Menu

06 Nov 2019, 15:20 WIB

Panen Perdana FKDB on Farm Menjanjikan, Ini Hasilnya!

Padi hasil menggunakan teknologi Batubara Futura. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB) Bursatani kembali membuktikan peningkatan produksi hasil pertanian dengan menggunakan teknologi Batubara Futura. Kali ini dibuktikan panen pertama FKDB On Farm di Warudoyong Kecamatan Rengasdengklok Kabupaten Karawang di lahan seluas area 35,5 hektare (Ha).

BACA JUGA: Strategi FKDB on FARM Bangun Ekosistem Pertanian Menuju Kedaulatan Pangan

Panen pertama FKDB On Farm ini dihadiri oleh Ketua 1 FKDB Bursatani Hikmat Taufik, Zaenal Mutaqin Direktur PT Bursatani dan Lalan RY Manajer Operasional sebagai Tim Pendamping beserta tim FKDB Bursatani yang lainnya.

Tim FKDB Bursatani ikut serta panen di pertama FKDB On Farm di Warudoyong Kecamatan Rengasdengklok Kabupaten Karawang di lahan seluas area 35,5 hektare (Ha). Foto: Istimewa.

Ketua Umum FKDB, Ayep Zaki, menyampaikan, peningkatan produktivitas pertanian dengan teknologi pupuk batubara ini tentunya akan membantu Indonesia dalam kecukupan pangan. 

"Seperti hasil panen pertama hari ini, pada lahan seluas 1.5 Ha, hasil uji ubinan didapat data sebagai berikut, hasil uji ubinan (2,5x2,5 m), Varietas Ciherang Ubin 1 : 8,50 kg, Ubin 2 : 9,50 kg, Ubin 3 : 9,50 kg. Jumlah = 27,5 kg (rata-rata 9,17kg)," jelas dia, Rabu (6/11/2019).

BACA JUGA: Program On Farm FKDB Dalam Mewujudkan Kedaulatan Pangan Indonesia

"Hasil ubinan 9,17 x 1.600 = 14.666,7 Kg/Ha Efektifitas 70 persen 14.666,7 Kg x 70 persen = 10.266,7 Kg. Hasil 10.266 ton / Ha untuk bukti inilah yang tidak akan bisa dibantahkan lagi, bahwa kedaulatan pangan pasti terbukti," tukasnya. 

Sementara itu, pemilik lahan, H. Mista mengaku panen pertama dengan menggunakan teknologi Batubara Futura ini sangat mengagetkan dan tidak seperti panen sebelumnya. "Cukup bagus dan hasilnya sangat luar biasa," singkatnya.

Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH/ADV
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Dilansir dari tempo.co, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo menerbitkan surat edaran agar pegawai negeri sipil (PNS) di wilayah dengan status pembatasan sosial berskala...

SUKABUMIUPDATE.com - KNPI Kecamatan Surade, Komunitas Brutalla, Jampang Peduli (Jampe) dan para relawan di Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi melaksanakan penyemprotan disinfektan, pembagian hand sanitizer serta masker.  Selama dua minggu dilaksanakan,...

SUKABUMIUPDATE.com - Selama pandemi virus corona, masyarakat diwajibkan untuk berdiam di rumah. Dilansir dari tempo.co, hal yang sama pun berlaku bagi pasangan suami istri. Sayangnya, kebersamaan yang ditambah dengan...

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jabar memutuskan, pelaksanaan Proses Belajar Mengajar (PBM) untuk SMA sederajat di rumah masing-masing kembali diperpanjang hingga 27 April 2020 mendatang.  Perpanjangan PBM ini merupakan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya