Menu

31 Jul 2019, 19:21 WIB

Kadin Jawa Barat: Pemprov Bidik Sukabumi Jadi Gerbang Ekonomi

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat, Tatan Pria Sudjana memberikan sambutan saat Muscab V Kadin Kabupaten Sukabumi, di salah satu hotel Sukabumi, Rabu (31/7/2019). | Sumber Foto:Garis NB

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat, Tatan Pria Sudjana mengungkapkan, Kabupaten Sukabumi menjadi salah satu, dari empat wilayah yang akan menjadi gerbang ekonomi di Jabar.  

BACA JUGA: Kadin Kabupaten Sukabumi Resmi Dipimpin Nani Kusmawaty

"Gubernur Jawa Barat dan Kadin bersepakat dalam pengembangan wilayah Jabar dari empat titik. Selain barat, utara Rebana, timur Priangan dan selatan startnya dari Kabupaten Sukabumi," katanya kepada sukabumiupdate.com, saat menghadiri Muscab V Kadin Kabupaten Sukabumi, di salah satu hotel Sukabumi, Rabu (31/7/2019).

Apalagi nanti akan dibangun Bandara Internasional di Kabupaten Sukabumi sebagai entri poin untuk pengembangan industri wisata, yang akan mendukung Ciletuh sebagai Geopark Internasional.

"Disitu nanti akan tergenerit peluang-peluang ekonomi turunannnya, UMKM juga akan tumbuh, infrastruktur pendukung yang mengkonektifitasnya antara sumber ekonomi yang satu dengan sumber ekonomi yang lain juga akan dibangun infrastruktur ringroad sampai ke Pangandaran," paparnya.

BACA JUGA: Yudha: Kadin Baru Harus Dongkrak PAD Kabupaten Sukabumi

Menurutnya, ini akan menjadi peluang bagi Kabupaten Sukabumi dalam mengembangkan ekonomi daerahnnya. Untuk itu Kadin Jawa Barat bersama Kadin Kabupaten Sukabumi, mereposisi untuk mampu menciptakan para sodagar daerah Sukabumi dan pembinaan pengembangan para pengusaha yang sudah eksisting untuk dischelup bisnisnya supaya upsizing.

"Sehingga mampu mengakusisi semua potensi yang ada di Kabupaten Sukabumi oleh pelaku usaha atau sodagar di Sukabumi," ucapnya.

Selain itu, ini akan menggerakan ekonomi yang masif untuk Kabupaten Sukabumi, karena akan membentuk ekonomi turunanannya. Juga umkm akan tumbuh, kawasan-kawasan ekonomi baru yang di dalamnya ada kawasan industri, kawasan komersial, kawasan residensial akan pun tumbuh. 

"Semua ini harus direbut oleh pelaku usaha Sukabumi melalui koordinasi induk organisasi Kadin Kabupaten Sukabumi. Dan harus dimulai dari hari ini, kalau tidak maka peluang itu akan diambil orang lain dan binsnis oportunity akan hilang direbut oleh potensi daerah lain. Jangan sampai itu terjadi," imbuhnya.

BACA JUGA: Kadin Usul UMP Tak Lagi Mengacu Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Maka dari itu, lanjut Tatan, Kadin Jabar akan membangun sinergitas dengan Kadin Kota dan Kabupaten Sukabumi, serta seluruh Stakeholder seluruh Sukabumi, begitu juga dengan pelaku usahanya. Apalagi ia menilai banyak potensi di Sukabumi ini yang dapat diekporasi. 

"Sesuai dengan arahan Stakeholder yang pertama diekplorasi adalah wisata Sukabumi, agro industri, pertanian, perekebunan, kehutanan, peternakan, dan industri kelautan serta perikanan, karena Sukabumi punya pantai akan ekpoitasi dengan Pantai Palabuhanratu," tandasnya. 

Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH/ADV
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Dilansir dari tempo.co, Psikolog lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa Maya Sita mengatakan masyarakat dapat mengelola emosi untuk mengatasi tekanan psikologis saat harus bekerja di rumah di tengah wabah...

SUKABUMIUPDATE.com - Juru bicara pusat informasi dan koordinasi Covid-19 Kabupaten Sukabumi Harun Alrasyid menyatakan, warga Desa Cibodas, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, yang meninggal di RSUD Sekarwangi Cibadak pada Jumat...

SUKABUMIUPDATE.com - Indonesia Corruption Watch (ICW) merilis daftar narapidana kasus korupsi yang kemungkinan bebas bila Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly benar-benar merevisi Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2012...

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Kesehatan mengajak warga Sukabumi yang berprofesi di bidang kesehatan untuk bergabung menjadi sukarelawan yang nantinya akan ditempatkan di Rumah Sakit (RS) darurat Covid-19. Penerimaan sukarelawan dalam penanganan Covid-19...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya