Ikan Asin Jenis Teri di Cicurug Tembus Rp 100 Ribu Perkilogram

Rabu 26 Juni 2019, 09:37 WIB

SUKABUMIUPDATE.com -  Pedagang ikan asin di Pasar Semi Modern (PSM) Cicurug Kabupaten Sukabumi, mengeluhkan sepinya pembeli akibat harga ikan asin yang terus mengalami kenaikan. Bahkan jenis ikan asin teri tembus hingga Rp 100 ribu perkilogram.

BACA JUGA: Penjualan Ikan Asin di Pasar Cibadak Kabupaten Sukabumi Menurun 70 Persen

Salah satu pedagang ikan asin, Dede Supriadi (36 tahun) mengaku penurunan omset penjualan hingga 50 persen, akibat naiknya harga ikan asin teri tersebut. Penurunan pendapatan itu dirasakannya menjelang pemilihan umum hingga sekarang, meskipun ketersediaan ikan asin jenis teri ini banyak namun sepi pembeli.

"Sangat signifikan kenaikan harga ikan asin teri sekitar 25 persen dari harga awal. Awalnya hanya Rp 80 ribu namun saat ini mencapai Rp 100 ribu perkilogram. Ini yang membuat omset saya menurun hingga 50 persen," ujarnnya kepada sukabumiupdate.com, Rabu (26/6/2019).

Menurutnya hampir semua jenis ikan asin teri mengalami kenaikan, seperti ikan asin teri nasi, teri Cue, teri asin, cumi asin, ikan asin sepat gede, mayoritas  mengalami kenaikan mulai Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu perkilogram. "Termasuk ikan asin jenis jambrong, bukan hanya mengalami kenaikan juga karena sulitnya stok," paparnya.

 BACA JUGA: Garam Langka dan Mahal Picu Kenaikan Harga Ikan Asin di Kota Sukabumi

Kordinator unit pasar Cicurug, Sulaeman membenarkan harga ikan asin di Pasar Cicurug ini mengalami kenaikan. "Ikan asin teri itu dari Rp 70 ribu menjadi 80 ribu perkilogram, hingga saat ini mencapai Rp 100 ribu perkilogram," jelasnya.

Selain jenis ikan asin, kata Sulaeman pada minggu ke IV Juni 2019 sejumlah kebutuhan dapur pun mengalami kenaikan harga.

"Cabai keriting dari Rp 40 ribu perkilogram menjadi Rp 46 ribu perkilogram, cabai besar Rp 40 ribu perkilogram menjadi Rp 46 ribu, cabai hijau dari Rp 24 ribu menjadi Rp 40 ribu, cabai rawit merah dari 24 ribu menjadi Rp 32 ribu perkilogram," rincinya.

Meskipun ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan, kata Sulaeman, namun situasi pembeli masih terbilang berjalan normal. "Kenaikan harga itu faktor transportasi yang biasanya mudah sekarang agak sulit," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer