Nasib Sentra Bawang Putih di Perbawati Sukabumi, Hanya Satu Kali Panen

Senin 10 Februari 2020, 23:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Harga bawang putih mengalami lonjakan di pasar tradisional di Sukabumi karena pasokan yang menipis sejak dua pekan terakhir.

Melonjaknya harga bawang putih ini mengingatkan kepada lokasi penanaman bawang putih di Desa Perbawati, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, yang pada tahun 2018 lalu dirancang sebagai sentra produksi bawang putih. Senin (10/2/2020), sukabumiupdate.com mendatangi lokasi tersebut. 

BACA JUGA: Kabupaten Sukabumi Ditargetkan Jadi Sentra Bawang Putih

Pengelola Kawasan Wisata Agro Sukabumi Utara, Acep Sholahudin (62 tahun) mengatakan, pada tahun 2018 itu, petani di Desa Perbawati dibimbing oleh para ahli dari Agribusiness Development Station Institut Pertanian Bogor (ADS IPB) untuk menanam bawang putih di lahan seluas 30 hektare.

Lahan 30 hektare itu tersebar di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Sukabumi, Kadudampit dan Sukaraja. Khusus untuk Kecamatan Kadudampit ada dua titik lokasi penanaman, di Desa Undrus Binangun dan Desa Gede Pangrango. Selain oleh Agribusiness Development Station Institut Pertanian Bogor (ADS IPB), program ini dibantu perusahaan importir PT Hidup Sukses Bersama (HBS).

Program penanaman bawang putih itu dilakukan untuk memenuhi kuota impor. Dimana saat itu, para importir berkewajiban menanam dalam negeri sebesar lima persen.

BACA JUGA: Bawang Putih di Surade Sukabumi Langka, Harga Rp 80 Ribu Per Kilogram

"Kesesuaian lahan dan realisasi penanaman dipantau langsung oleh Kementerian Pertanian melalui Kasubdit Bawang Putih. Tiap lokasi penanaman diukur melalui GPS, salah satunya di Desa Perbawati ini," ucap Acep kepada sukabumiupdate.com.

Acep mengungkapkan, di Desa Perbawati bawang putih tersebut ditanam di lahan seluas 10 Hektare. Menurut Acep, bawang putih yang ditanam di Desa Perbawati, memiliki postur pohon yang sangat baik. Akan tetapi, untuk umbi bawang putihnya tidak sesuai dengan harapan. Acep menyebut, bawang putih itu yang digunakan adalah umbinya itu.

BACA JUGA: Update Harga Sembako di PSM Palabuhanratu Sukabumi, Bawang Putih Rp 65 Ribu Per Kilogram

Dalam pelaksanaan program ini, ada hal yang tak sinkron antara petani di Desa Perbawati dengan para ahli dari IPB yang membimbing petani. Diantaranya soal metode penanaman.

"Di lapangan petani dipandu oleh dua insinyur yang ahli di bidang bawang putih dari IPB karena petani di sini belum terbiasa menanam bawang putih. Timbul ketidaksinkronan di lapangan, dimana petani menginginkan penggunaan mulsa (plastik pelindung) untuk bedengan, sedangkan insinyur dari IPB menyebut plastik itu akan menimbulkan udara panas sehingga kurang setuju. Karena menurut mereka (ahli dari IPB), bawang putih itu inginnya di udara dingin," jelas Acep.

BACA JUGA: Dampak Virus Corona di Pasar Sukabumi, Harga Bawang Putih Naik 100 Persen

Secara ketinggian secara MDPL, kata Acep, titik penanaman bawang putih di Kecamatan Sukabumi, Kadudampit dan Sukaraja sudah memenuhi syarat. Sehingga untuk persyaratan teknis sudah memenuhi, hanya saja tekstur tanah di Desa Perbawati, Kecamatan Sukabumi ini harus ada penyesuaian karena lembab.

Dari program tersebut, hanya satu kali panen bawang putih di Desa Perbawati, Kecamatan Sukabumi. Saat itu bawang yang dihasilkan dalam satu hektar sekitar 1 hingga 1,5 ton. Program itu pun tak berlanjut. 

"Karena kontraproduktif antara kebiasaan petani dengan keinginan (metode pertanian) teknis dari insinyur, jadi anggaplah gagal. Panennya tidak sesuai harapan. Saat itu, kita panen sekitar 1 hingga 1,5 ton per satu hektare," tukasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi25 April 2024, 17:33 WIB

Aksi Protes di PT GSI Bubar, Kades Bojongraharja Beri Jaminan Soal Pungli Tenaga Kerja

Kepala Desa Bojongraharja, Henhen Suhendar mengatakan, warga yang melakukan aksi demonstrasi ini, lantaran mereka merasa kecewa dengan pihak perusahaan.
Kades Bojongraharja, Henhen Suhendar usai menemui warga yang protes pungli tenaga kerja di PT GSI (Sumber: SU/Ibnu)
Sehat25 April 2024, 17:30 WIB

Apakah Kopi Aman Dikonsumsi Setiap Hari? Ini Penjelasannya!

Dengan memahami secara mendalam manfaat dan risiko yang terkait dengan konsumsi kopi, pembaca dapat membuat keputusan yang lebih baik tentang pola konsumsi kopi mereka dan menjaga kesehatan mereka tetap optimal.
Ilustrasi. Kopi. Sumber : pixabay/buavit66
Sukabumi25 April 2024, 17:24 WIB

Hadapi Polemik PT GSI Vs Warga. Disnakertrans Sukabumi Kembali Tak Hadir

Koordinator Aksi Dede Raka menyebut hingga saat ini belum melihat pergerakan dari Disnaker sehingga memaksa warga untuk berjuang sendiri.
Warga protes pungli tenaga kerja di PT GSI Cikembar (Sumber: su/awal)
Sukabumi25 April 2024, 17:17 WIB

Protes Pungli Tenaga Kerja, Warga Blokade Jalan Pelabuhan II i Depan GSI Cikembar

kali ini warga melakukan aksi blokade ruas Jalan Provinsi, tepatnya di depan bundaran pintu masuk PT GSI Cikembar, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar.
Warga sempat blokade jalan cikembar, sebagai bentuk protes praktik pungli tenaga kerja di PT GSI (Sumber: SU/Ibnu)
Sukabumi25 April 2024, 17:10 WIB

Isu Pungli Di PT GSI Sukabumi Merebak, Seret Sejumlah Petinggi Perusahaan

Aksi demonstrasi dilakukan ratusan warga yang tergabung dalam Gerakan Bojongraharja Memanggil (GBM) buntut dugaan pungli hingga menyeret sejumlah petinggi perusahaan.
Aksi warga protes praktik pungli tenaga kerja di PT GSI Cikembar Sukabumi (Sumber: su/awal)
Musik25 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Sampai ke Bintang Asmidar: Tiada Gunung yang Terlalu Tinggi

"Tiada Gunung yang Terlalu Tinggi". Lagu Sampai ke Bintang Asmidar yang kini viral yakni digunakan sebagai backsound video galau dan sedih di aplikasi TikTok hingga Instagram.
Lirik Lagu Sampai ke Bintang Asmidar: Tiada Gunung yang Terlalu Tinggi (Sumber : YouTube/Asmidar)
Life25 April 2024, 16:30 WIB

9 Cara Agar Tidak Mudah Bosan Saat di Rumah, Ini yang Harus Dikerjakan

Artikel ini akan membahas berbagai ide untuk membantu Anda mengatasi kebosanan dan menemukan kegiatan yang menyenangkan.
Ilustrasi. Bermain dengan keluarga di rumah untuk mencegah rasa bosan. Sumber : pixabay/kloow99
DPRD Kab. Sukabumi25 April 2024, 16:15 WIB

Anggota DPRD Paoji: Koalisi PDIP-PKS di Pilkada 2024 Sukabumi Bisa Jadi Kenyataan

Desk Pilkada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan sejumlah elit partai melakukan kunjungan ke kantor DPD PKS dalam rangka membangun komunikasi politik menjelang perehelatan Pilkada 2024.
Kunjungan Desk Pilkada PDIP ke Markas DPD PKS Kabupaten Sukabumi, Kamis (25/4/2024) | Foto : Ist
Bola25 April 2024, 16:00 WIB

Persib Bandung vs Borneo FC di Liga 1 2023/2024: H2H, Susunan Pemain dan Prediksi Skor

Persib Bandung vs Borneo FC di Liga 1 2023/2024, akan tersaji malam ini mulai pukul 19.00 WIB.
Persib Bandung vs Borneo FC di Liga 1 2023/2024, akan tersaji malam ini mulai pukul 19.00 WIB. (Sumber : X/@persib/@BorneoSMR).
Life25 April 2024, 15:30 WIB

10 Cara Agar Dipercaya Oleh Orang Lain, Ini yang Harus Dilakukan

Kini, interaksi manusia semakin kompleks dan teknologi terus berkembang, maka memiliki reputasi sebagai individu yang dapat diandalkan dan dipercaya menjadi semakin penting.
Ilustrasi. Orang yang sedang berkumpul tidak gaduh dan saling percaya. Sumber : pixabay/anne00