rating kredit pribadi dan bisnis yang baik karena akan meningkatkan peluang untuk menerima pinjaman bisnis.

Ada cara lain yang lebih kreatif untuk mendapatkan dana bisnis truk makanan baru. Berikut beberapa cara untuk memulai bisnis dengan dana minimal.

- Negosiasikan perjanjian sewa kepada orang yang berpengalaman dengan bisnis ini.

- Mulailah bisnis dengan gerobak atau trailer bekas yang murah.

- Mulailah berjualan di stan pameran atau pop-up.

- Bicaralah dengan pemilik restoran yang sukses tentang menjalankan truk makanan untuk bisnis sang pemilik.

- Jika ide truk termasuk memberikan layanan publik atau manfaat bagi masyarakat, carilah sponsor.

- Di beberapa tempat, Anda dapat memenuhi syarat untuk uang muka pinjaman jika sudah memiliki sistem pembayaran.

Bangun rencana bisnis solid

Setiap pemilik truk makanan harus membuat dan memelihara rencana bisnis. Bahkan, itu harus menjadi langkah konkret pertama yang diambil ketika memutuskan untuk memulai bisnis truk makanan. Dokumen ini penting untuk menarik investor, mendapatkan dana, dan menjalankan bisnis.

Menurut WebstaurantStore, rencana bisnis harus mencakup elemen-elemen seperti ringkasan eksekutif, deskripsi perusahaan, analisis pasar, detail organisasi dan manajemen, lini layanan atau produk, pemasaran dan penjualan, permintaan pendanaan, proyeksi keuangan, serta lampiran.

Menemukan truk makanan

- Iklan baris online lokal. Ini adalah opsi yang terbaik. Truk bekas lebih murah, dan jika mereka ada di dekat tempat tinggal, Anda dapat dengan mudah memeriksanya.

- Iklan baris online nasional. Ini akan membuka lebih banyak inventaris, tetapi dapatkan sebanyak mungkin detail dan informasi terkait truk dari penjual karena Anda kemungkinan besar tidak akan melihatnya langsung sebelum diambil.

- Truk kustom baru. Walaupun opsi paling mahal, ini adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa truk memenuhi kode dan standar dan dapat disesuaikan dengan spesifikasi.

- Sewa dan waralaba. Anda mungkin dapat menemukan truk lokal untuk disewa atau dari perusahaan penyewaan truk nasional. Pilihan lain adalah melakukan waralaba truk dari perusahaan mapan. Namun, salah satu kelemahan yang perlu dipertimbangkan adalah Anda tidak memiliki kendali atas produk, pemasaran, atau menu.

Keuntungan bisnis

- Kepemilikan bisnis: Banyak keuntungan pajak datang dengan kepemilikan bisnis, meskipun sulit untuk memiliki dan menjalankan bisnis.

- Kebebasan: Bebas memilih menu, vendor yang ingin dibeli, karyawan dan acara di mana Anda ingin menebus adalah beberapa kebebasan yang Anda nikmati sebagai pemilik bisnis truk makanan. Anda juga memiliki kendali penuh atas media sosial, pemasaran, dan jadwal.

- Mobilitas: Anda dapat membawa bisnis ke lokasi yang berbeda berdasarkan permintaan selama periode hari yang berbeda, hari dalam sepekan, dan sebagainya.

Tantangan

- Waktu: Jam kerja yang panjang adalah norma bisnis truk makanan. Mulai dari belanja, persiapan, pemasaran, pemesanan acara, pembersihan, perawatan truk, kewajiban akuntansi dan pajak, dan sebagainya. Menjalankan bisnis semacam itu lebih dari sekadar pekerjaan penuh waktu.

- Persaingan dan pasar: Teliti pasar dengan cermat untuk meningkatkan peluang keberhasilan. Anda pasti akan memiliki persaingan dengan truk makanan lain.

- Tata cara dan zonasi: Setiap area berbeda dalam hal di mana Anda dapat memarkir truk makanan dan berapa lama bisa parkir di sana. Pastikan Anda tahu aturan di setiap lokasi tempat rencana beroperasi untuk mencegah tilang dan denda.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life19 April 2024, 13:00 WIB

6 Cara Menghilangkan Sifat Iri Dengki Dalam Diri Agar Hidup Tenang dan Damai

Menghilangkan sifat iri dan dengki memang harus dalam hidup. Sebab hal demikian untuk hidup lebih tenang dan damai.
Ilustrasi. Cara menghilangkan sifat iri dengki. Sumber Foto : Pexels/Liza Summer
Sehat19 April 2024, 12:30 WIB

7 Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Berikut Daftar Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. Sobat Sehat Wajib Tahu!
Ilustrasi. Serangan Asam Urat. Ketahui Apa Saja Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. | Foto: Freepik
Sukabumi19 April 2024, 12:00 WIB

Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal saat Seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi

Awalnya Lima menerima informasi bahwa siswi SMA Negeri 1 Cisaat ini pingsan.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat berinisial K saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Bola19 April 2024, 12:00 WIB

Bek Kiri Andalan Persib Ini Harus Absen Saat Pangeran Biru Jamu Persebaya

Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok.
Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok. (Sumber : Persib.co.id)
Sehat19 April 2024, 11:45 WIB

7 Cara Ampuh Turunkan Obesitas, Salah Satunya Olahraga

Obesitas biasanya terjadi akibat ketidakseimbangan antara asupan kalori yang dikonsumsi dan jumlah kalori yang dibakar melalui aktivitas fisik.
Ilustrasi. Orang yang obesitas. Sumber : pixabay/Bru-No
Sukabumi19 April 2024, 11:35 WIB

Perut Membengkak, Janda Asal Ciracap Sukabumi Butuh Bantuan untuk Berobat

Rosmawati mengalami sakit sudah tujuh bulan dengan kondisi perut membengkak.
Rosmawati (57 tahun) di rumahnya di Kampung Batunamprak RT 03/09 Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life19 April 2024, 11:30 WIB

Hati-Hati! 7 Hal Sederhana Ini Ternyata Bisa Menurunkan Kecerdasan

Tes IQ sering digunakan untuk mengevaluasi kemampuan mental dan potensi kognitif seseorang, serta digunakan dalam proses seleksi pendidikan, pekerjaan, dan kebutuhan medis lainnya.
Ilustrasi. Kecerdasan. Sumber : pixabay/sebaie-1992
Sehat19 April 2024, 11:00 WIB

5 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Bisa Melembabkan Kulit

Lidah buaya memiliki sejarah penggunaan yang panjang dalam berbagai budaya sebagai bahan alami untuk perawatan kulit, rambut, dan peradangan.
Ilustrasi. Lidah buaya. Sumber : pixabay/Aluegreen
Opini19 April 2024, 10:58 WIB

Puasa Syawal, Amalan Setelah Ramadan yang Hampir Terlewatkan

Saat ini kita sedang berada di bulan Syawal, bulan di mana Allah memberikan limpahan pahala pada aktivitas tertentu.
Ilustrasi. |  Foto: Pixabay
Inspirasi19 April 2024, 10:30 WIB

Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat

Jobseeker Yuk Simak Info Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat Berikut dan Apply Segera!
Ilustrasi. Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)