Cap Go Meh 2020 Jadi Event Budaya, Henry Slamet: Semoga Jadi Magnet Wisata

Jumat 14 Februari 2020, 07:51 WIB

SUKABUMIUPDATE.com – Perayaan Cap Go Meh pada tahun baru imlek kali ini memang berbeda, karena masuk dalam CoE (Calendar of Event) Kota Sukabumi tahun 2020 sebagai salah satu event atrasi budaya. Perayaan “hari kelima belas” (Cap Go Meh) kali ini lebih seru dan aktraktif bahkan lebih ramai dari tahun-tahun sebelumnya.

Dalam CoE Kota Sukabumi, perayaan Cap Go Meh ini menjadi event pertama di tahun 2020. Tak heran jika dalam perayaan ini, semua terlihat lebih dipersiapkan. Kawasan di sekitar Vihara Widhi Sakti (pecinannya Kota Sukabumi) berubah menjadi area event bernuansa merah, dihiasi lampion dikanan kiri jalan.

Puluhan stand yang menjajakan makanan dan cinderamata terkait imlek berjajar di sepanjang Jalan Pajagalan, Oden dan di kawasan ekonomi danalaga. “Tahun ini lebih meriah banyak yang jualan juga, lihat barong liong, wisata murah meriah,” jelas Ariana, warga Nagrak Kabupaten Sukabumi yang sengaja datang untuk nonton lansung event budaya Cap Go Meh 2020 Kota Sukabumi di sekitar Vihara Widhi Sakti.

Cap Go Meh 2020 ini tidak menampilkan atraksi budaya Tionghoa, tercatat puluhan tim atraksi sunda dan komunitas di Sukabumi akan ikut dalam pawai keliling Kota Sukabumi. Dari catatan panitia, rombongan pawai ini akan diawali oleh Pasukan Paskibra dan tim marchingband dari Universitas Muhhamadiyah dan barisan mojang jajaka Kota Sukabumi.

Kemudian ada barisan atraksi dari sejumlah komunitas seperti inline skate, skateboarding, hingga atraksi calung, lengser ambu, sisingaan, boles dan lainnya. Sajian perayaan Cap Go Meh tahun ini memang didesain sedemikian rupa untuk menarik minat wisata dan sebagai magnet ekonomi. 

Hal ini diungkapkan tokoh warga Tionghoa sekaligus anggota DPRD Kota Sukabumi, Henry Slamet kepada sukabumiupdate.com, Jumat (14/2/2020) di depan Vihara Widhi Sakti. “Kedepanya sih semoga jadi magnet wisata ke Kota Sukabumi, karena faktanya banyak pendatang dari luar sukabumi,” ujarnya.

BACA JUGA: Jelang Tahun Baru Imlek, Henry Slamet Tengok Vihara Sukabumi

Ia mendapatkan data jika event budaya ini berdampak signifikan terjadi perekonomian di Kota Sukabumi. “Akupansi hotel meningkat, tempat makan penuh bahkan pedagang-pedang kecil pun dapat meraih keuntungan dari event ini,”

Politikus Partai Demokrat ini juga menerangkan bahwa jika ditahun-tahun sebelumnya, Cap Go Meh memang tidak dirayakan semeriah ini. Persoalan bukan pada izin melainkan keputusan para tokoh Tionghoa sendiri.

 “Empat 4 tahun ke belakang itu tidak ada pawai bukan karena persoalan ijin tapi ada sebuah ritual yang bernama Sihopey yang mempersyaratkan seperti undian. Dua buah koin apakah ada perayaan atau tidak, jika 2 koin itu sama maka akan ada perayaan jika saling tolak belakang maka tidak akan ada perayaan cuman ada ritual keagamaan saja,” pungkasnya. 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Musik19 April 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Illusion Dua Lipa yang Viral

Inilah Lirik dan Terjemahan Lagu Illusion Dua Lipa yang Viral di Media Sosial, khususnya platform musik.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)
Sukabumi19 April 2024, 16:15 WIB

Pingsan dan Kejang Setelah Tes Lari, Siswi Sukabumi Meninggal saat Seleksi Paskibraka

Kayla meninggal setelah mengikuti tahapan tes lari bersama peserta lain.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Inspirasi19 April 2024, 16:13 WIB

6 Tanda Orang Tua yang Belum Dewasa dalam Mendidik Anak, Nomor 5 Sering Diabaikan

Orang tua yang tidak dewasa dalam mendidik anak akan terlihat pada pola asuhnya yang terlihat kurang bijaksana
Tanda-tanda orang tua yang belum dewasa dalam mendidik anak | Foto : Pexels/Gustavo Fring
Sehat19 April 2024, 16:00 WIB

3 Cara Membuat Rebusan Bunga Telang untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi

Bunga telang (Clitoria ternatea) telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes.
Ilustrasi - Bunga telang (Clitoria ternatea) telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes. (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers).
Sukabumi19 April 2024, 15:25 WIB

Inilah Finalis Terpilih Pasanggiri Mojang Jajaka Kabupaten Sukabumi 2024

Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sukabumi telah sukses menggelar acara Pasanggiri Mojang Jajaka tahun 2024
Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi menggelar Pasanggiri Mojang Jajaka Sukabumi 2024 | Foto : Ilyas Supendi
Inspirasi19 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Cleaning Service di Salah Satu Coffe di Kota Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Cleaning Service Lokasi Penempatan di Kota Sukabumi. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Sukabumi19 April 2024, 14:48 WIB

Gaji Belum Dibayar, Buruh Pabrik Tripleks Mengadu ke Disnakertrans Sukabumi

Terdapat 89 buruh yang belum menerima gaji, baik berstatus aktif maupun non-aktif.
Buruh pabrik pengolahan kayu tripleks (plywood) saat mendatangi kantor Disnakertrans Kabupaten Sukabumi pada Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Opini19 April 2024, 14:36 WIB

Kartini Hari Ini: Refleksi Pemikiran Pemberdayaan Perempuan dalam Konteks Multikulturalisme

Pemikiran Kartini tentang emansipasi perempuan masih memiliki relevansi. Namun, dalam mengaplikasikan pemikiran tersebut, perlu dipertimbangkan juga konteks multikulturalisme yang menjadi realitas masyarakat Indonesia saat ini
Dr. Tetty Sufianty Zafar, MM, Dosen Universitas Muhammadiyah Sukabumi/Sekretaris Forum Doktor Sukabumi/Pembina Research & Literacy Institute | Foto : Sukabumi Update
Sehat19 April 2024, 14:30 WIB

7 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Kayu Manis : Rempah Asli Indonesia Satu Ini Ternyata Punya Sederet Manfaat untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui.
Ilustrasi - Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui. (Sumber : pexels.com/@Mareefe)
Sehat19 April 2024, 14:00 WIB

Selain untuk Gula Darah, Ini 10 Manfaat yang Luar Biasa dari Buah Mengkudu

Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh.
Ilustrasi - Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. (Sumber : Pixabay.com/@ignartonosbg).