Menu

Jumat, 10 Mei 2019, 14:54 WIB

Investor Bidik Kabupaten Sukabumi Kembangkan Bawang Putih

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami ikut memanen bawang putih. | Sumber Foto:Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - PT. Agri Muda Indonesia mewakili para importir bawang putih bersilaturahmi dengan Bupati Sukabumi, Marwan Hamami di Pendopo Kabupaten Sukabumi, Jumat (10/5/2019).  Silaturahmi tersebut untuk menyampaikan kebutuhan lahan terkait investasi pengembangan bawang putih di Kabupaten Sukabumi.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Sudarajat mengungkapkan keberhasilan penanaman bawang putih di beberapa wilayah menjadi potensi untuk dikembangkan.

BACA JUGA: Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Beri Bocoran Program di 2019

"Alhamdulillah penanaman berhasil di wilayah Goalpara, Sukalarang dan Sukaraja. Sehingga itu menjadikan komoditas bawang putih menjadi potensi besar untuk dikembangkan di Kabupaten Sukabumi," ujarnya melaporkan.

Sementara itu, perwakilan pengembang bawang putih, Arif menyampaikan bahwa keberhasilan Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi dalam membudidayakan bawang putih di Goalpara dan sempat viral di media mendapat apresiasi Menteri Pertanian. Bahkan Dirjen Pertanian mendorong peningkatkan pertanian bawang putih di Kabupaten Sukabumi.

"Kendala yang dihadapi oleh investor adalah masalah lahan, untuk pengembangan bawang putih. Pengembangan kedepan harus bisa bersaing dengan produk negara lain, kami juga menyampaikan terima kasih kepada bapak bupati atas dukungannya terhadap sektor pertanian bawang putih di Sukabumi," ungkap Arif.

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami mengatakan, masuknya investasi bawang putih di Kabupaten Sukabumi relevan dengan potensi sumberdaya alam yang begitu besar, karenanya sektor pertanian dikembangkan secara optimal.

"Terbukti ketika bawang putih dikembangkan oleh Pemkab Sukabumi melalui dinas pertanian sudah bisa mendapatkan hasil yang baik, untuk pengembangan kedepan, importir bawang putih bisa mencoba lahan di Kecamatan Kabandungan, yang akan diberdayakan seluas 10 Ha," papar Marwan.

Marwan juga medorong penyuluh pertanian untuk mensosialisasikan prospek dan keberhasilan panen bawang putih kepada masyarakat.

BACA JUGA: BEM Faperta UMMI Sebut Lahan Pertanian di Kabupaten Sukabumi Terus Berkurang

"Selain bawang putih dan kopi yang cukup baik kualitasnya, Kabupetm Sukabumi juga memiliki potensi wisata yang luarbiasa. Sehingga bisa diintegrasikan antara pengembangan pertanian dan kepariwisataan," pungkasnya.

Hadir mendampingi Bupati, Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Kadis Pertanian, Kadis Dagkop dan UKM, Kadis Kominposan, Kabag Bina Perekonomian, Kabag KPI serta Kabid Informasi dan Komunikasi Publik.

Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
Sumber : DISKOMINFOSAN KABUPATEN SUKABUMI/ADV
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Pemkab Sukabumi melalui Dinas Koperasi Perdagangan dan Usaha Kecil Menengah (DPKUKM) Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan Bazar Ramadan 1440 Hijriah di halaman kampus STISIP Widyapuri Mandiri, Cisaat, Kabupaten Sukabumi,...

SUKABUMIUPDATE.com - Katarak merupakan sebuah kondisi di mana terjadi kekeruhan pada sebagian maupun keseluruhan lensa mata. Akibatnya, penderita pun tidak dapat melihat objek dengan jelas dan sempurna. Meski ini secara...

SUKABUMIUPDATE.com - Memasuki dua pekan bulan suci Ramadan, harga bahan pokok di Pasar Surade, Kabupaten Sukabumi berangsur mengalami penurunan secara bertahap. "Ada beberapa komoditi yang mengalami penurunan harga, namun tidak...

SUKABUMIUPDATE.com - Kabupaten Sukabumi merupakan satu di antara enam daerah di Jawa Baray yang ditunjuk menjadi sentra pengembangan kawasan produksi pisang penerima APBN 2019.  BACA JUGA: Distan Kabupaten Sukabumi, Fasilitasi Pelatihan...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya