Menu

Rabu, 31 Juli 2019, 16:07 WIB

Kadin Kabupaten Sukabumi Resmi Dipimpin Nani Kusmawaty

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kiri) Kabupaten Sukabumi, periode 2019 - 2024, Nani Kusmawaty dikukuhkan Kadin Jawa Barat, Tatan Pria Sudjana (Kanan). | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Nani Kusmawaty resmi terpilih menjadi ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Sukabumi, periode 2019 - 2024 pada Musyawarah Cabang (Muscab) ke V Kadin, di salah satu hotel Sukabumi, Rabu (31/7/2019).

BACA JUGA: Kadin Usul UMP Tak Lagi Mengacu Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Periode sebelumnya 2013-2018, tapuk kepemimpinan Kadin Kabupaten Sukabumi dipimpin oleh M Azis. Nani Kusmawaty dipilih secara aklamasi dan langsung dikukuhkan oleh Kadin Jawa Barat, Tatan Pria Sudjana.

Nani mengatakan, ada beberapa fokus utama selama tapuk kepemimpinannya kedepan, diantaranya pemberdayaan ekonomi melalui penguatan pelaku-pelaku usaha agar terjadi keseimbangan ekonomi dan kesatuan ekonomi antar wilayah di Kabupaten Sukabumi yang berimbang. 

"Kedua, mendorong percepatan pembangunan ekonomi berbasis kawasan. Aspek strategis ini dianggap penting karena perkembangannya sangat lambat dibandingkan pertumbuhan ekonomi sektoral dan perkembangan dunia usaha," katanya. 

Ketiga, lanjut Nani memperkuat ketahanan pangan dan energi. Dua sektor ini dinilai penting untuk mengimbangi dinamika pertumbuhan ekonomi dan penduduk. 

"Selanjutnya penciptaan usahawan baru yang bermanfaat dalam pengembangan dunia usaha dan kegiatan ekonomi serta penyerapan tenaga kerja," paparnya.

BACA JUGA: Pengembangan Energi Terbarukan, Kadin: Swasta Perlu Insentif

Terakhir tambah Nani, pengembangan investasi dan ekspor. Keduanya merupakan sumber pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan atau sustainable source of growth.

Oleh karena itu, pengusaha Sukabumi harus mampu berselancar dalam arus globalisasi yang semakin lama semakin besar dengan memanfaatkan kerjasama antar daerah, nasional bahkan internasional dengan tepat. Kerja sama melalui investasi ini juga harus dilakukan secara cerdas, bekerja sama tanpa harus kehilangan pengendalian atas kepemilikan aset-aset daerah. 

"Kami berharap pemerintah daerah dapat mendorong investasi dan menciptakan efisiensi dan produktivitas ekonomi di Kabupaten Sukabumi, untuk meningkatkan daya saing produk lokal agar tujuan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dapat tercapai, tandasnya.

Sementara itu, Kadin Jawa Barat, Tatan Pria Sudjana berharap dengan terpilihnya Kadin baru, kedepannya bisa lebih baik dan dapat mereposisi, sehingga Kadin menjadi induk organisasi pengusaha menjadi rumah bersama para pelaku usaha ekonomi di Kabupaten Sukabumi. 

"Bisa menyumbangkan petumbuhan ekonomi, memberikan nilai manfaat terhadap para pelaku usaha, apapun industri usahanya. Mulai dari industri usaha properti, pariwisata, dan pengusahan manufacture lain. Kadin baru juga diharapkan dapat mengakomodir asosiasi dan pelaku industri, serta mampu mewujudkan Kadin yang lebih baik hingga lima tahun kedepan," pungkasnya.

Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH/ADV
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.
    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya