Perumahan Syariah, Jugala Residence 2 Cibadak Sukabumi Perlebar Jalan Warga

Selasa 18 Februari 2020, 00:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - PT Jugala Putra Pratama menambah lebar jalan warga di Kampung Lingkungsari RT 03/021, Kelurahan Cibadak, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, sepanjang 100 meter. Jalan yang awalnya hanya dua meter kini menjadi enam meter. 

Pelebaran jalan dilakukan perusahaan yang membangun perumahan Jugala Residence 2 ini untuk memudahkan akses warga. Dalam pelaksanaannya, pelebaran jalan ini menggunakan turap sebab sepanjang jalan ini satu sisinya merupakan tebing. 

BACA JUGA: Bantuan Subsidi Selisih Bunga Perumahan Disetop Mulai 2020

"Sangat terbantu karena jalan lebih lebar dan drainase aman. Jalan ini sebagai akses ekonomi, pendidkan dan lain sebagainya. Dalam 3 tahun Musrenbang, jalan itu selalu diusulkan namun tidak ada tanggapan dan kini kebutulan ada pihak yang mau melebarkan jalan ini," ujar Lukman Hakim, warga.

Sementara itu, Direksi PT Jugala Putra Pratama Muhammad Gilang Giffari mengungkapkan, jalan tersebut begitu penting bagi warga, maka dari pihak perusahaan melakukan pelebaran jalan. Kini, kata Gilang, PT Jugala Putra Pratama sedang melaksanakan pembangunan perumahan Jugala Residence 2. Di atas lahan seluas 1,7 hektare akan dibangun sebanyak 113 unit rumah type 40. Rumah dibangun di atas tanah ukuran 72 meter/segi.

BACA JUGA: Kenapa Perumahan Dengan Kusen Aluminium Cocok di Sukabumi?

Untuk saat ini dilokasi Perumahan Jugala Residence 2 sedang dilaksanakan pembangunan drainase. Menurut dia, drainase dari dulu sudah ada namun ukurannya kecil maka dari itu pihak Jugala melakukan pelebaran drainase supaya air hujan mengalir ke drainase. 

Yang berbeda antara Perum Jugala Residence 2 dengan perumahan lain yaitu dalam metode transaksinya. Perumahan Jugala Residence 2 menggunakan sistem syariah, dengan demikian perumahan ini tidak menggunakan bank sama sekali. 

BACA JUGA: Sesar Cimandiri Aktif, Alasan Kenapa Perumahan di Sukabumi Jangan Kaleng-kaleng

"Pertama kita tidak menggunakan bank, bank konvensional maupun bank syariah. Kemudian sistem pembayarannya cash bertahap melalui surat perjanjian yang ditandatangani kedua belah pihak. Sebelum penandatangan, si calon pembeli kita beri draf dulu supaya paham," jelas Gilang.

Menurutnya rumah yang dijual di Jugala Residence 2 berkisar Rp 250 juta. Gilang mencontohkan misalkan pembeli itu memberikan DP 30 persen dan sisa Rp 70 persen. 70 persen itu langsung dibagi 36 bulan tanpa ada penambahan biaya apapun kecuali pajak. Karena berbasis syariah maka tak berlaku riba serta tak ada sita serta tak ada denda. 

BACA JUGA: Mau Hunian Mewah Bergaya Greenhouse, Yuk Cek Perumahan Bukit Cimelati Asri!

"Tanpa riba tanpa bunga tanpa denda telat. Lalu tanpa sita, Ini yang penting. Jadi orang zaman sekarang katakan generasi milenial ke atas kan yang dicari itu selain keamanan transkasi juga keamanan berinvestasi," jelasnya. 

Dalam hal ini Jugala menjual keamanan investasi, kata Gilang, misalkan seseorang beli rumah di Jugala kemudian di tengah perjalanan mendapat musibah sehingga tidak dapat melanjutkan pembayaran maka komunikasi kepada ke pihak Jugala. 

BACA JUGA: Graha Taman Sukabumi, Perumahan Nyaman Tanpa Bunga

Nanti kesepakatannya adalah Jugala menjual rumah ke pihak lain lalu setelah terjual, orang yang telah membeli sebelumnya mendapatkan kembali uang yang telah dibayarkan. 

"Untuk akses menuju Perumahan Jugala Residence 2 terdapat dua.  Pertama masuk di samping Kantor Kecamatan Cibadak dan melalui Al-Bayan," jelasnya. 

BACA JUGA: Marketing Perumahan Sukabumi Sejahtera Satu, Kunjungi Redaksi Sukabumiupdate.com

Mengenai hal yang berkaitan perizinan, Gilang menyatakan semuanya sudah selesai. Artinya pembangunan perumahan Jugala Residence 2 sudah mengantongi IMB dengan nomor 503.3/ 648 / 5534 / PMB - DPMPTSP / 2019.

"Untuk perizinan, Alhamdulillah sudah selesai sampai tahap IMB. Artinya sudah siap bangun, tinggal melaksanakan pembangunan saja. Sehingga tidak perlu khawatir lagi. Insya Allah kita amanah kita jaga kepercayaan dari masyarakat dengan wujudnya adalah mengurus perizinan yang Alhamdulillah sudah selesai. Artinya kalau beli kavling disana langsung bangun jadi," tukasnya. 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi29 Maret 2024, 20:19 WIB

3 Ruang Kelas SDN Sukalaksana Sukabumi Rusak Parah dan Nyaris Roboh, Butuh Perbaikan

Tiga ruang kelas SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi bertahun-tahun kondisinya rusak parah, sehingga tak layak untuk KBM.
Kondisi salah satu ruang kelas di SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi yang rusak parah. (Sumber : Istimewa)
Life29 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Gaya Hidup Tidak Sehat yang Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat

Jangan Lakukan Sederet Gaya Hidup Tidak Sehat Berikut Karena Bisa Menyebabkan Potensi Penyakit Asam Urat di Kemudian Hari.
Ilustrasi - Asam urat kambuh. Ketahui Gaya Hidup Tidak Sehat yang Menyebabkan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sehat29 Maret 2024, 19:30 WIB

Memahami Apa Itu Kolesterol: Gejala, Jenis, Penyebab dan Cara Memantau Kadarnya

Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan.
Ilustrasi - Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan. (Sumber : Freepik.com/@wayhomestudio).
Sehat29 Maret 2024, 19:00 WIB

5 Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat: Pengganti Minuman Tinggi Kalori

Perlu diingat bahwa infused water tidak menggantikan perawatan medis yang tepat dan diet sehat secara keseluruhan untuk penderita asam urat.
Ilustrasi. Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat, Pengganti Minuman Tinggi Kalori. Sumber: Freepik/bublikhaus
Sehat29 Maret 2024, 18:58 WIB

Selain Sebabkan Asam Lambung, Ini 6 Bahaya Langsung Tidur Setelah Makan Sahur

Menjadi perhatian bagi semua orang yang berpuasa agar tidak langsung tidur setelah makan sahur. Hal ini bisa memicu penyakit yang membahayakan bagi kesehatan tubuh
Ilustrasi. Bahaya buruk bagi orang yang langsung tidur setelah makan sahur. (Sumber foto : Pexels/Ron Lach Pexels)
Sukabumi29 Maret 2024, 18:21 WIB

Hati-hati! Ruas Jalan Nasional di Cikadu Palabuhanratu Terendam Banjir Campur Kerikil

Pengendara roda dua harus hati-hati, jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu Sukabumi ini terendam banjir campur kerikil.
Kondisi ruas jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu yang tergenang banjir campur kerikil akibat hujan deras. (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 18:00 WIB

Doa Ketika Melakukan Perjalanan Jauh Untuk Anda yang Mudik Lebaran

Berikut ini doa yang bisa diamalkan ketika melakukan perjalanan jauh termasuk saat mudik lebaran
Ilustrasi - Berikut ini doa yang bisa diamalkan ketika melakukan perjalanan jauh termasuk saat mudik lebaran (Sumber : Freepik/DC Studio)
Sehat29 Maret 2024, 17:30 WIB

Mudah Dibuat, 7 Infused Water yang Ampuh Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Berikut ini beberapa infused water yang bisa digunakan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol
Mudah Dibuat, 7 Infused Water yang Ampuh Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol (Sumber : Freepik/8photo)
Jawa Barat29 Maret 2024, 17:02 WIB

KA Pangrango Sukabumi Terlambat 3 Jam Imbas Mogok, KAI Minta Maaf

PT KAI Daop 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf atas gangguan teknis yang dialami KA Pangrango Sukabumi di Stasiun Maseng, Jumat (29/3/2024).
Ilustrasi. KA Pangrango relasi Sukabumi-Bogor. (Sumber Foto: Unplash/Haidan)
Musik29 Maret 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Obsessed Olivia Rodrigo yang Viral

Inilah Lirik dan Terjemahan Lagu Obsessed Olivia Rodrigo yang Viral di TikTok dan YouTube Music. Sudah Dengar?
Official Music Video Lagu Obsessed Olivia Rodrigo. Sumber: YouTube/Olivia Rodrigo