Menu

23 Jul 2019, 14:39 WIB

DPSEDM Dorong Olahan Ikan Ujunggenteng Jadi Oleh-oleh Geopark

Ibu ibu warga Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap mengkuti pelatihan pengolahan ikan di halaman kantor Desa Ujunggenteng, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Perindustrian dan Energi Sumber Daya Mineral (DPESDM) Kabupaten Sukabumi memberikan pelatihan industri kecil berbasis olahan ikan, di halaman kantor Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Selasa (23/7/2019).

BACA JUGA: Latih Pelaku IKM di Ciemas Sukabumi, DPESDM Olah Mangga Khas GCP

Kepala Desa Ujunggenteng, Muhammad Iran mengatakan, Kecamatan Ciracap kaya akan potensi hasil pertanian dan perikanan. Salah satu desa yang kaya akan potensi tersebut adalah Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap. Oleh karena itu, Pemdes Ujunggenteng mengusulkan pelatihan aneka olahan hasil perikanan ini.

"Selama ini belum ada oleh-oleh khas Ujunggenteng dan Pangumbahan. Maka dari itu, kami mengusulkan pelatihan aneka olahan hasil perikanan ini, yang nantinya disiapkan untuk oleh-oleh bagi wisatawan," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Selasa (23/7/2019). 

Usulan pelatihan tersebut, kata Iran dapat direalisasikan melalui Musrenbang,"Kami berharap usai pelatihan ini, peserta bisa menghasilkan produk yang akan dipasarkan di gerai Bumdes," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala DPESDM Kabupaten Sukabumi, Aam Ammar Halim menyampaikan, bahwa pelatihan industri hasil perikan akan dilaksanakan selama 4 hari. Materi yang diberikan diantaranya olahan, kerupuk, fish roll, nugget ikan, otak otak dan cireng ikan.

BACA JUGA: DPESDM Kabupaten Sukabumi Lirik IKM Kreatif, Olah Sayuran Lebih Bernilai Ekonomis

"Kami berharap pelatihan ini mampu menghasilkan produk, sehingga kedepan peserta didampingi tenaga penyuluh industri mampu menghasilkan produk, dan akan difasilitasi PIRT, halal, kemasan, kandungan gizi bahkan sampai bantuan alat," jelasnya.

"Pelatihan ini dibiayai APBD 2019, diharapkan mampu bersaing dengan produk lainnya, sehingga dapat menjadi Cinderamata Geopark," pungkasnya.

Kabid Industri Agro DPESDM, Yana Chefiana menegaskan DPESDM tidak hanya melayani wirausahawan baru, namun juga bagi pengrajin pemula yang sudah mampu menghasilkan produk, akan difasilitasi oleh DPESDM.

"Syaratnya tinggal cukup mudah, membuat usulan ditandatangani oleh pengrajin diketahui oleh kepala desa dan ditujukan kepada DPESDM," singkatnya.

Reporter : RAGIL GILANG/ADV
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kabupaten Sukabumi terus berupaya dalam memutus penyebaran pandemi Covid-19 atau virus Corona. Salah satunya, yakni larangan memarkirkan kendaraan baik roda dua maupun roda empat di area...

SUKABUMIUPDATE.com - Epidemiolog Pandu Riono meragukan protokol Covid-19 di kantor yang dibuat Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto bakal dipatuhi. Dilansir dari tempo.co, ia berpatokan pada rendahnya tingkat kepatuhan masyarakat dalam...

SUKABUMIUPDATE.com - Seorang tenaga kesehatan (nakes) Kota Sukabumi berinisial A, harus menelan pil pahit saat dirinya dinyatakan sebagai pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dan menjalani isolasi di RSUD R Syamsudin...

SUKABUMIUPDATE.com - Pemberlakuan absensi shareloc live diberlakukan bagi aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cianjur di hari pertama masuk kerja, Selasa (26/5/2020). Shareloc live dikirim sejak pagi dan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya