Menu

Selasa, 09 April 2019, 17:25 WIB

Jarang Hujan, Pesawahan di Surade Sukabumi Mulai Kekeringan

Pesawahan di Kampung Cimaja - Sawungloa, Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, mengalami kekeringan. | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Musim taman padi kedua di tahun 2019, pesawahan di Kampung Cimaja - Sawungloa, Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, terancam kekeringan.

"Sekitar lima hektar sawah di daerah sini mengalami kekeringan, tapi gak tau di daerah lainya," ujar salah seorang petani, Budi Solehudin (45 tahun) kepada sukabumiupdate.com, Selasa (9/4/2019).

Menuturnya, kekeringan tersebut diakibatkan irigasi dari aliran sungai menyurut, karena selama satu minggu ini tak kunjung turun hujan."Ya sudah hampir seminggu ini belum turun hujan," ungkapnya.

BACA JUGA: Sawah di Palabuhanratu Dilanda Kekeringan, Petani Merasa Kemarau Sekarang Lebih Parah

Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Surade, Pipin menambahkan, saat ini di beberapa lokasi pesawahan memang mengalami air surut.

"Kami belum melaporkan adanya kekeringan, karena padi masih tumbuh hijau. Adapun air hanya mengalami surut sehingga tidak mencukupi kebutuhan tanaman padi," katanya.

Menurut Pipin, pesawahan yang terancam kekeringan sekitar 20 hektar dan terbagi tiga desa, yakni Desa Pasiripis, Desa Buniwangi dan Desa Jagamukti.

"Kalau dalam dua minggu ini tak kunjung hujan pesawahan di tiga desa itu terancam kekeringan. Namun kebutuhan palawija masih mencukupi," paparnya.

Pipin berharap minggu ini akan segera turun hujan, khususnya di wilayah Kecamatan Surade. "Jika tidak kunjung hujan kami berusahan menggunakan pompa air," pungkasnya.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Dasep alias Yudi (31 tahun), pria asal Surade, Kabupaten Sukabumi dijatuhi vonis 10 tahun penjara karena terbukti secara sah membantu pembunuhan berencana terhadap eks wartawan Abdullah Fithri...

SUKABUMIUPDATE.com - Majid (59 tahun) seorang pembuat tungku dari bahan batu, warga Kampung Pasekon RT 02/03 Desa Kadamengan, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, merindukan anak pertamanya yang bekerja selama 12...

SUKABUMIUPDATE.com - Para pengrajin gula semut yang dikelola oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Sukatani, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi mengalami kendala dalam bidang pemasaran. Padahal gula semut tersebut mempunyai...

SUKABUMIUPDATE.com - Layaknya adegan dramatis dalam film laga, seorang petani bernama Jahid (27 tahun) warga Kampung Sindangjajar, Desa Sukamukti, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi berhasil diselamatkan petugas TNI AD Posramil...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya