Menu

Kamis, 17 Januari 2019, 06:20 WIB

Sambut Panen Raya Durian, Distan Kabupaten Sukabumi Pernah Tanam 12.000 Pohon

Durian lokal yang sedang melimpah dari hasil panen di Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi. | Sumber Foto:Nandi

SUKABUMIUPDATE.com - Saat ini, di wilayah Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi sedang memasuki masa panen raya buah durian. Alhasil, buah yang memiliki potensi harga jual yang tinggi ini melimpah. Bukan hanya di Cikakak, namun di berbagai wilayah lainnya juga ikut memasuki panen durian.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Sudrajat menyebutkan, saat ini di berbagai wilayah Kabupaten Sukabumi sedang panen raya buah durian yang memang setiap musimnya melimpah. Bukan hanya di wilayah Kecamatan Cikakak saja.

"Alhamdulillah, saat sekarang di banyak tempat sedang panen raya durian, termasuk di Palabuhanratu," kata Sudrajat kepada sukabumiupdate.com, Rabu (16/1/2019).

Dijelaskan Sudrajat, melimpahnya buah dengan cangkang berduri dan beraroma khas ini membuat sejumlah warga berinisiatif melaksanakan syukuran hasil panen dengan menggelar Festival Pesona Durian lokal di masing-masing wilayah desa.

"Ada festival durian di Cimanggu, Kecamatan Palabuhanratu. Lalu nanti tanggal 1-3 Februari 2019 ada festival durian di Kecamatan Cikakak," jelasnya.

BACA JUGA: Ini Si Geudang, Durian Cikakak Sukabumi Pesaing Gandaria

Sudrajat membenarkan, sejak dulu wilayah Kabupaten Sukabumi di beberapa kecamatan berpotensi bagus untuk di tanami durian. Potensi tersebut yang menurutnya harus terus dikembangkan. Ia menyebutkan, durian yang banyak dipanen sekarang itu sudah ditanam sejak bertahun-tahun yang lalu di wilayah yang cocok ditanami durian.

"Dinas Pertanian pada tahun 1994 pernah menanam di wilayah Kecamatan Warungkiara, Palabuhanratu, Cikakak, Cisolok dan Cikidang. Saat itu penanaman 12.000 pohon," tandasnya.

Reporter : NANDI/ADV
Redaktur : HERLAN HERYADIE
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kabupaten Sukabumi melalui Dinas Pertanian (Distan) dinobatkan menjadi stan penilaian terbaik 1, di ajang West Java-Bandung Festival Tea 2019, yang merupakan pameran komoditas teh dari berbagai...

SUKABUMIUPDATE.com -  Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Sukabumi menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan pengolahan hasil kelapa terhadap 50 perajin gula merah kelapa yang tergabung dalam Kelompok Tani Warungwaru Kampung Cihaur...

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah akan merekrut calon pegawai negeri sipil atau CPNS sebanyak 100.000 orang pada tahun 2019. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin menyebutkan seratus ribu orang CPNS itu dilakukan pada bulan...

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan bahwa selama ini pengelolaan utang sebagai instrumen keuangan untuk membiayai anggaran dilakukan secara hati-hati dan bertanggung jawab. "Dibicarakan secara transparan. Bukan ujug-ujug, tidak ugal-ugalan,"...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya