Menu

13 Jun 2018, 16:42 WIB

Pedagang Ketupat di Kota Sukabumi Kebanjiran Pembeli

Pedagang ketupat bersama dengan pembelinya di Jalan Kapten Harun Kabir. | Sumber Foto:Garis Nurbogarullah

SUKABUMIUPDATE.com - Hari raya Idul Fitri tidak lengkap rasanya jika tidak dibarengi dengan makan ketupat. Momen tersebut tentu tidak disia-siakan oleh pedagang ketupat musiman di Kota Sukabumi untuk meraup rezeki.

Seperti yang diungkapkan Surahman (45 tahun), salah seorang pedagang ketupat di Jalan Kapten Harun Kabir. Ia mengaku dari H-3 mulai berjualan ketupat. Bahkan rela tidak pulang ke rumah karena harus merajut ketupatnya di tempat.

BACA JUGA: Jelang Lebaran, Tarif Angkutan Umum di Terminal Lembur Situ Sukabumi Naik 50 persen

"Alhamdulillah, setiap hari raya Idul Fitri dan Idul Adha tidak terlewatkan saya berjualan ketupat. Lumayan untuk menutupi kebutuhan rumah tangga," ujar Surahman, warga Kampung Kekenceng, Desa Selaawi, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Rabu (13/6/2018).

Menurut Surahman, dalam sehari Ia bisa menjual hingga 250 ketupat. Harganya Rp7 ribu untuk satu ikatnya. "Perikatnya 10 buah. Kadang juga suka ada yang kehabisan, tapi pada mau nungguin. Kemarin aja pas buka bawa 250 dari rumah langsung abis," ucapnya.

Surahman mengaku mengalami kesulitan untuk mendapatkan bahannya (Daun Kelapa). Apalagi dalam satu ikat, terkadang ada saja yang tidak terpakai.

"Daun kelapanya agak sulit. Untung sudah dipersiapkan dari jauh, sehingga kami punya stok hingga seribu buah," imbuhnya.

Surahman terlihat sangat piawai membuat ketupat. Untuk satu buah, hanya membutuhkan waktu sekitar 32 detik perbuahnya.

Sementara itu, salah seorang pembeli Julaeha (50 tahun), mengaku lebih baik menunggu dari pada tidak mendapatkan ketupat sambil istirahat usai belanja.

"Nunggu pesenan kupat, sambil istirahat saja. Cuma pesen 60 buah,"singkatnya.

Reporter : GARIS NURBOGARULLAH
Redaktur : MULVI MN
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Bupati Sukabumi, Adjo Sardjono mengunjungi rumah kediaman keluarga almarhumah Reni Marlinawati di Kampung Cimaja Girang, Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jumat (8/8/2020). Adjo tiba sekitar...

SUKABUMIUPDATE.com - Reni Marlinawati, politisi senior PPP meninggal dunia, Jumat (7/8/2020) siang sekitar pukul 14.15 WIB akibat serangan jantung. Sejak itu pula, pelayat berdatangan ke kediaman keluarga di Kampung...

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah akan memberikan stimulus ekonomi dengan cara memberikan subsidi kepada pekerja yang memiliki pendapatan di bawah Rp 5 Juta. Dikutip dari Suara.com, Ketua Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional...

SUKABUMIUPDATE.com - Jika Anda percaya dengan iklan yang menyebutkan, setiap anak membutuhkan vitamin kunyah setiap hari, apakah itu benar? Para ahli mengatakan belum tentu seperti itu. Idealnya, anak-anak harus mendapatkan...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya