Menu

03 Mei 2018, 18:42 WIB

Sejumlah Kyai di Surade dan Ciracap Sukabumi Dilatih Budidaya Ternak Itik Lokal

Sejumlah Kyai Muda mengikuti penyuluhan Bintek Budidaya Ternak Itik. | Sumber Foto:Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Ratusan ustadz yang tergabung dalam Ikatan Sejahtera Kyai Muda (ISTAKIM) Kecamatan Surade dan Ciracap mendapat pelatihan budidaya teknologi  itik lokal dari  Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi di  Aula Ponpes Al Hidayah yang berlokasi di Kampung  Pasir Gancleng Desa Cikangkung Kecamatan Ciracap, Kamis (3/5/2018).

"Prospek budidaya ternak  itik petelur di wilayah Kabupaten Sukabumi cukup menjanjikan mengingat kebutuhan telur untuk wilayah Sukabumi sekarang ini masih mengandalkan dari Jawa Tengah dan Jawa Timur," ujar Kepala bidang perbibitan dan produksi  Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi, Deulis Linda, kepada sukabumiupdate.com, Rabu (3/5/2018).

BACA JUGA:  Soal Isu Gunung Gonggang di Sukabumi Meletus, Warga Tak Ambil Pusing

Deulis menuturkan, pihaknya mengapresiasi terhadap para Kyai yang memiliki semangat dalam usaha ternak itik petelur apalagi kondisi alam di wilayah tersebut sangat cocok, begitu pun dengan persediaan pakannya.

Dirinya merinci, umur itik lima bulan sudah mulai bertelur sedangkan usia produktif bisa mencapai setahun setengah.  Adapun yang dipelihara oleh para Kyai sekarang ini bibit master  yang merupakan Day Old Duck (DOD) atau usia itik umur sehari yang sudah ada lisensi dari Balitnak Ciawi Bogor.

BACA JUGA:  Punya Nama Slalu Presiden Jadi Perhatian

Sementara itu Pimpinan ISTAKIM,  Subarna menambahkan, dirinya tengah berupaya memberdayakan para Kyai bidang budidaya ternak.

“Sementara ini kami sudah ternak itik baru 2.000 ekor dari rencana 10.000 ekor DOD. Kedepannya selain Itik, kami pun akan budidaya ternak yang lainnya dan membagi tugas para Kyia dalam budidaya itik. Baik pakan, kesehatan maupun telur," singkatnya.

Reporter : RAGIL GILANG/ADV
Redaktur : KHAERU SOBRI
E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar proses pengujian spesimen bisa lebih dipercepat dengan target hingga 20 ribu per hari. Dengan begitu, pemerintah berencana untuk merekrut relawan besar-besaran...

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md memastikan tak akan ada penundaan Pilkada 2020. Pilkada yang telah digeser jadwalnya menjadi 9 Desember 2020, akan tetap...

SUKABUMIUPDATE.com - Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Endang L. Achadi memprediksi kehidupan normal baru di tengah wabah Covid-19 akan berlangsung lama. Menurut dia, itu karena butuh waktu yang...

SUKABUMIUDPATE.com - Liga Inggris secara resmi memberlakukan format lima pergantian pemain untuk sisa pertandingan musim 2019/20 yang akan digelar kembali pada 17 Juni mendatang. Sebagaimana diketahui, Liga Inggris sempat...

Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya