Menu

26 Jul 2019, 16:14 WIB

PT Muara Tunggal Sukabumi Pinjamkan Rp 2 Miliar untuk Karyawan

Kepala Koperasi Karyawan PT. Muara Tunggal, Sudarno, sedang memberikan pinjaman kepada salah satu karyawan secara simbolis. | Sumber Foto:Ruslan AG

SUKABUMIUPDATE.com - Koperasi Karyawan (Kopkar) PT Muara Tunggal, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, kembali memberikan pinjaman kepada karyawannya. Pinjaman yang disalurkan itu sebesar Rp 2.240.400.000, untuk 1.587 karyawan.

BACA JUGA: Kopkar PT Muara Tunggal Sukabumi Kembali Gelontorkan Pinjaman Rp 2 Milyar

"Dari Rp 2.240.400.000 ini, kategori pinjaman besar senilai Rp 1.316.500.000 dibagi kepada 203 orang karyawan dan untuk kategori pinjaman kecil diangka Rp 923 juta dibagikan kepada 1.384 orang karyawan," ujar Sekretaris Koperasi Karyawan (Kopkar) PT. MT Sugiyanto kepada sukabumiupdate.com, Kamis (25/72019).

Sugiyanto menjelaskan, pinjaman yang paling besar Rp 20 Juta per-orang. Dana yang gulirkan ini, lanjut dia, adalah tabungan dari anggota Kopkar yang rata-rata mencapai Rp1 Milyar setiap bulannya.

 

Karyawan PT Muara Tunggal sedang berkumpul atau antri untuk mengambil pinjaman/ Ruslan AG

Menurut Sugiyanto, Kopkar ini akan bekerja sama dengan pihak perbankan, apabila jumlah pinjaman melebihi dari kas. "Keuntungan koperasi berupa sisa hasil usaha atau SHU, akan dibagikan kembali kepada seluruh anggota dengan total rata-rata Rp 600 juta setiap tahunya," bebernya.

Compliance dan Manufacturing Excellent Manager PT. Muara Tunggal, Rusdi Budijanto Utomo mengungkapkan pihak manajemen sangat mendukung sekali dengan kegiatan koperasi karyawan tersebut.

BACA JUGA: PT Muara Tunggal Kabupaten Sukabumi Kucurkan Rp4 Milyar Demi Cegah Rentenir

Lanjut dia, kegiatan ini sebagai pemberdayaan keuangan anggota koperasi, sekaligus karyawan PT. Muara Tunggal dan tentunya banyak membantu solusi terhadap permasalahan keuangan anggota maupun keluarganya. 

"Namun, sangat disayangkan bahwa sampai saat ini kegiatan positif dan bermanfaat ini belum diikuti oleh perusahaan-perusahaan padat karya lain yang ada di Kabupaten Sukabumi," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Serikat Pekerja Nasional (SPN) PT Muara Tunggal, Tresna Wijaya menambahkan, salah satu penyelesaian permasalahan pekerja adalah dari sisi ekonominya. Maka dari itu, melalui Kopkar ini, ia mengaku sudah membuktikan pihaknya bersama manajemen PT. Muara Tunggal, memiliki komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja, salah satunya dengan berkoperasi. 

"Kami selalu mendorong dan membantu Kopkar PT Muara Tunggal untuk berinovasi dengan memanfaatkan keberadaan koperasi karyawan di lingkungan perusahaan. Beberapa program koperasi yang sudah berjalan diantaranya simpan pinjam dengan bunga koperasi hanya 2 persen, toko sembako, pengadaan kendaraan bermotor, perumahan, bantuan permodalan." pungkasnya.

Reporter : RUSLAN AG/ADV
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar proses pengujian spesimen bisa lebih dipercepat dengan target hingga 20 ribu per hari. Dengan begitu, pemerintah berencana untuk merekrut relawan besar-besaran...

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md memastikan tak akan ada penundaan Pilkada 2020. Pilkada yang telah digeser jadwalnya menjadi 9 Desember 2020, akan tetap...

SUKABUMIUPDATE.com - Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Endang L. Achadi memprediksi kehidupan normal baru di tengah wabah Covid-19 akan berlangsung lama. Menurut dia, itu karena butuh waktu yang...

SUKABUMIUDPATE.com - Liga Inggris secara resmi memberlakukan format lima pergantian pemain untuk sisa pertandingan musim 2019/20 yang akan digelar kembali pada 17 Juni mendatang. Sebagaimana diketahui, Liga Inggris sempat...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya