Light Dark

Harga Anjlok, Peternak Ayam Potong di Kabupaten Sukabumi Jual Rp 7.000 Per Kg

Bisnis | 07 Apr 2020, 17:15 WIB

Harga Anjlok, Peternak Ayam Potong di Kabupaten Sukabumi Jual Rp 7.000 Per Kg

Bisnis | 07 Apr 2020, 17:15 WIB
Pekerja peternakan memberikan ayam potong di Parakansalak, Kabupaten Sukabumi. Para peternak mengeluhkan anjloknya imbas dari pandemi Corona. | Syahrul Himawan

SukabumiUPDATE.com - Peternak ayam potong di Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi, bakal menelan kerugian akibat Harga Ayam potong yang anjlok dari Rp 19 ribu menjadi Rp 7.000 per kilogram (Kg). Keadaan ini menjadi imbas pandemi Corona atau Covid-19

Pengelolaan peternakan ayam PT  Sukamulya Farm, Denis Adrian mengatakan, saat ini harga pasar ayam potong dari peternakan turun hingga Rp 7.000 per kilogram. Sedangkan biaya operasional setiap ekor ayam dari anakan hingga siap dijual sebesar Rp 18.500.

BACA JUGA: Harga Anjlok di Peternak, di PSM Palabuhanratu Harga Ayam Tak Turun Sejak Idul Adha

"Ancur parah harganya. Ini imbas dari wabah pandemi," ujar Denis saat dihubungi Sukabumiupdate.com, Selasa (7/4/2020). 

Denis menjelaskan, akibat kejadian ini para peternak diprediksi akan menelan kerugian yang sangat besar. Pasalnya harga pakan ayam mulai naik sedangkan harga jual ayam turun drastis. Turunnya Harga Ayam potong ini lantaran ketersediaan ayam memadai  namun konsumennya tak ada.

"Saya kira-kira akan rugi sebesar Rp 400 juta. Konsumennya seperti rumah makan, KFC, AW, dan McD banyak yang menghentikan operasional jadi pemesanan menurun," terangnya.

BACA JUGA: Harga Ayam di Peternak Anjlok, di Pasar Cicurug Dijual Rp 35 Ribu Per Kg

Denis berharap pemerintah terkait menangani turunnya harga ayam ini dan Pandemi Corona segera mereda, karena Corona mempengaruhi segala sektor. "Solusinya berdoa ke Allah SWT agar wabah ini pergi dari Indonesia," tukasnya.

Sementara itu, anjloknya harga ayam potong ini ternyata belum berpengaruh di pasar. Dimana harga ayam potong di sejumlah pasar semi modern di Kabupaten Sukabumi masih berkisar Rp 30 ribu per kilogram. "Harga ayam masih Rp 30 ribu di Pasar Cibadak,” ujar Suhendi, salah seorang pedagang di Pasar Semi Modern Cibadak.

Image

Andri Somantri

Redaktur

Image

SYAHRUL HIMAWAN

Reporter