Kadin Kabupaten Sukabumi Resmi Dipimpin Nani Kusmawaty

Rabu 31 Juli 2019, 09:07 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Nani Kusmawaty resmi terpilih menjadi ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Sukabumi, periode 2019 - 2024 pada Musyawarah Cabang (Muscab) ke V Kadin, di salah satu hotel Sukabumi, Rabu (31/7/2019).

BACA JUGA: Kadin Usul UMP Tak Lagi Mengacu Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Periode sebelumnya 2013-2018, tapuk kepemimpinan Kadin Kabupaten Sukabumi dipimpin oleh M Azis. Nani Kusmawaty dipilih secara aklamasi dan langsung dikukuhkan oleh Kadin Jawa Barat, Tatan Pria Sudjana.

Nani mengatakan, ada beberapa fokus utama selama tapuk kepemimpinannya kedepan, diantaranya pemberdayaan ekonomi melalui penguatan pelaku-pelaku usaha agar terjadi keseimbangan ekonomi dan kesatuan ekonomi antar wilayah di Kabupaten Sukabumi yang berimbang. 

"Kedua, mendorong percepatan pembangunan ekonomi berbasis kawasan. Aspek strategis ini dianggap penting karena perkembangannya sangat lambat dibandingkan pertumbuhan ekonomi sektoral dan perkembangan dunia usaha," katanya. 

Ketiga, lanjut Nani memperkuat ketahanan pangan dan energi. Dua sektor ini dinilai penting untuk mengimbangi dinamika pertumbuhan ekonomi dan penduduk. 

"Selanjutnya penciptaan usahawan baru yang bermanfaat dalam pengembangan dunia usaha dan kegiatan ekonomi serta penyerapan tenaga kerja," paparnya.

BACA JUGA: Pengembangan Energi Terbarukan, Kadin: Swasta Perlu Insentif

Terakhir tambah Nani, pengembangan investasi dan ekspor. Keduanya merupakan sumber pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan atau sustainable source of growth.

Oleh karena itu, pengusaha Sukabumi harus mampu berselancar dalam arus globalisasi yang semakin lama semakin besar dengan memanfaatkan kerjasama antar daerah, nasional bahkan internasional dengan tepat. Kerja sama melalui investasi ini juga harus dilakukan secara cerdas, bekerja sama tanpa harus kehilangan pengendalian atas kepemilikan aset-aset daerah. 

"Kami berharap pemerintah daerah dapat mendorong investasi dan menciptakan efisiensi dan produktivitas ekonomi di Kabupaten Sukabumi, untuk meningkatkan daya saing produk lokal agar tujuan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dapat tercapai, tandasnya.

Sementara itu, Kadin Jawa Barat, Tatan Pria Sudjana berharap dengan terpilihnya Kadin baru, kedepannya bisa lebih baik dan dapat mereposisi, sehingga Kadin menjadi induk organisasi pengusaha menjadi rumah bersama para pelaku usaha ekonomi di Kabupaten Sukabumi

"Bisa menyumbangkan petumbuhan ekonomi, memberikan nilai manfaat terhadap para pelaku usaha, apapun industri usahanya. Mulai dari industri usaha properti, pariwisata, dan pengusahan manufacture lain. Kadin baru juga diharapkan dapat mengakomodir asosiasi dan pelaku industri, serta mampu mewujudkan Kadin yang lebih baik hingga lima tahun kedepan," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi19 April 2024, 14:48 WIB

Gaji Belum Dibayar, Buruh Pabrik Tripleks Mengadu ke Disnakertrans Sukabumi

Terdapat 89 buruh yang belum menerima gaji, baik berstatus aktif maupun non-aktif.
Buruh pabrik pengolahan kayu tripleks (plywood) saat mendatangi kantor Disnakertrans Kabupaten Sukabumi pada Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Opini19 April 2024, 14:36 WIB

Kartini Hari Ini: Refleksi Pemikiran Pemberdayaan Perempuan dalam Konteks Multikulturalisme

Pemikiran Kartini tentang emansipasi perempuan masih memiliki relevansi. Namun, dalam mengaplikasikan pemikiran tersebut, perlu dipertimbangkan juga konteks multikulturalisme yang menjadi realitas masyarakat Indonesia saat ini
Dr. Tetty Sufianty Zafar, MM, Dosen Universitas Muhammadiyah Sukabumi/Sekretaris Forum Doktor Sukabumi/Pembina Research & Literacy Institute | Foto : Sukabumi Update
Sehat19 April 2024, 14:30 WIB

7 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Kayu Manis : Rempah Asli Indonesia Satu Ini Ternyata Punya Sederet Manfaat untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui.
Ilustrasi - Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui. (Sumber : pexels.com/@Mareefe)
Sehat19 April 2024, 14:00 WIB

Selain untuk Gula Darah, Ini 10 Manfaat yang Luar Biasa dari Buah Mengkudu

Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh.
Ilustrasi - Buah mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. (Sumber : Pixabay.com/@ignartonosbg).
Sukabumi Memilih19 April 2024, 13:54 WIB

Politisi PKB Miftahul Janah Didukung Warga Maju Pilkada Kota Sukabumi

Sejumlah warga Kota Sukabumi yang tergabung dalam RMJ mendorong politisi PKB, Miftahul Janah Janah untuk maju menjadi calon walikota / wakil walikota Sukabumi.
Miftahul Janah, Politisi PKB didorong maju Pilkada Kota Sukabumi 2024 | Foto : Sy
Sehat19 April 2024, 13:30 WIB

Segini Kisaran Kadar Gula Darah Normal Pada Lansia 50 Tahun ke Atas Setelah Makan

Gula darah tinggi menjadi lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia.
Ilustrasi - Gula darah tinggi menjadi lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia. (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Life19 April 2024, 13:00 WIB

6 Cara Menghilangkan Sifat Iri Dengki Dalam Diri Agar Hidup Tenang dan Damai

Menghilangkan sifat iri dan dengki memang harus dalam hidup. Sebab hal demikian untuk hidup lebih tenang dan damai.
Ilustrasi. Cara menghilangkan sifat iri dengki. Sumber Foto : Pexels/Liza Summer
Sehat19 April 2024, 12:30 WIB

7 Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Berikut Daftar Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. Sobat Sehat Wajib Tahu!
Ilustrasi. Serangan Asam Urat. Ketahui Apa Saja Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. | Foto: Freepik
Sukabumi19 April 2024, 12:00 WIB

Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal saat Seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi

Awalnya Lima menerima informasi bahwa siswi SMA Negeri 1 Cisaat ini pingsan.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat berinisial K saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Bola19 April 2024, 12:00 WIB

Bek Kiri Andalan Persib Ini Harus Absen Saat Pangeran Biru Jamu Persebaya

Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok.
Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok. (Sumber : Persib.co.id)