Light Dark

Melesat, Teknologi Pupuk Batubara Saputra Futura Siap Diaplikasikan di Zimbabwe

Bisnis | 26 Oct 2019, 15:10 WIB

Melesat, Teknologi Pupuk Batubara Saputra Futura Siap Diaplikasikan di Zimbabwe

Bisnis | 26 Oct 2019, 15:10 WIB
Tim FKDB Bursatani bersama tim dari Zimbabwe melihat secara langsung hasil pertanian. | Istimewa.

SUKABUMIUPDATE.com - Sukses aplikasi Teknologi Pupuk Batubara (TPB) Saputra Futura, di berbagai wilayah di Indonesia sejak 2017 lalu. Dan menghasilkan data obyektif terjadi peningkatan hasil produksi pertanian hingga lebih dari 40 persen terutama pada tanaman padi.

Ketua Umim Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB) Ayep Zaki melalui FKDB Bursataninya, terus melakukan sosialisasi ke berbagai pihak, baik dalam maupun luar negeri, pemerintah maupun swasta. Memberikan penawaran dengan tujuan untuk memajukan pertanian untuk tercapainya kedaulatan pangan.

Salah satu negara yang menjadi objek sosialisasi FKDB Bursatani adalah Zimbabwe. Negara yang berada di Afrika bagian selatan pada masa pemerintahan Robert Mugabe di era tahun 80-an menjadi negara sebagai lumbung pangan di Afrika, memberikan respon positif atas tawaran tim FKDB Bursatani untuk TPB.

BACA JUGA: Strategi FKDB on FARM Bangun Ekosistem Pertanian Menuju Kedaulatan Pangan

Respon positif tersebut mereka buktikan dengan melakukan kunjungan selama dua hari, yaitu pada 23-24 Oktober 2019 untuk melihat langsung, bagaimana skema supply chain yang dijalankan FKDB Bursatani dalam implementasi TPB.

Mulai dari meninjau proses pembuatan, mekanisme penjualan, hingga aplikasi di tanaman padi yang sedang berjalan.

Tim FKDB Bursatani yang dipimpin langsung Ketua FKDB sekaligus Ketua Tim FKDB Bursatani, Hikmat Taufik Bersama RUH Saputra dan Zaenal Mutaqin. Sementara tim dari Zimbabwe yang terdiri dari Delington, Nggoni dan Wisdom dibawa melihat mulai dari pabrik produksi di Cisaat, Sukabumi, kemudian ke salah satu toko pemasaran yang berada di wilayah Warungkiara Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA: Program On Farm FKDB Dalam Mewujudkan Kedaulatan Pangan Indonesia

Hingga terakhir melihat langsung proyek FKDB on FARM di Karawang yang sedang aplikasi di tanaman padi.

Apresiasi yang luar biasa disampaikan oleh ketiga orang tersebut dan mereka meyakini akan hasil TPB terlebih dengan sistem kerja yang telah diterap oleh FKDB Bursatani demikian lengkap. Pada akhirnya mereka berjanji untuk sesegera mungkin menindaklanjuti hasil kunjungan ini bersama-sama manajemennya.

Menjadi tidak terbantahkan lagi apa yang selama ini terus diteriakan oleh Ayep Zaki akan kedaulatan pangan pasti terbukti, terlebih dengan dukungan pemerintah yang sudah berjalan melalui program FKDB on FARM.

Image

Redaktur

Image

Reporter

Image

Reporter