Menu

20 Peb 2019, 16:18 WIB

Testimoni Seniman, BPR Sukabumi Cabang Jampangkulon Ikut Bantu Pelestarian Budaya

Seniman Wayang Golek Asal Jampangkulon yang menjadi nasabah BPR | Sumber Foto:Ragil Gilang.

SUKABUMIUPDATE.com – Keberadaan Bank Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Sukabumi ternyata juga dimanfaatkan untuk pengembangan seni budaya. Sepetti di BPR Sukabumi cabang Jampangkulon yang memiliki nasabah dari kalangan seniman, yang membutuhkan modal untuk pelestrarian budaya sunda.

Seperti diungkapkan Madin SU Junaedi Putra (60 tahun) nasabah BPR Cabang Jampangkulon. Madin adalah semiman wayang golek alias dalang di  lingkung seni Giri Mulya Kampung Sukasirna RT 18 RW 06  Desa Sukamukti, Kecamatan Waluran, kabupaten Sukabumi.

"Dengan adanya BPR cabang Jampangkulon,merasa terbantu untuk mengembangkan seni budaya, terutama permodalan membuat wayang golek,"ucap Madin, kepada Sukabumiupdate.com,Rabu (20/2/2019).

BACA JUGA: Perumda BPR Cabang Sukaraja Ajak Orangtua Ikuti Tabungan Siwajar

Madin lalu bercerita tentang kemudahan yang didapatka selama menjadi nasabah BPR. “Pinjaman pertama sebesar Rp.3 juta, diangsur per bulan Rp.230.000 selama 18 bulan, kami merasa terbantu karena kami tidak selamanya ada panggilan untuk nanggung, sedangkan  koleksi wayang harus tetap dirawat dan diperbaharui,"jelasnya.

Madin pun sudah tiga kali pinjam dana ke BPR untuk kebutuhan lingkung seninya. “Sebenarnya pihak  BPR menawarkan untuk pinjaman lebih dari 3  juta, alhamdulillah proses cepat,"pungkasnya.

Sementara itu bagian penerima kredit BPR Jampangkulon Widiawati menjelaskan untuk pengajuan kredit modal usaha cukup mudah. “Persyaratannya cukup foto copy KTP, KK, pas photo terbaru, jaminan dan Surat Keterangan Usaha (SKU) dari desa tempat tinggal,"tuturnya.

Untuk proses pencairannya sambung Widiawati tidak membutuhkan waktu lama. “Nanti ada petugas survey yang jelas kami siap untuk membantu permodalan usaha kecil menengah, "tambahnya.

Reporter : RAGIL GILANG
Redaktur : FIT NW
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Setengah dari populasi Indonesia diperkirakan akan terinfeksi virus corona di Indonesia jika tak kunjung diberlakukan lockdown. Dilansir dari suara.com, hingga Jumat (27/3/2020), tercatat ada 893 kasus virus corona...

SUKABUMIUPDATE.com - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sukabumi merilis data lonjakan Orang Dalam Pemantauan (ODP) per hari ini, Sabtu (28/3/2020). Tercatat ODP yang sehari sebelumnya berjumlah 202 orang,...

SUKABUMIUPDATE.com - Juru Bicara Pemerintah untuk Penangananan Covid-19 Achmad Yurianto dianggap melontarkan kalimat kontroversial ketika memberikan keterangan pers soal perkembangan kasus corona di Indonesia. Dilansir dari suara.com, dalam pernyataan...

SUKABUMIUPDATE.com - Hujan deras disertai angin kencang melanda Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (28/3/2020). Akibatnya, belasan rumah porak-poranda. Atap berterbangan dan pohon tumbang di Kampung Pasisangan RT 18/05 Desa Pondokkaso...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya