Menu

22 Mei 2019, 17:39 WIB

Update Harga Sembako di PSM Palabuhanratu, Bawang Putih Mulai Turun

Pedagang bumbu daput di PSM Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi | Sumber Foto:Nandi

SUKABUMIUPDATE. com - Dua pekan menjelang hari raya Idul Fitri 1440 H, harga bawang putih di Pasar Semi Modern (PSM) Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, mengalami penurunan.  

BACA JUGA: Harga Sembako di PSM Palabuhanratu Stabil, Cabai Masih Susah Diprediksi

Pencatat harga Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) PSM Palabuhanratu, Maulana membenarkan adanya penurunan harga bawang putih. Sepekan memasuki bulan Ramadan atau minggu pertama Mei 2019 harga bawang putih mencapai RP 60 ribu per kilogramnya. 

"Iya beberapa hari ini harga bawang putih turun, dari Rp 60 ribu per kilogramnya menjadi Rp 50 ribu per kilogramnya. Bahkan hari ini menjadi Rp 32 ribu per kilogram," ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Rabu (22/5/2019).

Sementara untuk harga bahan pokok, kata Maulana masih terbilang stabil diantaranya beras premium Rp 11 ribu per kilogram, gula pasir Rp 13 ribu per kilogram, minyak goreng kemasan Rp 13 ribu per liter, telur ayam ras Rp 25 ribu per kilogram, cabai merah kriting Rp 28 ribu per kilogram, cabai rawit hijau Rp 20 ribu per kilogram, daging kerbau dan daging sapi Rp 110 ribu perkilogram.

"Harga sembako di bulan Ramadan ini memang gak menentu, sewaktu waktu bisa berubah-ubah. Alhamdulillah, sejauh ini untuk pengiriman sembako dari distributor masih lancar," jelasnya.

BACA JUGA: Sehari Usai Pencoblosan, Harga Cabai Merah dan Bawang Putih di PSM Palabuhanratu Naik

Kendati demikian, tambah Maulana ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga. Meskipun tidak signifikan, faktor kiriman dari distributornya berkurang. Seperti harga cabai merah besar dari Rp 32 ribu perkilogram menjad Rp 35 ribu per kilogram, cabai rawit merah dari Rp 32 ribu per kilogram menjadi Rp 35 ribu per kilogram, bawang merah dari Rp 25 ribu perkilogram menjadi Rp 28 ribu per kilogramnya.

"Mudah-mudahan harga sembako menjelang perayaan Idul Fitri nanti stabil. Kita juga akan memantau setiap hari dan mencatatnya untuk menjadi laporan ke dinas," pungkasnya.

Sementara itu, salah seorang pembeli di PSM Palabuhanratu, Ernawati (32 tahun) berharap, menjelang perayaan Idul Fitri nanti tidak ada kenaikan harga. Khusunya untuk kebutuhan dapur.

"Sebagai masyarakat kita berharap tidak ada kenikan harga menjelang lebaran nanti, kalaupun ada ya tidak terlalu mahal lah," singkatnya.

Reporter : NANDI
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar menyebut ketegangan antara Indonesia dengan Tiongkok (Cina) di Laut Natuna tak berpengaruh pada kerja sama ekonomi...

SUKABUMIUPDATE.com - Memasuki tahun 2020 BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sukabumi, perpanjang kerjasama dalam hal pendaftaran peserta program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu...

SUKABUMIUPDATE.com – Warga Kecamatan Warungkiara Kabupaten Sukabumi Jawa Barat jadi korban penipuan modus arisan uang. Pelaku penipuan saat ini menghilang, korban lapor polisi karena mengalami kerugian hingga belasan juta...

SUKABUMIUPDATE.com - Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok untuk Indonesia, Xiao Qian memberikan dua unit mobil kepada Desa Sukajaya. Hal itu disampaikan dalam kunjungannya ke Desa Sukajaya, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya