Menu

09 Apr 2019, 17:25 WIB

Jarang Hujan, Pesawahan di Surade Sukabumi Mulai Kekeringan

Pesawahan di Kampung Cimaja - Sawungloa, Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, mengalami kekeringan. | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Musim taman padi kedua di tahun 2019, pesawahan di Kampung Cimaja - Sawungloa, Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, terancam kekeringan.

"Sekitar lima hektar sawah di daerah sini mengalami kekeringan, tapi gak tau di daerah lainya," ujar salah seorang petani, Budi Solehudin (45 tahun) kepada sukabumiupdate.com, Selasa (9/4/2019).

Menuturnya, kekeringan tersebut diakibatkan irigasi dari aliran sungai menyurut, karena selama satu minggu ini tak kunjung turun hujan."Ya sudah hampir seminggu ini belum turun hujan," ungkapnya.

BACA JUGA: Sawah di Palabuhanratu Dilanda Kekeringan, Petani Merasa Kemarau Sekarang Lebih Parah

Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Surade, Pipin menambahkan, saat ini di beberapa lokasi pesawahan memang mengalami air surut.

"Kami belum melaporkan adanya kekeringan, karena padi masih tumbuh hijau. Adapun air hanya mengalami surut sehingga tidak mencukupi kebutuhan tanaman padi," katanya.

Menurut Pipin, pesawahan yang terancam kekeringan sekitar 20 hektar dan terbagi tiga desa, yakni Desa Pasiripis, Desa Buniwangi dan Desa Jagamukti.

"Kalau dalam dua minggu ini tak kunjung hujan pesawahan di tiga desa itu terancam kekeringan. Namun kebutuhan palawija masih mencukupi," paparnya.

Pipin berharap minggu ini akan segera turun hujan, khususnya di wilayah Kecamatan Surade. "Jika tidak kunjung hujan kami berusahan menggunakan pompa air," pungkasnya.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com -  MotoGP Jepang tahun ini telah menjadi seri keenam yang secara resmi dibatalkan. Mulanya balapan di Sirkuit Motegi akan diadakan pada 18 Oktober, antara Thailand GP dan Malaysian...

SUKABUMIUPDATE.com - Pernah merasa kehilangan motivasi tentang pekerjaan Anda, lalu tak dapat menyelesaikannya dengan baik? Mungkin sekarang saatnya Anda mengganti pekerjaan.  Karier saat ini mungkin memberi Anda gaji yang layak,...

SUKABUMIUPDATE.com - Memasuki Juni 2020, sejumlah drama Korea baru siap hadir menyapa penonton. Tentunya menawarkan berbagai genre dan cerita menarik. Bukan hanya dari plotnya saja, tapi drama Korea yang bakal...

SUKABUMIUPDATE.com - Alat bantu pernapasan, ventilator, selalu menghantui pasien Covid-19. Sudah luas diketahui  virus corona  2019 bisa memicu badai sitokin  penyebab peradangan parah di paru-paru hingga si empunya organ...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya