Menu

Kamis, 09 Agustus 2018, 16:00 WIB

Resmikan 2 Gedung, Bupati Bakal Kembangkan UKM ke Ibu Kota Kabupaten Sukabumi

Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat meresmikan dua gedung baru. | Sumber Foto:Garis Nurbogarullah

SUKABUMIUPDATE.com - Bupati Sukabumi Marwan Hamami meresmikan dua gedung baru yakni Sukabumi Craft Center Gerai Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sukabumi dan Rumah Kuliner Sukabumi.

Pembukaan dua gedung tersebut diawali dengan penampilan jaipongan dan ditandai tekan tombol serine oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami.

Marwan berharap, dengan diresmikannya dua gedung ini bisa menampung Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di Kabupaten Sukabumi untuk bisa dipasarkan melalui Dekranasda.

BACA JUGA: Wujudkan Kedaulatan Pangan, Bupati Sukabumi Luncurkan Beras Sukabumiku

"Mudah-mudahan  potensi ini bisa membangkitkan peluang ekonomi penguatan keluarga nantinya," ujar Marwan kepada awak media di halaman gedung Dekranasda Kabupaten Sukabumi, Jalan Raya Cigayung, Sukamanah, Kecamatan Cisaat, Kamis (9/8/2018).

Namun demikian, sambungnya, keberadaan dekranasda harus di topang oleh dinas-dinas yang terus memberikan suport, baik pelatihan atau pendidikan para UKM terutama di sektor pembiyayaan sehingga nantinya bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sukabumi.

"Tidak hanya saja sektor industri yang sudah mapan, tapi industri kecilpun bisa berjalan. Selama ini kesulitan mereka di pemasaran, nah dekranasda lah yang nanti menjadi wadah bagi mereka untuk memasarkannya," ucap orang nomor satu di Kabupaten Sukabumi ini.

Lebih lanjut ia menjelaskan, kedepannya jika outlet ini berjalan mulus dan bagus maka tidak menutup kemungkinan akan dibangun kembali di Ibu Kota Kabupaten Sukabumi.

"Kalau disini kan lintasan jalur padat, jadi bisa mempercepat dalam memperkenalkan produk. Kalau ini sudah berjalan bagus, di Ibu Kota Kabupaten pun sama akan didirikan yang representatif," terangnya.

Menurut Marwan, dengan adanya dekranasda dapat memfasilitasi pengembangan pelaku UKM seperti mulai muncul UKM unggulan yang bisa memberikan dorongan bagi UKM yang lain untuk bisa melakukan hal yang sama.

BACA JUGA: Kunjungi Gebyar KB, Bupati Sukabumi: Desa Tamanjaya Jadi Percontohan

"Kami juga terus memberikan pelatihan-pelatihan, baik desain, produk, management perusahaan dan lainnya," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala DPKUKM Kabupaten Sukabumi, Asep Japar memaparkan, pelaksanaan acara ini merupakan kerjasama pihaknya dengan Dekrasnada Kabupaten Sukabumi.

"Pembangunan ini merupakan pembangunan rehabilitasi, sekaligus penambahan bangunan menjadi dua lantai yang pada awalnya kita bangun pada 2008. Tapi dengan bertambahnya dan kemajuan pelaku UKM serta kebijakan Bupati bahwa untuk pembangunan perlu adanya penambahan dan Alhamdulillah hari ini kita resmikan menjadi dua lantai," paparnya.

Selain itu, kata Asep, ditambah dengan rumah kuliner, dimana rumah kuliner ini menyediakan aneka makanan dan minum sebagai salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Sukabumi untuk memfasilitasi kerajinan tangan dan UKM.

BACA JUGA: Bupati Sukabumi Harap Koperasi Mampu Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi di Pesisir Selatan

"Rumah kuliner ini sebagai sarana penunjang  pengembangan usaha mikro kecil terutama produknya, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan pengrajin UKM sesuai dengan Visi dan Misi Kabupaten Sukabumi," ungkapnya.

Kedepannya sesuai dengan harapan, tutur Asep, pendapatan para UKM akan terus meningkat bagus dan pengembangannya bukan hanya disini saja tapi juga di wilayah selatan Geopark.

"Wilayah selatan juga akan menjadi suport karena geopark salah satu potensi untuk meningkatkan UKM. Salah satunya seperti yang dikatakan Bupati yakni menu Bakakak Ayam Kampung Surade," pungkasnya.

Reporter : GARIS NURBOGARULLAH/ADV
Redaktur : KHAERU SOBRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com -  Semen Padang FC sukses mengamankan tiga poin setelah menaklukkan tamunya, Kalteng Putra dengan skor tipis 1-0 dalam lanjutan pekan ke-28 Liga 1 2019 pada Kamis (21/11/2019) malam. Pada...

SUKABUMIUPDATE.com -   Raisa melalui JUNI Record akan menjadi satu-satunya penyanyi perempuan yang menggelar konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Konser itu sendiri rencananya akan digelar pada 27...

SUKABUMIUPDATE.com -  Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting dipastikan bakal memperkuat tim Indonesia di SEA Games 2019. Kepastian itu disampaikan Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PBSI, Susy...

SUKABUMIUPDATE.com -  Youtuber cantik Ruby Day mendadak populer setahun belakangan. Wanita seksi berambut merah ini sering mengunggah konten memasak di kanal YouTube miliknya. Bukan masak biasa, ia selalu tampil...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya