Light Dark

Cara FKDB Bursatani dan BPP Kecamatan Cisaat Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Bisnis | 23 Aug 2019, 16:08 WIB

Cara FKDB Bursatani dan BPP Kecamatan Cisaat Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Bisnis | 23 Aug 2019, 16:08 WIB
Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Cisaat, Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, bersama Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB) Bursatani sosialisasikan teknologi pupuk Batu-bara Saputra Futura, Kamis (23/8/2019). | Garis NB

SUKABUMIUPDATE.com - Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Cisaat, Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, bersama Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB) Bursatani, sepakat berkolaborasi dalam meningkatkan kesejahteraan dan hasil panen para petani.

BACA JUGA: Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Beri Bocoran Program di 2019

"Tujuan utama BPP itu, salah satunya meningkatkan kesejahteraan petani. Bantuan bentuk apapun baik dari swasta atau pemerintah, dan apapun produknya selama bisa meningkatkan produktivitas petani akan kami sambut dengan baik," ujar Ketua BPP Kecamatan Cisaat, Susilowati kepada sukabumiupdate.com usai menggelar sosialisasi teknologi pupuk Batu-bara Saputra Futura, Kamis (23/8/2019). 

FKDB Bursatani, kata Susiowati menawarkan kemitraan yang menguntungkan untuk para petani. Apalagi selama ini kendala petani di Kecamatan Cisaat di permodalan. Sehingga banyak petani ketika membutuhkan modal untuk pupuk, terlebih dahulu meminjam ke tengkulang dan ketika panen dibayar dengan harga rendah. 

"Intinya kami menyambut baik kemitraan ini. Bahkan petani juga bisa membayar pupuk batu-bara ini ke Bursatani ketika panen. Jadi dikasih pupuk dulu, kalau ada peningkatan hasil panen baru bayar. Termasuk nanti akan dibantu permodalan bantuan ke bank," paparnya.

Ia menilai pupuk batu-bara ini mempunyai kelebihan lain, seperti kandungan mineralnya lengkap, karena sifatnya organik, tidak meracuni tanah, sehingga tanah juga lebih subur. "Beberapa petani juga ada yang sudah mencoba dan hasilnya bagus," tandasnya.

BACA JUGA: Upaya Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Hadapai Musim Kemarau

Sementara itu, Ketua Bursatani Zaenal Mutaqin mengatakan selain mendorong petani untuk menggunakan pupuk batu-bara untuk meningkatkan hasil panen. FKDB Bursatani juga akan membantu masalah pendanaan, karena selama ini rata-rata kendalanya pendanaan di awal.

"Untuk mengatasi hal itu, kita bekerjasama dengan lembaga keuangan atau bank, tetapi yang sudah mengikat dengan kita," katanya.

Menurutnya respon petani terhadap pupuk Batu-bara Saputra Futura ini cukup baik. Tinggal kendala secara teknis akan diatur, supaya projek bisa berjalan dengan baik. Ia menjelaskan, keunggulan menggunakan produk ini, yang pertama adalah mempunyai kemampuan dalam peningkatan produksi panen. 

"Tetapi yang terpenting, tanah pertanian yang menggunakan pupuk batu-bara dan nutrisi esensial lambat laun akan semakin baik secara struktur tanahnya," imbuhnya.

Selain itu, dengan menggunakan aplikasi pupuk batu-bara ini akan mengurangi penggunaan pestisida, sehingga produk yang dihasilkan nilainya jauh lebih sehat. "Katakanlah sampai suatu saat nanti tidak menutup kemungkinan kita mampu memproduksi yang namanya sayur sayuran organik, beras organik dan lain sebagainya," pungkasnya. 

Image

Redaktur

Image

Reporter

Image

Reporter