Menu

Kamis, 17 Januari 2019, 08:16 WIB

Pujasera Lengkong, Cara Masyarakat Tangkap Peluang Ekonomi Wisatawan Geopark Ciletuh

Pujasera Lengkong yang menjadi tempat istirahat wisatawan atau masyarakat yang hendak berkunjung ke daerah Geopark Ciletuh. | Sumber Foto:Demmi Pratama

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi warga Sukabumi dan luar kota yang berencana berakhir pekan ke daerah Geopark Ciletuh Palabuhanratu dengan melewati daerah Kecamatan Lengkong, bisa mampir dulu ke Pusat Jajanan Serba Ada (Pujasera) Lengkong. Pujasera ini dibangun di atas lahan seluas 2.000 meter dan ditempat ini terdapat 12 pedagang yang menyajikan beraneka ragam makanan. Tempatnya nyaman dengan didukung lahan parkir yang cukup luas dan hanya berjarak 500 meter dari pusat Kecamatan lengkong.

Dengan adanya pujasera ini, masyarakat lengkong yang awalnya hanya jadi penonton kini bisa menangkap peluang ekonomi dari wisatawan Geopark Ciletuh Palabuhanratu.

"Jika dulu kami hanya jadi penonton dan bingung bagaimana caranya menjaring tamu yang akan menuju Geopark Ciletuh, saat ini kami jadi pelaku usahanya. Mudah-mudahan kedepan kita juga bisa memperkenalkan produk lokal khas daerah Lengkong," ujar Herman (39 tahun) seorang pedagang bakso di pujasera tersebut.

Pujasera lengkong baru dibuka sekitar 3 minggu namun para pedagang termasuk Herman sudah merasakan dampak baiknya. Dia merasakan omset dari usahanya meningkat setelah berjualan di pujasera.

"Dulu saya berjualan di kampung sebelum di pujasera, sekarang omset saya naik sekitar 60 persen dari sebelumnya, dalam satu hari omset saya mencapai Rp 1,5 juta," beber Herman.

Penggagas pujasera Lengkong, Anwar Sanusi (52 tahun) mengatakan, ide pembuatan pujasera ini diperoleh karena melihat keberadaan Kecamatan Lengkong yang menjadi daerah perlintasan menuju Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Dengan adanya Pujasera ini diharapkan masyarakat di Kecamatan Lengkong dapat merasakan efek keberadaan Geopark Ciletuh Palabuhanratu yang sudah diakui dunia saat ini.

BACA JUGA: Live Akustik, Temani Nongkrong Kenyang di Pujasera Cibadak Selama Libur Panjang

"Dengan adanya pujasera ini saya harapkan dapat membantu menaikkan perekonomian masyarakat dengan memanfaatkan pengunjung yang akan menuju Geopark Ciletuh Palabuhanratu," ungkap Anwar.

Saat ini pujasera lengkong juga ramai dikunjungi masyarakat sekitar yang ingin sekedar menikmati jajanan dan bersantai dengan keluarga.

Reporter : DEMMI PRATAMA
Redaktur : ANDRI S
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Satu lagi nih penganan yang bisa jadi buah tangan jika anda berlibur ke daerah Pajampangan, khususnya kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Bolu Mangga Wenk Bakery, makanan bertekstur lembut...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya